Langkah Mudah untuk Menyiapkan Babi Hong (Tun Bak) yang Menggugah Selera

Dipos pada September 23, 2023

Babi Hong (Tun Bak)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Babi Hong (Tun Bak) yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Babi Hong (Tun Bak) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Babi Hong (Tun Bak), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Babi Hong (Tun Bak) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Babi Hong (Tun Bak) bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Kalau kamu mau, masakan Babi Hong (Tun Bak) memakai 11 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Recook resep @Mariana Huang. #ComboNgabibita

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Hong (Tun Bak):

  1. 1 kg daging babi. Biasa pakai samcan. Kali ini daging paha atas
  2. 200 gr kacang tanah, rebus sampai empuk
  3. 200 gr sawi kering/chaikua, rendam dan iris kecil
  4. 150 gr lobak manis (tiam chai pou), iris kecil2
  5. 50 gr ebi kering, cincang kasar
  6. 8 bh jamur hitam, rendam dan potong kasar
  7. 6 siung bawang putih, cincang halus
  8. secukupnya Minyak babi
  9. Kecap asin
  10. 2 sdm Gula pasir
  11. secukupnya Micin

Langkah-langkah untuk membuat Babi Hong (Tun Bak)

1
Daging babi, potong ukuran besar. Sy pakai daging paha atas, potong ukuran kira2 8cm. Bersihkan. Lalu goreng dg sedikit minyak babi. Hingga kecoklatan spy saat di tim daging tidak mudah hancur. Angkat dagingnya.
2
Sisa minyak goreng daging dipakai utk tumis bahan lainnya
3
Panaskan minyak, masukan bawang putih. Tumis hingga harum, masukan ebi. Tumis sebentar lalu masukan bahan2 lainnya. Tambahkan kecap asin, gula pasir, micin dan sedikit air. Aduk hingga sayuran dll matang. Tambahkan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih.
4
Siapkan panci tim. Atau bisa pakai 2 bh panci. Yg satu utk isi air tim dan satu lagi yg lebih kecil utk isian daging.
5
Ambil 1/3 sayuran, ratakan di panci kecil. Tata 1/2 bagian daging di atasnya. Lalu tutup dg 1/3 sayuran. Susun sisa daging. Kemudian tutup dg sisa sayuran. Jk kering bisa tambahkan air spy sayuran tergenang. Tutup panci. (Susunan ; sayuran~daging~sayuran~daging~sayuran)
6
Masukan panci tsb ke panci yg lbh besar atau kuali yg tlh berisi air. Tutup panci tsb/kuali. Tim selama -/+ 3 jam hingga sayuran lunak, meresap dan kuahnya menyusut. Ingat utk sesekali cek air tim, jgn sampai kering.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Japchae

Japchae

Cozzz.....I love korea food 😍😍😍 #RamadanPenuhIdeMasakan

Babi Kecap Simple Enak

Babi Kecap Simple Enak

Keburu pengen posting resep yang beneran enak ini sampai lupa plating. Alhasil fotonya langsung dari wajan gerhana. Semoga chef arnold ga marah liat ini.😁. Selamat mencoba

2-3 porsi
Lapis daging🐷🐖

Lapis daging🐷🐖

Masih Ada sisa daging🐷yg kamarinnya di olah buat isian bakpao. Hr ni di bikinin bumbu lapis aja😁

5 porsi
Babi kecap rempah

Babi kecap rempah

Karna tak ingin kehilangan kenangan bersama alm.mama, maka hari ini tuk mengobati rindu dengan mama, maka saya masak masakan non halal yang dulu selalu memasaknya bersama alm.mama, semua bumbu sdh pas sama seperti yang mama ajarkan, hanya ini lebih berani dan lebih menyengat bumbunya. Kepoin yukz siapa tau bisa jadi inspirasi masak bunda. Salam...

6 orang
1,5 jam
Babi kecap

Babi kecap

Behh pasti nambah nasi

3-4 porsi
20 menit
Bacon Wrapped  Chicken with Herb Butter filling/Dada Ayam Isi Bungkus Bacon

Bacon Wrapped Chicken with Herb Butter filling/Dada Ayam Isi Bungkus Bacon

Bagi yang lagi menjalani ketogenic diet (pola makan tanpa karbohidrat,tinggi lemak&protein) karena lagi berusaha nambah massa otot dan menghilangkan lemak, this one is for you :)

2 porsi
30 menit
Shirataki Aglio e Olio (Keto Friendly)

Shirataki Aglio e Olio (Keto Friendly)

Pengin makan spaghetti aglio e olio, tapi pengin yang versi keto biar ga makan banyak karbo. Akhirnya masak aglio e olio pakai mie Shirataki.

3 porsi
Kuah Balung Babi | ala iluh🐷

Kuah Balung Babi | ala iluh🐷

Masakan pertama aku di tahun 2021 Happy New Year🎉 Ud lama bgt ga masak ga makan kuah balung, biasanya orng sebut juga "Jukut Balung-sayur nangka" (tapi aku ga nemu nangka jdi pake pepaya muda) Pagi tadi dibngunin ibuk, "tra bangun kepeken (pasar) yuk" Pas sampai pasar aku liat ikan yg seger2 bgt, beli deh ikan😁 pas mau balik lewatin si daging 🐷 ... Eh.. Ditawarin ibuk, "nyak ngai kuah balung" aku lngsung manggut2 thankyu ibuk💛 Walau ibuk ga boleh makan, dan mual, ibuk ttp bntuin dampingin aku masak kuah balung😘 Bumbu rajang / Base genep disini aku beli yg udah jadi perkg gitu dijual.. Blom smpet buat resep si base genep ini pokoknya lengkap dengan rempah" . #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bali Minggu - 31

Resep Babi Kecap

Resep Babi Kecap

10 Orang
1 jam
Hot Salad (Salade Chaude)

Hot Salad (Salade Chaude)

Chude = Hot in French Step your game up with the ready to go salad ~ Aku nemu resep ini di mbah google waktu iseng” browsing menu salad, well... gaada salah ny d coba kan ? TERNYATAAA !!! Menu ini ccok banget buat aku yg krg suka sayuran mentah 😂 yuk d coba

Ubi Bacon MozChedd

Ubi Bacon MozChedd

Makan ubi gaya Barat. Anak anak pasti suka. Daging bacon bisa diganti dgn smoked beef. Mantap 😀

Sup daging babi (by Andry Setiawan)

Sup daging babi (by Andry Setiawan)

Lihat di ig langsung pengin makan ini. Cuma belum sempet masak karena bahan ga ada. Jadi nodong resepnya. Biar ga ilang catat disini saja. Banyak resep ala ala nya juga jadi nanti mau di simpen sini juga. (Dan tentunya aku akan ganti ayam karena kagak makan babi)

Ham, Mushroom and Sausage Carbonara

Ham, Mushroom and Sausage Carbonara

Berhubung sedang musim liburan anak-anak, pasti lagu butuh ide menu yang anak-anak sukai ya?? Hehehe Kalau pasta, carbonara biasanya yang paling sering dipesan anak-anak. Rasanya gurih dan creamy. Masaknya juga simple. Saya menggunakan cooking cream tetapi boleh juga diganti dengan susu UHT. Tetapi bagi sahabat, yang gunakan susu UHT. Jangan lupa tambahkan sebutir kuning telur. 1 butir saja kok jadi sama sekali tidak terasa amis. Tujuannya hanya mengentalkan saus nya saja.

Babi Kecap (non halal)

Babi Kecap (non halal)

Imlek kali ini benar2 berbeda, gak bisa kumpul2 utk dinner di resto seperti tahun2 lalu. Akhirnya th ini mesti masak sendiri hidangan khas imlek, salah satunya babi kecap ini. Setelah cari2 resep, akhirnya nemu resep otentiknya cicie cantik Giok Lian di youtube. Bumbunya memang cukup komplit, tapi memasaknya sangat mudah, dan rasanya gak kaleng2. Akhirnya bisa juga bikin sendiri babi kecap yg gak kalah dengan yg dijual di chinese resto😊😊 Untuk protein bisa ditambahkan chukiok/titee/kaki babi, paru, usus dll.

6 orang
Babi Kecap Pedas

Babi Kecap Pedas

Pas lagi masak, wanginya kecium sampai depan, suami langsung ke dapur haha... Katanya enak banget.

Babi Kecap

Babi Kecap

Tidak menemukan babi kecap seenak di rumah, jadilah masak sendiri untuk mengobati rasa kangen

Swedish Meatball (Bola-Bola Daging IKEA)

Swedish Meatball (Bola-Bola Daging IKEA)

Karena lagi corona jadi enggak bisa kemana2 kan... Anakku minta terus bola-bolanya IKEA. Akhirnya ada jodoh, dapat contekan resep IKEA. Tapi berhubung pakai bahan seadanya di rumah, ada beberap modifikasi.