Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor ayam yang Enak

Dipos pada March 5, 2022

Opor ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Opor ayam yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor ayam sekitar 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Opor ayam diperkirakan sekitar 50 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebelum Lebaran datang saya ingin sekali mencoba membuat opor ayam. Kangen dengan rasa gurih dan manis kuah si opor duhhhhh... Jadi ngiler nih. Dan berikut ini adalah resepnya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 500 grams dada ayam fillets (ayam potong)
  2. 3 gelas santan kental
  3. 2 sdm gula pasir/kecap manis
  4. Minyak goreng
  5. Bumbu halus:
  6. 6 siung bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 6 butir kemiri
  9. 2 ruas kunyit
  10. 1 sdm ketumbar
  11. 1 sdt merica
  12. 1/2 sdt jintan
  13. Garam/penyedap rasa
  14. Bumbu pelengkap:
  15. 2 ruas lengkuas memarkan
  16. 1 batang serai memarkan
  17. 2 lembar daun salam
  18. 3 lembar daun jeruk
  19. 2 tangkai cengkih
  20. 2 buah kapulaga

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian tambahkan bumbu pelengkap.
Opor ayam - Step 1
2
Masukkan santan kental dan masak hingga santan mendidih dengan api sedang.
Opor ayam - Step 2
3
Setelah santan mendidih, masukkan potongan daging ayam fillets dan lanjutkan memasak dengan api sedang hingga kuah mengental dan bumbu meresap. Sesekali diaduk supaya santan tidak pecah.
4
Setelah matang segera sajikan.
Opor ayam - Step 4
5
Note: Resep ini saya buat menurut selera pribadi dan juga berdasarkan ketersediaan bahan baku yang ada. Untuk mendapatkan hasil masakan yang maximal, silakan disesuaikan dengan selera massing-masing.
6
Note: Hasil masakan bervariasi pada masing-masing individu.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam n telor simple

Opor ayam n telor simple

Yook coba yg simpel mantab^^

4 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam ini resep dari ibu

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ini juga menu wajib mertua kalau lebaran... yuk bikin

16 porsi
180 menit
Sayur gori kuah opor

Sayur gori kuah opor

Buat keluarga tercinta

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Terik Cokelat

Terik Cokelat

berhubung dpt oleh2 dari suami tempe 3 papan super jumbo,, yg 2 udh dilempar ke rumah ibuk,, bingung 1 papan super jumbo ini mw diapain,, eh kepikiran buat bikin terik yg cokelat, stgh papan tempe ukuran jumbo tadi dimix ma bahan2 lain yg ada di kulkas,,, tarraaaaa jadilah terik cokelat ala kadarnya 

5 porsi
60 menit
Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Ini judul terpanjang 😊😊 resepnya mb Diana ER.. enak recomended, lauknya bisa diganti sesuai selera ya.. Utk penulisan resep, maafkan ya jika tdk sebaik mb Diana. Utk resep asli silahkan buka CP mb Diana Endri Rosisca ya 🙇🙇🙇

Opor Ayam Ala Ummu Alfard

Opor Ayam Ala Ummu Alfard

Ini mah resepnya mama mertua...hehe...Aba pagi-pagi minta opor ayam.Oke dech...sok pede gitu si umma ke tukang sayur beli bumbu opor langsung jadi.Maksud hati biar gak ribet (padahal gak ngerti bumbu opor itu apa aja...hehe...).Eh...pas nyampek rumah...si aba ndak mau pakai bumbu opor yang langsung jadi.Maunya ngracik sendiri.Biar lebih aman.Wah...bingung dach si umma...hp mati...ndak bisa dech nyari-nyari resep.hmmmm....tak perlu bingung,ada mama mertua...langsung tanya aja,hehe....

Terik daging sapi

Terik daging sapi

Rasa gurih dan manis menjadi ciri khas masakan ini. Salah satu masakan kesukaan semasa di Solo.

Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Setelah sekian lama ada di daftar cookmark, baru kesampaian dieksekusi 😅. Beda di metode masak. Saya pakai pressure cooker supaya lebih cepat empuk dagingnya. Jadi santan masuk terakhir. thank u ci tintin cantik, ini endeus bingiiiit 👌👍

Opor Ayam

Opor Ayam

Judulnya siih opor ayam. Tapi isinya lebih rame, ada tahu, wortel sama telur. Ini karena saya lagi pengen masak praktis, pakek bumbu jadi opor 😆 Tapi d tambahin bumbunya biar makin mantap.

5-6 porsi
20 menit
Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Punya sisa telur godok 4 butir di kulkas, punya sisa sayap sama paha ayam juga, kmarenya bikin soto cuma pakek dada saja... mubazir kalo ga dimasak lagi 😁 #BantuMantenBaru

Rame - Rame
20 minutes
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Opor Ayam gurihh

Opor Ayam gurihh

oporrrr... yayyy masakan yang ngangenin banget.. ini permintaan suami, karna cuma ada ayam jadilah opor ayam.

2 porsi
30 menit
Terik tempe

Terik tempe

Bosan akutuu kalo tempe digoreng terus :(, bumbuin terik adjah 〈( ^.^)ノ

5 porsi
30'
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam makanan kesukaan keluarga kami. Terutama di hari raya lebaran, menu ini adalah menu favorit. Gurih dan tidak pedas, sehingga anak anak pun bisa ikut menikmati..

5 porsi
30 menit