Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kampung yang Menggugah Selera

Dipos pada March 5, 2022

Opor Ayam Kampung

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Kampung yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor Ayam Kampung yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Kampung, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Kampung ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung memakai 18 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 1,5 L santan dari 1butir kelapa
  3. 2 batang sereh memarkan
  4. 1 ruas lengkuas memarkan
  5. 3 lembar daun salam
  6. air untuk merebus
  7. secukupnya gula dan garam
  8. bumbu halus :
  9. 9 siung bwg merah
  10. 5 siung bwg putih
  11. 2 buah kunyit
  12. 3 cm jahe
  13. 1 sdm ketumbar
  14. 10 butir merica
  15. 1/2 butir pala
  16. 4 butir kemiri
  17. pelengkap :
  18. 3 sdm bwg merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kampung

1
Potong ayam menjadi 16 bagian. Rebus dg presto selama 30menit. Sisihkan, jangan buang airnya.
2
Tumis bumbu halus sampai wangi. Tuang ke panci yg berisi ayam habis dipresto. Masak dengan api sedang, tambahkan lengkuas, sereh, daun salam, gula dan garam. Setelah mendidih masukkan santan dan aduk supaya santan tidak pecah.
3
Masak hingga matang. Koreksi rasa. Sajikan dengan taburan bwg merah goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik pehu belimbing

Terik pehu belimbing

Cuaca hujan terus jadi males ke pasar.. cek kulkas cuman ada tahu tempe dan di halaman belakang pohon belimbing berbuah dgn lebatnya..baiklah kita kombinasikan dan ternyata.. seggeerr banget πŸ˜ƒ

Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Opor kuning Tahu dan Tempe menjes #pr_recookmasakanawalanT

Ini judul terpanjang 😊😊 resepnya mb Diana ER.. enak recomended, lauknya bisa diganti sesuai selera ya.. Utk penulisan resep, maafkan ya jika tdk sebaik mb Diana. Utk resep asli silahkan buka CP mb Diana Endri Rosisca ya πŸ™‡πŸ™‡πŸ™‡

Terik daging

Terik daging

Ini resep yg selaLu mamah saya masak jika lebaran.sayang beliau telah tiada.jadi sdh jarang saya masak.suka sedih aja.

Opor Ayam

Opor Ayam

ini salah satu menu terlaris cateringan kami. resepnya ud lamaa banget ambil dr gugel tp lupa blognya punya siapaπŸ’§ maaf yaa yg merasa punya resep ini krn namanya ga sy sebut. yg jelas sy sgt berterima kasih.. semoga dibalas oleh allah dgn kebaikan yg banyak.. aamiin..

12 porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Anak-anak doyan ama ayam dan yg ada kuahnya bund, pengen coba bikin opor dan syukurnya anak2 dan pak suami suka, rasanya mantap, resep ini saya dapat di dapurnya bunda Amalia (www.dapurgepul.com), makasi banyak resepnya ya bund, mantap pokoknya.

#5) Opor ayam kampung#bikinramadanberkesan

#5) Opor ayam kampung#bikinramadanberkesan

Lumayan dikasih tetangga ayam kampung 1 ekor kalau digoreng udh biasa ,dibuat opor kayanya enak yuk bunda kita masak opor ayam kampung buat menu buka puasa #bikinramadanberkesan

Ayam Opor Gurih tanpa MSG, tanpa Santan, tanpa Cabe

Ayam Opor Gurih tanpa MSG, tanpa Santan, tanpa Cabe

Ada persediaan 1 ekor ayam di Kulkas, mau masak untuk suami dan anak yang masih batita, jadi masak yang bisa dimakan bersama, ga pedes tapi enak. Suami memuji dan suka sama masakannya.

MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit
Terik Daging

Terik Daging

4 porsi
45 menit
Opor Tahu Tempe

Opor Tahu Tempe

Salah satu alternatif mengolah tahu dan tempe sebagai opsi menu makan di rumah sehari-hari

10 porsi
30 menit
Terik Daging Telur Tahu

Terik Daging Telur Tahu

Tips: (1) pilih daging yg berlemak, punyaku kurang lemak, i reckon kalo berlemak lebih enak hasilnya. (2) setelah telur direbus, siram dgn air dingin agar mudah dikupas. Liat gambar teriknya ci Tintin Rayner langsung bertekad eksekusi. Setelah beli daging langsung deh dicoba. Enak πŸ˜‹ sekilas mirip opor, bumbunya jg mirip kok, gak susah bikinnya. Lets cook!

5 porsi
Ayam opor tahu

Ayam opor tahu

πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒ pesenan bapak

Opor ala mamaku

Opor ala mamaku

Telat postingnya, harusnya sbelum lebaran hehehe gpp deh 😊 walaupun lebaran jauh di negri orang klo mau beli opor dan teman2nya lumayan mihil disini satu per packnya, jdi lebih baik bikin aja lebih irit n banyak, nanya resepnya sma mamaku nun jauh disana hehehe 😜 jdilah opor ala mamaku ini, alhamdulillah walaupun ga pake jinten dan santen tapi udh lumayan enak si bocils dan suamiku suka, Alhamdulillah πŸ˜œπŸ˜πŸ˜ŠπŸ‘

5 porsi
1 menit
Opor Telur

Opor Telur

Resep yang praktis dan bahannya selalu ada di kulkas..happy cooking 😊

4 porsi
30 menit
Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

gak terlalu kental santannya dan minim bumbu πŸ˜† tapi tetep enak