Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam yang Enak Banget

Dipos pada March 1, 2022

Opor Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor Ayam yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam biasanya untuk 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Opor ayam makanan kesukaan keluarga kami. Terutama di hari raya lebaran, menu ini adalah menu favorit. Gurih dan tidak pedas, sehingga anak anak pun bisa ikut menikmati..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam (saya ambil bagian paha semua +/- ada 5 potong paha)
  2. 1 bks santan kara yg kecil 65ml di cairkan dengan 300ml air
  3. Bumbu yang dihaluskan :
  4. 1 sachet ketumbar bubuk yg sudah di sangrai
  5. 5 siung bawang merah
  6. 2 siung bawang putih (sy pakai yang kating)
  7. 3 ruas kencur
  8. 2 ruas jahe
  9. 1 ruas lengkuas
  10. 2 lembar daun salam
  11. 2 lembar daun jeruk
  12. 1 batang serai di geprek
  13. sesuai selera garam
  14. sesuai selera kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Tumis bumbu yang sudah di haluskan hingga setengah matang dan harum.
2
Masukkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Tumis lagi hingga wanginya keluar.
3
Masukkan ayam hingga tercampur bumbu.
4
Tambahkan santan yang sudah di cairkan.
5
Tambahkan garam dan kaldu bubuk.
6
Masak hingga kuah santan mengental.
7
Cicipi rasa dan siap di sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Telur & Tempe

Terik Telur & Tempe

Masak terik telur dan tempe sebagai menu pendamping urap kenikir.

3 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Lebaran tahun ini tdk di kampung halaman, karena hrs menemani suami bertugas, alhasil masak opor khas jogja, biar lebarannya berbau2 kampung halaman.dan ini pertamakalinya masak opor, alhamdulillah berhasil๐Ÿ‘Œ.

4 porsi
50 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Idul Adha tetep ngopor ayam juga yaa biar afdol, hehehe

4 porsi
60 menit
Opor ayam simple

Opor ayam simple

Karena di luar hujan, pakai bumbu yg ada di rumah saja, simple tapi tetap enak

Terik tempe

Terik tempe

Tempe mulu yaa wkwk gpp adanya di kulkas, sbnrnya isinya bisa divariasi misal ditambah tahu.. Daging juga enak. Terik sm opor hampir sama ya bumbunya cmn kalo terik biasanya manis (eyang aku sih bikinnya gitu) trs ga pake kunyit. Resepnya gabungan dari eyang sm ibu yg sedikit disesuaikan sama bahan yg ada di rmh. Semoga menginspirasi ya, mudah kok bikinnya. ๐Ÿ˜๐Ÿ‘๐Ÿป

2 porsi
20 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Dikasi ayam kampung sama tetangga yg baik hati. Bapak yg nyembelih ayamnya, ibuk yg bersihin bulunya, aku yg masak, dan suami yg makan :D Dulu pertama bikin masi kurang gurih dan ayamnya kurang empuk. Yg ini ayamnya empuuk banget, kuahnya gurihh, santannya kentaall.. Hmm yummy

10 porsi
90 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini opor ayam resep dari nyonya besar, resepnya sih simpel (menurut nina yaaa) hehehe. Suegeer hehe, yuk monggo dieksekusi. Untuk jumlah berapa ml santennya sesuai selera ya bukibuk. Kalo suka kentel ya santennya dibanyakin airnya dikurangin, kalo suka encer kaya nina ya santannya dikit aja.

Opor ayam nangka

Opor ayam nangka

Menyambut hari raya idul fitri, suami minta d buatkan opor ayam campur nangka muda. Seperti di kampung halaman kami, pekalongan. sebagai obat rindu kami yg tak bisa pulang kampung..

8 porsi
60 menit
Opor Kecambah Tahu Pedas

Opor Kecambah Tahu Pedas

5 porsi
45 menit
Opor ala mama mertua bangka

Opor ala mama mertua bangka

Suami kan gak suka opor putih terus kalo bikin opor kuning kayanya biasa aja jadinya pgn opor kaya mama endolita bgt bgt bgt soalnya kuah nya gak banyak kan jadi kentel gtu yummy bangettttttt pokonya

3 porsi
Opor ayam endolitaaa

Opor ayam endolitaaa

Ga cuma lebaran aja ko bunda, hari2 biasa juga bisa menikmati opor ayam ๐Ÿ‘Œ๐Ÿ˜€

Opor Ayam Santan Kuning

Opor Ayam Santan Kuning

Udah banyak sih yang tau cara masak opor ayam, resep masakan ini juga udah dari jaman baheula udah adaaa. Tapi gapapa ya diposting, biar menuhmenuhin cookpad ๐Ÿ˜†

Opor Ayam

Opor Ayam

About Me ๐Ÿ˜Š I'm just an ordinary housewife who is always accompanied by two adorable kids โ€“ ๐Ÿ‘จKitaro and ๐Ÿ‘ฉAiko Connect with me โค Instagram : lindacantik_812 Twitter : @lindacantik_812 Facebook : Linda Putri Mada Youtube : @lindacantik_812

Ketupat Kuah Opor Kuning

Ketupat Kuah Opor Kuning

Sebelum berangkat upacara hari kesaktian pancasila td pagi ada yg ngodeee...pulang upacara enak kali yaa mih makan ketupat pke opor...hahhhhaa...niat hati weekend kali ini mau nyantaiii, istirahat dr dunia masak memasak tp apalah dayaku klo bapak negara udh ngodeee...g berani nolak takut g dikasih duit bulanan๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œ๐Ÿ˜œakhirnya plng upacara di polres langsung ngacirrr ke pasar...nyampe pasar udh siang ๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ค g kebayang ntr mateng jam berapa, yowes akhirnya aku putuskan kuah ketupatnya pake kuah opor aja, g usah pke sayur2 ketupat segala...kelamaan nti masaknya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚kuah opornya aku buat agak encer klo kekentelan yg ada nti malah enek sama santan...

Ayam opor kuning

Ayam opor kuning

Nyoba resep lain

Opor Ayam enak

Opor Ayam enak

Makan opor ngga harus lebaran aja kaan? Udah bosen sama ayam goreng? Ngga ada salahnya masak ayamnya di opor aja..gampang kok!