Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam yang Lezat Sekali

Dipos pada March 5, 2022

Opor Ayam

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam yang mudah Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor Ayam yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nah ini nih temennya terong disambelin 😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg daging ayam
  2. 4 siung bawang merah
  3. 2 butir bawang putih
  4. 1 ruas jari kunyit
  5. 1 ruas jari jahe
  6. 1/2 sdt merica butir
  7. 1/2 sdt ketumbar
  8. 2 lembar daun salam
  9. 2 iris lengkuas
  10. 1 batang sereh dimemarkan
  11. 65 ml santan instan
  12. 300 ml air
  13. 3 sdm minyak untuk menumis
  14. secukupnya minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Potong ayam sesuai selera, lalu goreng setengah matang. Sisihkan.
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, jahe & kunyit.
3
Panaskan 3 sdm minyak, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Masukan daun salam, lengkuas dan sereh, masak sampai benar-benar masak.
4
Masukan ayam yang telah digoreng, aduk rata sampai bumbu meresap. Masukan air, garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih dan ayam matang, koreksi rasa.
5
Biarkan mendidih agak lama, lalu masukan santan sambil diaduk. Aduk sampai santan menyatu semua, masak beberapa sambil tetap diaduk pelan. Matikan kompor, opor ayam siap disajikan 😊

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Horeee balik lagi mulai kedapur, sebelomnya males binti lemah ke dapur, poko nya gk suka ama segala peralatan yg ada didapur,karna lagi hamil 3 bulan moms..ada aja malesnya, kdg mabok, kdg gk suka bau ikan, bawang goreng, ah warna warni hamidun begitu.. Skrg udh nginjak trimester dua udh mulai ke dapur lagi deh hehee, nyoba buat opor ayam walo lebaran masih sebulanan lagi wkwkwk pemanasan dulu deh.. Yuk dicobaa

Opor Nangka Muda Telur Ayam

Opor Nangka Muda Telur Ayam

Awalnya nangka muda mau sya bkin oseng pedas. Tp anak sya minta spy tdk pedas. Akhirnya sya bkin opor.

Terik ayam dan tahu

Terik ayam dan tahu

Lagi kangen masakan rumah..jd inget masak terik ayam dan tahu. Biasane buat selamatan di desa klo ada acara bayi yg baru lahir. Yuukk langsung masak saja...😊😊

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Lebaran ala Ibu (Tanpa Santan)

Opor Ayam Lebaran ala Ibu (Tanpa Santan)

Berhubung tinggal jauh dengan ibu, kangen banget makan opor ayam. Bisa makan opor ayam ini cuma pas lagi lebaran aja, ibu biasa pakai ayam kampung dan kuahnya kental begini. Kali ini aku pakai ayam kota aja. Alhamdulillah setelah nanya-nanya resep ke beliau, jadi juga. Dan senangnya rasanya mirip sekali, enak walaupun tanpa santan. Ga bakal pakai resep orang lain lagi deh untuk opor ayam. 😊😊

2 porsi
40 menit
Lontong opor ayam & sambal goreng hati

Lontong opor ayam & sambal goreng hati

Semalem mimpi makan lontong opor kayaknya enaaaakk.. Yaudah deh hari ini ceritanya mewujudkan mimpi jadi kenyataan.. 😁Mumpung suami libur, minta anter ke pasar buat beli bahan2nya.. . Ini mudah juga bikinnya.. Resep warisan mama.Yuk dicoba..

5 porsi
Opor Kecambah Tahu Pedas

Opor Kecambah Tahu Pedas

5 porsi
45 menit
Opor ayam & kentang

Opor ayam & kentang

Mumpung ada sisa lontong banyak eksperiment yuk di dapur 😃👍

Opor Ayam Resep Legendaris Mamah

Opor Ayam Resep Legendaris Mamah

Idul Adha, pengen masak opor. Alhasil langsung nelp mamah buat nanya resep legendaris 😂 Rasanya jangan ditanya, insyaaAllah enak, gurih, dan sehat karena aku gapake msg.

8 porsi
Opor Ayam kampung lebaran

Opor Ayam kampung lebaran

Sudah hampir menjadi tradisi ketika lebaran menjelang... Masyarakat jawa barat khususnya sering membuat hidangan khas yaitu ketupat... Dan ketupat harus dihidangkan bersama sayur tulang atau pun dengan opor ayam... Dan kali ini saya sengaja bikin opor ayam kampung sebagai hidangan utama dihari fitri ini... Ok... Lets cook

Opor Ayam

Opor Ayam

Hari ini dapat bumbu praktis atau bumbu kemasan instant hasil praktek mahasiswa ayah yang telah dikemas menjadi produk, bumbunya pakai rempah alami. Komposisi bumbunya ada bawang merah & putih, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan rempah lainnya. Kebetulan pas ngecek kulkas ada ayam, jadi nyoba-nyoba deh buat opor untuk pertama kalinya hihi. Oh iya, karena sebenernya lebih suka pakai bumbu alami jadi saya tetap tambahkan bumbu rempah yang tersedia di rumah. Insya Allah, resep ini bisa membantu dan teman-teman berpikir bahwa buat opor ayam itu mudah, praktis, dan tentu saja enak 😋 selamat mencoba!

1 panci
15-30 menit
Opor chicken wings

Opor chicken wings

Lagi nyidam opor ayam 😍😍

Opor ayam kampung gurih pol

Opor ayam kampung gurih pol

Suamiku sedang sariawan, dia ingin masakan bersantan tapi tidak pedas, jadi kami jalan jalan mau cari opor, kebetulan opor adalah menu favorit suamiku, eh ternyata, warungnya tutup. Capek deh jadi gagal deh makan opor. Keesokan paginya aku buat opor. Coba2 resep mertua hehehe

8 menit
Opor ayam

Opor ayam

10 porsi
90 menit
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Biasanya bikin opor ayam yang kuahnya kuning yaa..kali ini coba yg kuah putih, bikinnya sama aja sih cuma gak pakai kunyit aja..terus kyny kalo kuah putih lebih creamy rasanya drpd kuah kuning..udah serasa mau lebaran aja makan opor ayam..hehehe..

4 porsi
60 menit
Terik Solo

Terik Solo

Resep turun temurun dari ibuku,,Terik solo biasanya menjadi bagian dari sebuah Menu makanan khas dari kota Solo,antara lain; Nasi Langgi & Nasi Rames (NO MSG)

Ayam opor kuning

Ayam opor kuning

Nyoba resep lain