Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam yang Enak Banget

Dipos pada March 3, 2022

Opor Ayam

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam yang praktis Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam biasanya untuk 1 panci. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor Ayam diperkirakan sekitar 15-30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hari ini dapat bumbu praktis atau bumbu kemasan instant hasil praktek mahasiswa ayah yang telah dikemas menjadi produk, bumbunya pakai rempah alami. Komposisi bumbunya ada bawang merah & putih, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan rempah lainnya. Kebetulan pas ngecek kulkas ada ayam, jadi nyoba-nyoba deh buat opor untuk pertama kalinya hihi. Oh iya, karena sebenernya lebih suka pakai bumbu alami jadi saya tetap tambahkan bumbu rempah yang tersedia di rumah. Insya Allah, resep ini bisa membantu dan teman-teman berpikir bahwa buat opor ayam itu mudah, praktis, dan tentu saja enak ๐Ÿ˜‹ selamat mencoba!

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 potong ayam ukuran kecil; potong sesuai keinginan Anda
  2. 20 gram santan sunkara bubuk
  3. 1 kemasan bumbu opor ayam instant
  4. 3 siung bawang merah
  5. 1 siung bawang putih
  6. 3 buah kemiri
  7. secukupnya ketumbar bubuk
  8. secukupnya garam
  9. secukupnya air
  10. secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Ulek sampai halus bawang putih, bawang merah, dan kemiri. Lalu tambahkan ketumbar bubuk secukupnya. Ulek lagi sampai tercampur dan halus. Panaskan minyak goreng, sangrai atau oseng bumbu sampai harum dan matang kekuningan. Tiriskan
Opor Ayam - Step 1
2
Siapkan panci. Panaskan, lalu masukkan bumbu ulekan. Tambahkan air secukupnya, kemudian masukkan bumbu opor instant. Aduk-aduk sampai tercampur, setelah mendidih rasakan sedikit bumbu (jika rasa bumbu kurang, tambahkan lagi bumbu opor instant sampai rasannya sesuai keinginan Anda). Lalu masukkan ayam satu-persatu, aduk lagi agar bumbu tercampur dan meresap pada ayam. Tunggu sampai ayam empuk dan matang.
Opor Ayam - Step 2
3
Setelah beberapa saat diaduk-aduk dan ayam sudah matang dan empuk. Masukkan santan bubuk sunkara perlahan, dan aduk terus sampai merata. Jaga adukannya, agar santannya tidak pecah. Setelah merasa santan sudah tercampur, dan ayam telah matang sempurna. Tambahkan garam sesuai keinginan Anda, aduk sebentar. Matikan kompor.
Opor Ayam - Step 3
4
Masukkan opor ayam pada mangkuk yang telah disediakan. Jengjeng! Opor ayam pun siap untuk disantap ๐Ÿ˜‹
Opor Ayam - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

#SiapRamadan #SiManis

Opor yummy ala Dapoer Genafa

Opor yummy ala Dapoer Genafa

Dulu aq paling males yang namanya bikin opor,, Heumm denger nama menu nya aja aq udah kebayang ribet nya seperti apa ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข. Tapiiii sekarang Stan Stan sayur sudah menyedia kan Kelapa sekalian diperes, jadi satu langkah dipermudah...sejak itu sering bikin opor yummy sendiri. Yuk ahh cuss langsung ekskusi.

8-10 porsi
20 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

4 porsi
60 menit
CURRY Jepang bumbu opor

CURRY Jepang bumbu opor

curry jepang bumbu nya sama saja dengan curry indonesia, beda nya kaldu nya dibikin kental dengan tepung terigu.

3 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini opor ayam resep dari nyonya besar, resepnya sih simpel (menurut nina yaaa) hehehe. Suegeer hehe, yuk monggo dieksekusi. Untuk jumlah berapa ml santennya sesuai selera ya bukibuk. Kalo suka kentel ya santennya dibanyakin airnya dikurangin, kalo suka encer kaya nina ya santannya dikit aja.

Opor Kikil Telur Ayam. Ketopad_CP_OlahanKikil

Opor Kikil Telur Ayam. Ketopad_CP_OlahanKikil

Weecha ini kali harus mengolah kikil๐Ÿ˜Šbelum pernah masak kikil, biasanya makan kikil hanya di warung masakan padang, gulai tunjang. Cari masakan kikil yang tidak rumit, jadilah opor kikil yang ditambahkan dengan telur ayam.

3 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam kampung Al aku (ala aku)

Opor ayam kampung Al aku (ala aku)

Opor ayam ini lbh sedap dan nikmat disajikan dgn taburan bawang putih goreng ,yg digerus ato diuleg kasar...aroma lbh harum, sedap ...dan nikmat

.: Opor Terong Tahu Telur :.

.: Opor Terong Tahu Telur :.

Recook resepnya mbak heny rosita dengan sedikit modifikasi

2 porsi
45 menit
Opor ayam ala bunda rifki

Opor ayam ala bunda rifki

Ga lengkap rasanya kalo lebaran besok gak ada opor ayam....itu udah jadi tradisi di keluargaku kudu wajib ada opor ayam

Opor Ayam & Tahu

Opor Ayam & Tahu

Opor ayam terlezat yang ku masak untuk keluargaku tercinta

5 porsi
Sayur Terik Isi Gado gado (ayam,tempe,ati ampela,telur ikan)

Sayur Terik Isi Gado gado (ayam,tempe,ati ampela,telur ikan)

Sayur terik biasanya saya masak buat temen gudangan (salad jawa pakai kelapa)....isinya sesuain apa yg ada dikulkas aja...makanya isinya.gado2,he...tp tetep enak kok...krn gk byk air jd gurihnya santan jd lebih kerasa....selamat mencoba...

6 orang
40 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Meskipun banyak bumbu instant,tapi dijamin lebih enak bikin sendiri,,sehat n sesuai selera #resepkuhariini #cookpadcommunity_surabaya #clover #cookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #Naads_kitchen

6 porsi
45 menit
Opor ayam telur puyuh

Opor ayam telur puyuh

Nemu ayam sama telur di kulkas ๐Ÿค” yasudah di bikin opor aja..

Opor telur

Opor telur

Lauk buat makan kami hari ini