Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada March 3, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Opor Ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam sekitar 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 16 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

ini salah satu menu terlaris cateringan kami. resepnya ud lamaa banget ambil dr gugel tp lupa blognya punya siapaπŸ’§ maaf yaa yg merasa punya resep ini krn namanya ga sy sebut. yg jelas sy sgt berterima kasih.. semoga dibalas oleh allah dgn kebaikan yg banyak.. aamiin..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1 kg ayam
  2. 1 liter santan
  3. 2 sereh geprek
  4. 3 cm lengkuas geprek
  5. 1 ruas jahe geprek
  6. 3 lbr daun salam
  7. secukupnya garam
  8. secukupnya gula
  9. haluskan :
  10. 7 siung bawang merah
  11. 5 siung bawang putih
  12. 5 butir kemiri
  13. 3 cm kunyit
  14. 1/4 sdt jintan
  15. 1 sdt lada
  16. 1 sdt ketumbar

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Saya lebih senang membersihkan ayam dgn dimasak cuka. selain dagingnya lbh cepat mateng dan empuk, juga ga repot dan lbh bersih.
2
Caranya, cuci ayam yg sdh dipotong2, masukkan ke dalam panci, tambahkan air sampai seluruh daging ayam terendam.
3
Tambahkan 3-4 sdm cuka, masak sampai mendidih. biarkan mendidih sekitar 5-7 menit. liat deh sisa darah dan lemak2nya lbh terangkat bun.. bersih praktis! hee
4
Tiriskan dan cuci bersih
5
Goreng sebentar ayam (jika suka) atau bs langsung diolah. ternyata bbrp org ada yg krg suka dgn daging ayam rebus ya.. jd triknya ya digoreng dl sebentar. warnanya jg lbh cantik. kesan matengnya si ayam jg lbh myakinkan.
6
CARA MEMBUAT OPOR : tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan sereh lengkuas jahe dan daun salam.. aduk2 sampai bau langu hilang.. masukkan ayam, aduk2 sebentar.. lalu masukkan santan. aduk2 sesekali agar santan tdk pecah. masak dengan api sedang sampai daging ayam empuk. jika sdh digoreng, berarti ga usah terlalu lama masaknya. cukup sampai mendidih aja.
Opor Ayam - Step 6
Opor Ayam - Step 6
7
Jika ayam sdh matang, tambahkan santan kental jika suka kuah mnya lbh kental. sy sendiri jarang pake santan kental, lbh doyan yg seger. tambahkan garam gula.. koreksi rasa.
8
Sajikan dengan taburan bawang goreng
9
Foto menyusul yaa #dlm rangka nyimpen resep aja nii hehehe

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan)

Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan)

Ikutan posting rame2 lagi, setelah lama gak ikutan hhihi πŸ˜‚πŸ˜‚ temanya masakan bersantan. Awalnya ragu nih opor rasanya kyak apa klo dicampur terong asam, ehh ternyata endess.. rasa gurih dri santannya trus ditambah asem2 seger dari terongnya.. πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

3-4 orang
Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

Hari spesial juga perlu makanan yang spesial...

2 porsi
45 menit
opor sayur udang

opor sayur udang

Resep ini saya buat dari kreasi sendiri . Selamat mencoba yah...(&_&).

6 porsi
30 menit
Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

Awalnya liat abang upload foto masakan opor,, jadi pengin masak opor resep dari ibu :) , Kepoin ibu resepnya apa aja, dan waow gampang banget ternyata :D

5 porsi
Opor ayam+tahu+telur puyuh

Opor ayam+tahu+telur puyuh

Kurang seru kayaknya kalo cuma ayam aja tambah tahu sama telur puyuh biar rame hehee...

Opor ayam ala ala bujang

Opor ayam ala ala bujang

Punya bumbu jadi opor merk bamboe, diolah dan ditambah supaya lebih enak

Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Inget masa kecil kalo sakit pasti dimasakin sayur ini,dimakan sama bubur beras. Ini mirip sama opor,tapi beda yaa...

2 porsi
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ga harus ayam kampung jg bisa lho bund pake ayam pedaging . Hehe Tp berhubung misua ga doyan ayam pedaging jd saya pake ayam kampung..

Terik tempe telur

Terik tempe telur

Boleh tambah tahu,daging,ayam sesuai selera

Opor Ayam

Opor Ayam

salah satu pilihan menu untuk hari ini,mudah & cepat proses memasaknya

5 Orang
30 menit
Terik Ayam

Terik Ayam

Best Regard : Icha Annastasia

Opor telur dan tahu endeess

Opor telur dan tahu endeess

ceritanya td tuh, yg mau masak si ibuk. tp karena jadwal rutin minggu paginya ibuk itu senam. yodaah, cm blg "ini nnti dimasak opor yah dek" wkwk apalah daya, krn perut sudah terlalu lapar dan kalo nunggu si ibuk pulang dr senam br sarapan. duhhh bisa bisa 😩 wkwk ✌✌ cus eksekusi ke dapur

Opor Ayam

Opor Ayam

12 porsi
30 menit
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Terik Daging

Terik Daging

Di kulkas masih ada (aja) daging sisaan kurban kemarin. Di rawon udah. Di gulai udah. Di oseng mercon juga udah. Akhirnya Kangmas rikwea dibikin terik. Okelah, cus~

2-3 porsi
Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Menu ini merupakan menu favorit buat lebaran. Selain mudah, bisa dinikmati siapa saja termasuk anak kecil. Karena rasa dr terik ini cenderung manis ya.