Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Nanas yang Lezat

Dipos pada March 5, 2022

Opor Ayam Nanas

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Nanas yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor Ayam Nanas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Nanas, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Nanas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Nanas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Nanas memakai 21 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep mama

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Nanas:

  1. 2 ekor ayam kampung besar (potong @8 / @12
  2. 1 bh nanas kecil (1/2 dipotong2, 1/2 dijuice)
  3. 500 cc santan kental
  4. 1000 cc santan encer
  5. 1 sdm air asam jawa
  6. bawang goreng untuk taburan
  7. ๐ŸŽBumbu halus:
  8. 12 btr bw merah
  9. 10 btr bw putih
  10. 6 cm lengkuas
  11. 3 cm jahe
  12. 1 sdt merica
  13. 1 sdm ketumbar
  14. 1/4 sdt jintan
  15. 1/4 sdt adas
  16. 1/2 butir biji pala
  17. 3 btr kapulaga
  18. ๐ŸBumbu lainnya:
  19. 6 butir cengkeh
  20. 1 btg kayu manis
  21. 5 lbr daun salam

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Nanas

1
Potong ayam serasi.
2
Siapkan wajan. Masukkan ayam. Tambahkan 1/3 bag bumbu halus + air asam + daun salam. Tambahkan air secukupnya. Ungkep hingga air menyusut dan ayam empuk. Sisihkan.
Opor Ayam Nanas - Step 2
3
Goreng sebentar (jangan sampai kering) ayam yang sdh diungkep.
4
Tumis sisa bumbu halus dengan sedikit minyak. Masukkan bumbu2 lainnya. Setelah harum, tambahkan santan kental. Masak hingga santan berminyak. Kemudian tambahkan santan encer dan juice nanas. Masak kembali. Terakhir masukkan air asam jawa dan nanas potong. Uji rasa dan sesuaikan kekentalan.
Opor Ayam Nanas - Step 4
5
Masukkan ayam yg sudah digoreng ke dalam wajan kuah opor. Masak sebentar. Angkat. Taburkan bw goreng.
Opor Ayam Nanas - Step 5
6
Opor Ayam Nanas - Step 6
Opor Ayam Nanas - Step 6
Opor Ayam Nanas - Step 6
7
Opor Ayam Nanas - Step 7
8
Opor Ayam Nanas - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik Telur Ceplok+Tahu

Terik Telur Ceplok+Tahu

Biasanya kalau masak terik, telurnya direbus. Masaknya jd agak lama, harus ngrebus & ngupas telur. Kali ini sy pgn yg cepet. Jadilah masak terik dg telur diceplok, lebih cepat & praktis. Kadang sy tambahkan wortel supaya ada sayurnya.

5 porsi
20 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Edit on going.

12 porsi
Opor Ayam Kuning Endessss

Opor Ayam Kuning Endessss

Mau bikin kare tapi jadinya rasa malah kaya opor..sudahlah yg penting tetep lezat dan enak rasanya..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

6 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Tiba" aja kepingin makan opor ayam dan sambal goreng kentang ati ampela ngebayanginnya kyknya enak niih..., lgsung aja cuzz ke dapur dan jadi deh..opor ayam dan sbal goreng kentang ati ampelanya , nyuum..nyuum...

Opor Ayam ala Madame

Opor Ayam ala Madame

Salah satu menu yg sangat diminati utk hari lebaran sebagai teman makan ketupat. Apalagi yg punya anak kecil dan ngga suka pedas. Semoga resep saya manfaat.

6 Porsi
1 menit
Opor ayam

Opor ayam

"Opor aym dengan bumbu apa ada nya hehe

Opor ayam bumbu rempah

Opor ayam bumbu rempah

Ini berbeda dari opor putih. Rasanya lebih berasa rempahnya. Sedep... Saya tambahin tahu buat tambah2 karena banyak orang sedangkan ayam cm 1/2 kg

6 porsi
45 menit
Terik daging telur tahu

Terik daging telur tahu

Resep jaduls, dulu mbah uti sering banget masakin terik. Tiba2 kangen almarhumah Jadilah masak ini๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Terik Ayam Jamur

Terik Ayam Jamur

Sedang ingin makan nasi plus lauk yang basah... Ada ayam dan jamur tiram. Oke mari kita buat terik kuning aja. Masak yuks...

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Tadinya males masak tapi buka kulkas liat ada ayam dan tahu minta dimasak yaudahlah dieksekusi deh kepikiran bikin opor ayam kesukaan suami ๐Ÿ˜

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ini didapat dari Mama. Selalu ada lah pas Lebaran pastinya. Pas di kosan pengen banget makan opor putih gini alhasil mencoba masak sendiri meraba-raba resepnya. Mungkin bakalan beda sama yang lain tapi bolehlah buat di bagi resepnya. Ini seger banget! Yuk masak!

4 porsi
45 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

1-4 porsi
30 menit
Opor Pala Ayam + Tempe

Opor Pala Ayam + Tempe

Beli pala ayam 8rb dapet 10 buah kepala ayam niatnya pengen dimasak kecap tapi ko liat kulkas ada tempe 1 papan + ada santan bubuk ditoples yang kemaren dipake cuma 1 sdm buat campuran getuk, ya wis lah tak opor wae secara kemarin 12042018 harus ngambil rapot bayangan disekolah mas kinza harus masak yang ga makan waktu ๐Ÿ˜…๐Ÿ˜…. Menu simple dan cara pengolahannya ga butuh waktu lama, kebetulan juga suami paling suka bagian kepala klo makan ayam. Untuk tempe boleh digoreng boleh tidak ya, sesuai selera aja dan untuk kepala ayam juga boleh utuh boleh dipotong2 ya. Untuk bumbu opor pala ayam + tempe ini hampir sama ya ma opor tahu tempe yang pernah saya share juga.