Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam bumbu rempah yang Enak Banget

Dipos pada March 2, 2022

Opor ayam bumbu rempah

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam bumbu rempah yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Opor ayam bumbu rempah yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam bumbu rempah, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam bumbu rempah ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor ayam bumbu rempah adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Opor ayam bumbu rempah diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam bumbu rempah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam bumbu rempah memakai 21 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini berbeda dari opor putih. Rasanya lebih berasa rempahnya. Sedep... Saya tambahin tahu buat tambah2 karena banyak orang sedangkan ayam cm 1/2 kg

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam bumbu rempah:

  1. 1/2 kg daging ayam potong kecil
  2. 3 buah tahu potong segitiga
  3. 1 bungkus santan kara dilarutkan segelas air
  4. 700 ml air
  5. 2 lembar daun salam
  6. 1 lembar daun jeruk
  7. 2 buah kapulaga
  8. 2 buah pekak
  9. 5 cm kayu manis
  10. 3 cm serai digeprek
  11. bumbu halus:
  12. 4 siung bawang merah
  13. 4 siung bawang putih
  14. 1/2 sdt ketumbar
  15. 8 btr merica
  16. 1/4 sdt pala bubuk
  17. 1/4 sdt jinten
  18. 2 btr kemiri
  19. 1 cm jahe
  20. 1 sdt garam
  21. minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam bumbu rempah

1
Haluskan bumbu bamer,baput,ketumbar,jinten,merica,pala,jahe, kemiri. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukan bumbu yg lainya daun salam,daun jeruk,serai,lengkuas,pekak,kapulaga,kayu manis tumis hingga layu.
2
Masukan ayam yg sudah dicuci bersih tambahkan air dan tahu. Masak hingga ayam matang dan empuk. Masukan santan, sambil diaduk perlahan tambahkan garam masak sampai mendidih,koreksi rasa.
3
Sajikan dengan taburan bawang goreng
Opor ayam bumbu rempah - Step 3
4
Lebih gurih kalau santan dari kelapa segar. Cuma karna cari praktis dan adanya santan instan jadi pakai kara yg kecil juga sudah sedap. Sesuaikan saja sesuai bahan yg ada ya sis..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kentang

Opor Ayam Kentang

Makanan buat abrar harus berkaldu & bersantan, mungkin karna rasa gurih dia lahap makannya.. 😜👌

Opor Ayam

Opor Ayam

Masak opor ayam gak harus nunggu hari raya. Kadang tiba-tiba aja pengen makan opor, ya masak opor..

4 porsi
50 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

30 menit
Opor Telur Tahu Hemat Dikantong 🐓🐣👛💰

Opor Telur Tahu Hemat Dikantong 🐓🐣👛💰

Makan opor gak perlu ayam yah, pakai telurnya aja sudah Alhamdulillah 😁... cekidot harganya : 1/4 Telur Puyuh 8rb, 2 Telur Ayam 2rb, Tahu 3rb, Bumbu2 5rb, santen 3rb. Total 22rb bisa makan sampai Malam... yuhuu hemat kan...

20 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ada yang mau datang nanti malam, seseorang yang istimewa 😍, minta dibuatkan Opor Ayam,tapi ayamnya dimasak utuh tanpa dipotong 😁😁

opor telur

opor telur

Simple.. Bisa diganti ayam atau ikan, jadi seorang ibu hrs puter otak agar lauk tdk monoton, ini jadi bumbu dasar setiap masakan ku..

6 orang
40 menit
Kicik/terik daging sapi resep mertua

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Ini resep turun temurun dari mertua..masakan khas yg slalu ada di setiap hari raya dan semua kelg sudah pasti menanti masakan ini untuk segera disantap..lbh nendang kalo makan nya sambil nyolek sambal goreng bawang tomat...boleh aja loh kalo mau nyoba..ga bakalan nyesel deh.

Opor Tahu Tempe ala2

Opor Tahu Tempe ala2

Kenapa disebut ala2? Karena minus kunyit, sereh dan ketumbar... Bumbu dapur memang ga pernah lengkap sih hahaha. Tapi akhirnya tetep buat jg, simpel dan gampang bgt pokoknya 👍

Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ini asalnya dari mama saya/neneknya Umar...Umar doyan banget makan Opor Ayam yang rasa begini. Gak pakai penyedap rasa tapi rasanya dah haucek + wangi. Bikinnya set. Ekor doang karna yang doyan cuma saya dan Umar...Ayahnya pecinta Ayam goreng garis keras...no kuah2 🙈 Kalau saya, makannya pakai nasi anget + kecap + sambel bawang. Ntap dah 😁 (tambah bw. Goreng dikit jg boleee)

6 porsi
Mi ayam jowo bumbu opor

Mi ayam jowo bumbu opor

Mi ayam jowo. Kenapa jowo? Krn manis n pake bumbu kunyit. Mi ayam di jogja emang gitu rasanya. Kenapa pake bumbu opor? Iseng2 aja sih sbnrnya. Hahah. Kunci ke-endesan mi ayam ada di bumbu bacemannya yg manis legit. Ditambah topping acar yg kecut manis seger, makaaaaa....

Opor Ayam 🐓

Opor Ayam 🐓

Suami lagi libur pengen dimasakin ayam opor eh yaudah aku suruh dia belanja ke pasar, alhamdulillah mau dan langsung aja aku buatin 😜

6 porsi
30 menit
Opor dadakan

Opor dadakan

Pengen masakin suami dan mama tercinta tapi pake bahan yg ada aja, mumpung telor lagi banyak langsung kepikiran bikin opor aja :)

5 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

6 porsi
15 menit
Opor Telur Ayam & Tahu

Opor Telur Ayam & Tahu

Opor tanpa ayam tapi pakai telur ayam na ja😆

30 menit
Opor ayam tahu

Opor ayam tahu

Mendadak kangen hari lebaran, jd kepikiran pgn bikin opor ayam ,suami juga jadi nambah terus 😋

Opor Ayam

Opor Ayam

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat~ Bikin opor ayam yukkk 😍 ud mulai kangen suasana lebaran hehe opor ayam ini ummu modif dr resep mbak @jennynovembria dan mbak @xanderskitchen ya umm~ Note 1. Kreasikan isian opor dg kentang, tahu, tempe, telur, dll untuk hasil yg lebih banyak. Jd bisa kasih tetangga deh 🤗 in syaa Allaah 2. Ayam bisa lsg di masak atau di goreng terlebih dahulu ya umm Foto nyusul ya umm in syaa Allaah 🤭 opor nya masih on going di kompor Note 1. Biarkan kuah opor mendidih beberapa kali sebelum dimasukkan ayam. Kuah akan semakin enak, dan bumbu akan semakin padu bila banyak mendidih. Sekaligus utk menghilangkan bau langu dan rasa getir dari kemiri&kunyit. Cara lain, sangrai kemiri&bakar kunyit sebelum di olah. 2. Menurut selera ummu, opor ini lebih enak kalau kepekatan kuah santannya sedang cenderung encer. Karena taste nya jd lebih light dan segar. Ummu biasa bikin masakan berkuah gini kuahnya banyaaak biar bisa banjir banjir di piring 🤭 kalau biasa buat kuah sedikit. Takaran santan instannya bs dirubah sesuai selera ya ummahat. Bismillaah OPOR AYAM by @qiyamskitchen

Opor Ayam + Tahu

Opor Ayam + Tahu

Lontong mana lontong.. Resep dari YnY, dengan sedikit perubahan menyesuaikan dengan bahan di dapur..ternyata mudah banget bikin opor..

4 porsi
40 menit
Opor Ayam santan kuning

Opor Ayam santan kuning

Jujur ini kali pertama saya masak olahan ayam,bukan ga bisa masaknya tapi karna saya geli liat mentahan nya 😂 Tapi karna ini makanan favorite anak saya,mau ga mau sekali2 harus masak daripada beli terus,dan hasilnyaaaa cukup memuaskan 😍