Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam yang Enak Banget

Dipos pada February 7, 2022

Opor ayam

Bagaimana membuat Opor ayam yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Opor ayam yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : Fitri Sasmaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1/2 ekor ayam, potong2
  2. 4 butir telur ayam
  3. 1000 ml santan sedang (saya ganti dg fiber creme)
  4. 2 cm lengkuas, geprek
  5. 1 batang serai, geprek
  6. 4 lembar daun jeruk
  7. Secukupnya gula dan garam
  8. Secukupnya kaldu bubuk ayam
  9. Secukupnya bawang merah goreng
  10. Bumbu halus πŸ‘‡
  11. 8 buah bawang merah
  12. 6 siung bawang putih
  13. 1 sdm ketumbar halus
  14. 3 butir kemiri, sangrai
  15. 1/2 sdt bubuk kunyit (1 cm kunyit fresh, bakar dulu)
  16. 1 sdt merica bubuk
  17. 1/4 sdt jinten bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Rebus ayam sampai empuk (setengah matang), angkat ayam tiriskan
2
Rebus telur ayam hingga matang, lalu kupas kulit nya
3
Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk aduk hingga bumbu matang
4
Masukan ayam dan telur, air, dan 2 sdm fiber creme, masukan gula, garam, kaldu bubuk, aduk rata dan masak hingga ayam benar2 matang, dan kuah menyusut.
5
Koreksi rasa, angkat lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

#5resepterbaruku..opor telor campur2.rebung,daun mlinjo,tempe.😁

#5resepterbaruku..opor telor campur2.rebung,daun mlinjo,tempe.😁

Kemaren2 udh bikin lumpia rebung..karna lg murah di pasar ni dapet rebung lg..dirumah udh ada telor,tempe sma daun mlinjo..jd kepikiran bikin olahan disanten..yo wis lah masakan kya d warteg..

Opor Ikan Kembung

Opor Ikan Kembung

Sebenarnya aku pengen bikin gulai ikan kembung, tapi karena anakku umur 9 bulan sukanya nyicipin makanan bundanya, bikin deh jadi gak pedes. Eh, malah jadinya opor. πŸ˜‚ Tapi enak juga..

5-6 porsi
30 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Asalamualaikum Masak menu tahunan ( opor ayam ) khusus buat suami.. Source : mba Fitsas

Opor Ayam

Opor Ayam

Salah satu menu favorit keluarga kami. Kuahnya yang gurih dan lezat, anak2pun suka 😊

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Gula merah dan kecapnya bisa disesuaikan untuk tingkat kemanisannya

Opor Telur Tahu

Opor Telur Tahu

Hari ini lg banyak bgt kerjaan. G pergi ke tukang sayur deh. jd masak simple yg bahannya ada di kulkas aja 😁 #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Opor Ayam Tahu Kuning

Opor Ayam Tahu Kuning

Ceritanya hari ini hari Raya Idul Adha. yaaa naluri seorang ibu pngen ngehits juga. jadilah aku masak opor tuk hari ini... Yaa walaupun itu bumbu opor nya beli jadi dari pasar... 😁 tapi kan klo' gak ada bumbu pelengkap lain nya dan bahan utama nya gaak mungkin jadi opor yaaa kaaan... (Ooopss... malah Curhat)... "Selamat memasak")

3 porsi
30 menit
13. Opor Ayam

13. Opor Ayam

Sebenarnya opor ayam ya opor ayam... Tapi biasanya ditambah kentang.. Tapi kali ini saya pengennya campur labu air. Bebas ya mau dikasi sayur apa aja atau gak dikasi juga gak papa... Tetep enak kok.

Opor ayam

Opor ayam

#AhlinyaAyam Lebaran udah lewat baru sempat uploud. Gegara anak2 libur sekolah. Ini salah satu kesukaan anak2 kapan pun.

Opor Ayam

Opor Ayam

Suka dibilang kenapa klo masak opor pasti kuahny kuning bla bla bla, jawabanny ya karena paling gk suka jenis kuah opor yang putih alias pucat, jadi bikin gk selera makan aja walaupun rasany enak hehehe .. #PekanInspirasi

161. Opor Ayam

161. Opor Ayam

Menu ini adalah menu wajib di meja makan setiap lebaran.. Gk cuma pas lebaran aja sih.. Opor ini menu khas dari kampung halaman ibuku.. Pokoknya ini opor ayam kesayangan keluarga bgt 😊 lebih enak pakai ayam pejantan.. Tp apa daya.. Di daerah ku susah bgt cari ayam pejantan.. Jadi kali ini ku masak pakai ayam biasa yaa.. Tetep enyakk 😘 #AhlinyaAyam #SiapRamadan #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

Opor Ayam Simple

Opor Ayam Simple

Ini pertama kalinya saya bikin opor ayam untuk ayah dan adik2 saya 😊 dan hasilnya cukup memuaskan ❀ Cocok sekali buat yg kepengen opor tapi ga mau ribet dan lagi belajar masak 😊 #AhlinyaAyam

4porsi
Opor ayam kuning bumbu alakadarnya

Opor ayam kuning bumbu alakadarnya

Hari ini makan siang ny pke opor ayam dan lontong,mengingat idul fitri hihii pdhl puasa jg belum, udh rundu ajaaa πŸ˜€

Opor Ayam Special Lebaran

Opor Ayam Special Lebaran

Dikeluarga saya Opor ayam adalah salah satu menu wajib ketika hari raya idul fitri dan merupakan makanan favorite ketika berkumpul bersama keluarga tercinta😍 So,, kali ini saya mau share dulu resep opornya sebelum mudik esok hari, sebenernya ini resep opor yang biasa mamah saya buat kalau dirumah dan ini salah satu menu andalan mamah dihari lebaran, hehee Selamat Mencoba ya momsβ˜ΊοΈπŸ™πŸ» #Opor #OporAyam #OporAyamBumbuKuning #Festivalramadancookpad #NgeksisDiCookpad #SilaturahmiRecook #CookpadRamadhan

4-5 orang