Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor ayam ala ala yang Lezat Sekali

Dipos pada February 19, 2022

Opor ayam ala ala

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor ayam ala ala yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Opor ayam ala ala yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam ala ala, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam ala ala enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam ala ala sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam ala ala memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sekarang saya lagi hobi-hobinya masak. Awalnya cari cari resep di cookpad untuk ide masak, tapi disini, di Wuhan, tempat saya tinggal sekarang malah tdk cukup bahan-bahannya seperti di resep yg ibu ibu bagikan. Jadilah saya bereksperimen sebdiri dengan bahan seadanya. Kayak serei, daun jeruk, lengkuas semuanya terbatas disini, sulit ditemukan. Kalau pun ada harus pesan dulu jauh jauh dan bayarnya itu mahal bisa sepeluh kali lipat dari harga aslinya di Indonesia. Namun apalah daya aku tetap harus masak, abisnya bosan dengan menu yang itu itu aja. Yuk masak untuk masa depan yg lebih cerah haha :)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam ala ala:

  1. 2 potong dada ayam
  2. 1 buah kentang
  3. 5 biji bawang putih
  4. 1/2 bawang merah bombay besar
  5. 4 butir kemiri
  6. 1 sdm ketumbar butir
  7. 4 lembar daun salam
  8. 1 bungkus Santan bubuk
  9. 1 sdm gula
  10. 1 sdt garam
  11. secukupnya Merica

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam ala ala

1
Cuci bersih ayamnya, kalau aku rebus pakai air panas hingga mendidih. Terus potong ayamnya, kalau aku jadi tujuh potong. Setelah bersih beri garam (bagusnya tambah lemon sih, tp krna kmren aku ga punya lemon yaudah seadanya aja)
2
Kemudian blender bahan bahan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar.
3
Setelah diblender panaskan minyak, cincang bawang putih 1 butir agar wangi bumbu halusnya pas di tumis. Kemudian tumis semua bumbu halus yg sudah di blender, masukkan daun salam. Dan tunggu beberapa saat sekitar 7 menit.
4
Kemudian masukkan ayamnya, beri air secukupnya, tambahkan bubuk santan. Sambil diaduk aduk, potong tunggu hingga 30 menit atau lebih, kemudian potong besar besar kentangnya dan masukkan bersama ayam, kiranya sudah matang dimatikan kompornya. Selamat mencoba :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor cakar dan kepala ayam sederhana #1

Opor cakar dan kepala ayam sederhana #1

Niatnya cuman beli 1/2kg cakar, ehh sama masnya yang jual malah dikasih kepala ayam banyak .. Alhamdulillah dong yaa .. Lumayan laah hihihiii ...

Opor tahu ayam

Opor tahu ayam

Mumpung kakak masih libur panjang masak opor ayam kesukaan dia..sekalian buat makan siang suami biar tambah semangat πŸ˜†πŸ˜†

10 porsi
30 mt
Opor telur daun singkong

Opor telur daun singkong

Day 20 #Bikinramadhanberkesan Punya daun singkong yg sudah di rebus dlm kulkas.bingung mau dimasak apa dan di campur apa.lihat masih pny telur ayam.yasud di bumbu opor aja dicampur telur rebus.buat berbuka puasa,nanti tinggal masak yg buat sahurnya. Kebetulan anak"suka daun singkong yg di masak opor#Bikinramadhanberkesan

Lontong Opor 3T [ Telur, Tempe, Tahu ] 😁

Lontong Opor 3T [ Telur, Tempe, Tahu ] 😁

Assalamu'alaikum πŸ˜‡. Tadinya mau bikin lontong sayur, berhubung isi kulkas gak ada sayuran jadinya bahan 3T ini aja dibikin opor πŸ˜„. Happy cooking... Semoga bermanfaat 😊

Opor tahu telur puyuh simpel & praktis

Opor tahu telur puyuh simpel & praktis

Resep ini bener-bener simpel & praktis, cocok bgt buat yg harus masak tapi waktunya mepet alias kejar tayang...😊

Terik Bola Sapi

Terik Bola Sapi

Menu saya hari ini terik bola sapi. Lebih cepat dan praktis dibanding memasak terik daging sapi. Bagi yang tidak suka sapi, bisa diganti daging ayam ya. Terik sendiri agak berkuah dan rasanya asin, gurih dan manis. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal bajak udah enak banget. Ditambah tahu juga enakkkk… Anak-anak kecil biasa suka menu beginian. Apalagi yang hobi makan opor, boleh sekali-sekali coba masak terik.

6 porsi
Terik Telur

Terik Telur

Seminggu an ini kebayang-bayang sama terik. Udah luamaaa banget ga makan ini, entah brapa taun πŸ˜„ lebay.... makanan ini waktu masi SD hampir tiap hari buat sarapan. Dulu di deket rumah ada yg jual makanan jadi, bbrp macam gt. Rame bgt kalo pagi, biasa yg beli buat sarapan anak2 yg mau sekolah. Kmrn kepikiran mau bikin terik ini sama sambal goreng tholo (kacang merah yg kecil itu). Tapi sy udah hunting di pasar sm swalayan di sini ga nemu ☹. Ya udahlah yg satu itu sy pending dl, agak kecewa sih krn sampe udah mastiin bumbunya ke mami sy πŸ˜…. Ini dimakan pake bubur juga enak lho, malah dulu kl sy makan emng pake bubur 😊. Terik ini bisa pake kunyit bisa ga, kata mami sy kalo pake kunyit sekilas kliatan kaya opor. Tapi td sy pikir biar ga kliatan pucat, jd dikasi kunyit dikit. Telur nya bisa jg diganti tahu, tempe ato campur semuanya enak jg πŸ˜€

Opor Ayam Mini Campur

Opor Ayam Mini Campur

Sebetulnya banyak resep opor ayam, tapi paling enak resep opor ayam dari mama. Ada sisa kentang, tempe dan telur puyuh dicampurin aja.

Opor ayam

Opor ayam

Ini resep opor ayam pas lebaran ala eyang putri sayaa. Yuk dicoba.. Biasanya ini menu wajib yang harus ada waktu lebaran ketupat. Hohoho. Dimakan barengan sama ketupat, enaaaaak..

Opor kuning ayam kampung

Opor kuning ayam kampung

#bikinramadanberkesan

04. Opor Telor Ceplok

04. Opor Telor Ceplok

.14_05_2018. #4 #BikinRamadanBerkesan Menu hari ini ...😁 ini bakal jadi resep berbuka puasa pertama nanti .. Resepnya simpel dan gk mnyita banget waktu ..

Opor ayam

Opor ayam

Untuk menu yang satu ini,saya sering menyajikan nya di rumah

untuk 10 potong
Opor Ayam Kampung (Simple)

Opor Ayam Kampung (Simple)

Opor Ayam Kampung Homemade. Monggo dicoba dan di recook.. Happy Cooking πŸ€— #ayam #opor #chicken #ayamkampung

5 porsi
20 menit
Telur masak Opor Kuning

Telur masak Opor Kuning

29/05/2018 🌹23. #BikinRamadanBerkesan Opor itu emang paling enak yaaa. Cocoknya emang pake ayam tapi berhubung stok ayamnya kosong cuma ada teluuurrr ya udah embat aja pake telur. Tapi enak jugaa sama sama telur ayam πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Opor Ayam Keto/lcd(Low Carb Diet)

Opor Ayam Keto/lcd(Low Carb Diet)

baru mulai belajar diet keto/lowcarb diet. ada ayam di kulkas, bosen digoreng terus. akhirnya dibuat opor saja biar suami bisa ikut makan juga... :)

Ayam Opor Kuning

Ayam Opor Kuning

Ini opor ayam yg aku masak pas iedul adha kemarin. Beberapa kali posting gagal terus. Semoga kali ini postingnya ga gagal...

Terik Ayam Tahu #BikinRamadanBerkesan #13

Terik Ayam Tahu #BikinRamadanBerkesan #13

Suka makanan bersantan, tp jangan sering2 juga ya moms harus bisa di remm hehe,, Kalo makanan bersantan bagi saya yg penting pake kemiri agar kental dan gurihnya terasaaa ,, Yuk bikin moms,