Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Rendang Sapi ala Dina yang Anti Gagal

Dipos pada February 25, 2020

Rendang Sapi ala Dina

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Sapi ala Dina yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Rendang Sapi ala Dina yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang Sapi ala Dina, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Rendang Sapi ala Dina di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Rendang Sapi ala Dina sekitar 20 pt daging. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Sapi ala Dina diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Sapi ala Dina sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Sapi ala Dina memakai 21 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah dikirimin daging sapi...lsg direquest rendang ama paksu...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Sapi ala Dina:

  1. 500 gr daging sapi
  2. 1 butir kelapa parut
  3. 2 ltr air matang (untuk memeras kelapa)
  4. 10 siung bawang merah
  5. 8 bh bawang putih
  6. 15 bh cabe merah keriting
  7. 2 jeruk nipis
  8. 5 bh daun jeruk
  9. 3 bh sereh
  10. 2 bh jahe (kira2 segede jempol)
  11. 2 bh lengkuas (segede jempol juga)
  12. 2 bh kunyit
  13. 5 biji cengkeh
  14. 3 daun salam
  15. 1 biji pala
  16. 3 bh asam kandis
  17. 1 sendok ketumbar
  18. 1 sendok jintan
  19. 1 bh kaldu sapi blok
  20. 4 sdk makan minyak goreng
  21. secukupnya Gula dan garam

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Sapi ala Dina

1
Cuci bersih daging sapi dgn air mengalir. Tiriskan. Lumuri daging dgn air perasan jeruk nipis. Diamkan 2 menit dan cuci kembali.
2
Geprek 2 bawang putih, 1 jahe dan 1 lengkuas.
3
Rebus daging bersama bawang putih, jahe dan lengkuas yg digeprek td. Air rebusan usahakan merendam seluruh bagian daging. Masak hingga daging empuk. Dan tiriskan (kaldu sapinya bisa disimpan di kulkas u kuah sop). Setelah dingin anda dapat memotong daging sapi dgn ukuran sesuai selera.
4
Haluskan (bisa di blender atau di giling yaa) bawang merah, bawang putih, kunyit, biji pala, jintan, ketumbar, cabe merah.
5
Geprek sisa jahe, lengkuas, dan sereh.
6
Peras kelapa parut dengan 2 liter air hingga menjadi santan.
7
Panaskan minyak goreng di wajan teflon. Tumis bumbu yg dihaluskan hingga wangi. Masukkan bahan geprekan. Aduk2 hingga bumbu berubah kecoklatan.
8
Masukkan potongan daging, aduk2 hingga bumbu tercampur rata. Lalu masukkan santan aduk2 hingga tercampur rata. Kemudian masukkan asam kandis dan daun salam. Jangan lupa kaldu blok rasa sapi. Aduk2 hingga ke dasar wajan yaaa.
9
Aduk2 rendang hingga ke dasar wajan hingga mendidih. Setelah mendidih kecilkan api dan biarkan santan menyusut sambil terus diaduk2 secara berkala (maksudnya jgn diatuk setiap saat beri waktu santan bernafas alias menguap)
10
Jika santan sudah menyusut 50% cek rasa. Jika terlalu asin anda dapat menambahkan gula. (Penambahan garam jika memang diperlukan. Tp biasanya klo santan menyusut otomatis masakan kita terasa asin).
11
Biarkan santan menyusut hingga 80%. Jangan lupa mengaduk masakan hingga ke dasar wajan agar matangnya rata.
12
Jadi deh rendangnyaa. Selamat makan nom nom πŸ˜‹

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

MPASI Rendang Ayam

MPASI Rendang Ayam

Mika udah saya ajarin makan ada pedasnya dikit mulai dari usia 12 bulan. Awalnya kalo masak pake jahe, terus nyoba merica, sekarang udah saya coba masakan yang pake cabai tanjung. Buat orang dewasa sih ga pedes, kalo buat anak ini berasa banget apalagi yang belum pernah dikasi pedes, jadi kalo yg anaknya ga suka pedes ga usa pake cabe yah buibu~ kalo resep ini mah, selain Mika, ayah ibunya juga doyan soalnya resep Padang asli dari mertua 😁

Rendang Padang

Rendang Padang

Memasak rendang memang lama.. tapi hasilnya memuaskan,,, selalu menguras isi ricecooker

Rendang Daging Instant

Rendang Daging Instant

Kalo ibu pekerja kaya aku hrs msk yg super cepat, spy masak kelar kekantor gak telat 😊

Rendang ayam lembut

Rendang ayam lembut

By. Elyanna

Rendang

Rendang

Dari sebelum kenal cookpad sudah sering bikin rendang, kata temen temen rasanya udah sama kaya yang diwarung padang πŸ˜„πŸ˜„

Spaghetti Rendang

Spaghetti Rendang

Nemu resep ini 2 tahun yg lalu. Mau bikin spaghetti tapi bumbunya habis, akhirnya coba coba pake rendang dan ternyata rasanya enak πŸ‘πŸ‘

1 porsi
15 - 20 menit
Rendang kilat rancak bana

Rendang kilat rancak bana

Lebaran haji tahun ini gak ikutan mudik ke rumah, cuma rendang yang bisa bikin kosan sedikit berasa lebaran ala rumah. pasti bu ibu yg hidup dirantau bingung mau masak apa buat dagingnya, yuk ah masak rendang dengan gampang tapi nendang rasanya πŸ˜‰

+- 2jam
Rendang Ayam Cabe Ijo

Rendang Ayam Cabe Ijo

Post pertama aku bucan.. Abaikan penampakan ny yhπŸ˜‚πŸ˜‚ Diblik penampakan nya yg ga cantik trselip rasa yg maknyuzz endoll 😁😁

8-9porsi
Rendang ayam tanpa santan

Rendang ayam tanpa santan

Edisi ultah suami 2,, ni rendang gak pake santan bun karena nasi nya udah ber santan,, tapi rasanya tetap nendang ,,

Rendang ayam

Rendang ayam

Iseng pengen nyoba bkin rendang.. Awalny mw ng mix bumbu sendiri pas sampe pasar taunya ad yg jual jd y uda ya beli jadi aja biar ga ribet πŸ˜‚ dsini saya pakeny daging ayam bukan sapi n ga pake santan.. Cm air kaldu rebusan ayam aja.. Dan saya jg ga tambah garam lagi.. Selamat mencoba ya.. Tanpa santan dan garam tambahan pun rasa tetep juara!

Rendang Padang (Rice Cooker)

Rendang Padang (Rice Cooker)

Cara memasak ini cocok utk ibu2 yg ga bisa berlama2 di dapur karena ada bayi dan banyak setrikaan 😁. Bisa disimpan di kulkas untuk menu sahur dan buka puasa. Tinggal dipanasin aja, praktis kan. Resepnya hasil belajar sewaktu tinggal di Helsinki. Belajar dari Ibu Rahmi yg berguru pada Ibu Mis Azinur, tapi modifikasi takaran bumbu dan cara memasak saya sesuaikan dengan banyaknya daging yg saya gunakan. Terima kasih ilmunya.. semoga Allah melimpahkan rahmatnya kepada ibu berdua sekeluarga, aamiin.

Rendang sapi & kentang instan

Rendang sapi & kentang instan

cocok bgt buat yg mager tp ingin masyak rendang πŸ˜… so simple πŸ‘

10 potong
1.5 jam
Rendang daging ala padang

Rendang daging ala padang

Mau pergi liburan keluarga, mau bikin buat bekal liburan yg dgn 1 lauk aj udh nikmat..hehehe

Rendang sapi instant

Rendang sapi instant

Dapet daging sapi hampir 2kg dan kebetulan ngidam pengen rendang sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Ada banyak macam kreasi bumbu rendang biasanya kalau resep rendang padang asli gak pakai gula😁itu tergantung selera ya, kalau saya lebih suka rendang jawa yg pakai gula merah jadi gurih, pedes, manisπŸ˜‚ jangan lupa kalau bikin rendang pakai santan kelapa asli ya karna kalau pakai yg instan minyaknya gak akan keluar dan rasanya kurang aja, saya masak kuahnya masih nyemek nyemek ya karna enak cocol nasi atau ketupat kalau kalian masak kuah mau dikeringkan silahkan ya balik ke selera.

Rendang ayam broiler

Rendang ayam broiler

si papi beli ayam broiler hidup dari peternak ayam sangat murah karna 50000 dapat 3 ekor ayam seberat 2 kg 1 ekor nya sementara di warung sayur 1 kg 33 ribu hemat banget ya bund ywda pagi2 di eksekusi aja sebagian di rendang dan sebagian lagi di panggang dan rasanya lebih enak bunda karena potong sendiri dan masih fresh yuk kita lihat resepnya...

45menit
Rendang Daging Sapi- Rice Cooker / magic com

Rendang Daging Sapi- Rice Cooker / magic com

Buat ibu2 yg males ngaduk hehe, kalo suka pedas cabenya bisa di tambah sesuai selera..