Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gudeg & opor tahu telur praktis yang Sempurna

Dipos pada March 4, 2022

Gudeg & opor tahu telur praktis

Hari ini saya akan berbagi resep Gudeg & opor tahu telur praktis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Gudeg & opor tahu telur praktis yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gudeg & opor tahu telur praktis, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Gudeg & opor tahu telur praktis ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gudeg & opor tahu telur praktis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gudeg & opor tahu telur praktis memakai 29 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ibu saya org Jogya kalau bikin gudeg selalu mantab n ditunggu2 sodara n para tetangga,beliau bikinnya biasanya banyak krn nangka,daun jati n kelapa tinggal ambil dari kebun,capeknya sama jd masak sekalian banyak kata beliau.Berhubung lg kangen gudeg walau minus daun jati (disini gak ada bo pohonnya!),setelah lihat gudeg no daun jatinya ci Tintin lgsg nekad bikin,thanks ya ci😚.Rasanya gak kalah oke dg yg pake daun jati.Saya masak 5 jam sampai teksturnya spt gudeg yg beli2 itu,hihi...Kata suami gudeg KW2,rasa original😁.Kata tetangga wenak bingit dah pantes bakulan gudeg,wkwkwk...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gudeg & opor tahu telur praktis:

  1. Gudeg:
  2. 1 butir kelapa (tambahkan air peras santannya)
  3. 1 kg nangka muda (cuci bersih,potong2)
  4. bumbu cemplung:
  5. 3 ruas jari lengkuas (keprak)
  6. 2 batang serai (keprak)
  7. 4 lembar daun jeruk purut
  8. 6 lembar daun salam
  9. 150 gram gula merah (bs ditmbh/dikrg sesuai selera)
  10. Bumbu halus:
  11. 10 siung bawang merah
  12. 5 siung bawang putih
  13. 1 sdm ketumbar
  14. 8 biji kemiri
  15. Opor tahu & telur:
  16. 6 butir telur (rebus,kupas kulitnya)
  17. 5 buah tahu (potong 2)
  18. 1 batang serai (keprak)
  19. 2 cm lengkuas (keprak)
  20. 2 lembar daun jeruk
  21. 2 lembar daun salam
  22. 50 gram gula merah
  23. 250 ml santan (dari 1/2 butir kelapa)
  24. Bumbu halus:
  25. 5 siung bawang merah
  26. 3 siung bawang putih
  27. 1 sdm ketumbar
  28. 4 biji kemiri
  29. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Gudeg & opor tahu telur praktis

1
Gudeg: Susun dalam kwali (saya pakai panci) bumbu cemplung,bunbu halus,nangka kemudian tuangi santan,tutup kwali/panci & masak dg api kecil selama 4-5 jam sampai matang (gudeg berwarna kecoklatan & santan terserap habis).Matikan api,gudeg siap digunakan.
Gudeg & opor tahu telur praktis - Step 1
2
Selagi membuat gudeg yg memakan wkt lama kita buat opornya,masak santan sampai mendidih,masukkan bumbu halus,serai,daun jeruk&salam,lengkuas,gula merah & garam,aduk rata,masukkan telur & tahu masak dg api kecil sampai matang,angkat,sajikan sbg pelengkap gudeg.
3
Tata nasi,gudeg,opor tahu/telur,sambel goreng krecek (saya gak pake) & sambel trasi matang,gudeg siap disajikan.
Gudeg & opor tahu telur praktis - Step 3
4
Note: opor tahu/telur bs ditambahkan ayam,saya sdg gak ada stock ayam jd gak pake.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam lezatoz

Opor ayam lezatoz

Udah lama bgt ga makan opor, kepinginnya kebangetan.. jadilah opor simpel yg lezat ini..

4 porsi
30 menit
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Kangen Lebaran jadi pengen makan opor ayam.

6 porsi
40 menit
Kacang Panjang Ungu masak Opor

Kacang Panjang Ungu masak Opor

Awalnya aq dikasih iparku si Vera Kacang panjang ungu sempet bingung sih mau digimanain akhirnya asal2an aja masaknya dannn taraaa... Rasanya seperti opor ayam mantabbbss👍

kurleb 4 orang
10 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ada teman yg lg punya hajat sunatan dan minta tolong di buatkan menu opor ayam untuk makan para tamu undangan. Sebenarnya agak takut jg sih terima orderan dlm jumlah besar 😀😀. Tp Alhamdulillah sukses membuat tuan rumah dan para tamu undangan puas dg masakan sy 😀😀😀.

1 kg
Opor ayam bumbu rempah lengkap

Opor ayam bumbu rempah lengkap

Ini resep dari ibu ku tercinta...aku dari gadis bahkan dari SMP sudah hobby masak...namun setiap kali masak suka lupa bumbu nya...namun setelah menikah ntah kenapa sekali saja di beri tahu langsung nyerap dah tu resep :D untuk opor ayam ini aku pake resep dari ibu ku, beliau berpesan selagi bisa masak dan sehat. Masak lah buat suami, jangan biar kan suami mebikmati makanan luar yang bukan kita masak...tapi kebukti, suami ku gak suka jajan diluar. Karena sudah kenyang suguhan makanan dan cemilan yang istri nya buat kali yaa :D

5 porsi
90 menit
Opor ayam penuh lemak #ketowarriors

Opor ayam penuh lemak #ketowarriors

Pejuang diet keto pasti seneng ni

Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Opor Kikil Telur Ayam. Ketopad_CP_OlahanKikil

Opor Kikil Telur Ayam. Ketopad_CP_OlahanKikil

Weecha ini kali harus mengolah kikil😊belum pernah masak kikil, biasanya makan kikil hanya di warung masakan padang, gulai tunjang. Cari masakan kikil yang tidak rumit, jadilah opor kikil yang ditambahkan dengan telur ayam.

3 porsi
Opor Ayam Telor

Opor Ayam Telor

Bapak seneng banget kalo dimasakin opor resep dari ibuk.. cepet abisnya kalo masak opor. jd seneng juga nih yg masakin :)

Terik Daging

Terik Daging

Resep dalam rangka Idul Adha, selamat Idul Adha untuk semua yang merayakan :)

10 porsi
30 menit
OPOR AYAM ala Tegal      [Warung Lesehan Banyumili]

OPOR AYAM ala Tegal [Warung Lesehan Banyumili]

Awal saya melihat tampilan masakannya, saya langsung menyebut ini Garang Asem. Tapi sang pemilik resep mengatakan ini Opor Ayam, begitu di daerah Tegal disebut. Jadi tergelitik untuk mencoba memasaknya. Terimakasih bocoran resepnya ya :-) cc. Wr. Lesehan Banyumili, Saibun, Ciracas

4 porsi
60 menit
Opor Ayam 🐓 Maknyus

Opor Ayam 🐓 Maknyus

15/04/2017, Resep ke-2 olahan kelapa untuk diikutkan kontes cookpad. Sumber: Aida Siregar Tadi malam belanja kebutuhan dapur di salah satu mall....nemu ketupat instan....jadi kebayang pengen buat opor ayam sama ketupat... Akhirnya searching di aplikasi cookpad nemu resep mb Aida Siregar.... "Opor Ayam Kampung Maknyus"... Dan setelah baca resep mb Aida, saya jadi punya keberanian buat opor ayam dengan bumbu racikan sendiri.....biasanya saya pasrah beli bumbu jadi di pasar....soalnya trauma pernah bikin opor ayam rasanya aneh...😆 Ternyata opor ayamnya memang maknyus.... Terima kasih Mb Aida Siregar... dan terima kasih buat cookpad sumber inspirasiku.... Happy cooking and happy tummy everyone😍😍😍

5 porsi
1 jam
Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam ini resep dari ibu

Opor ayam n telor simple

Opor ayam n telor simple

Yook coba yg simpel mantab^^

4 porsi
30 menit