Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Putih yang Lezat Sekali

Dipos pada March 1, 2022

Opor Ayam Putih

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Putih yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Opor Ayam Putih yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Putih, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Putih bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Putih sekitar 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Ayam Putih diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Putih memakai 10 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kangen Lebaran jadi pengen makan opor ayam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Putih:

  1. 1 Kg ayam (saya pake sayap)
  2. 3 lembar daun salam
  3. 3 cm lengkuas
  4. 1 buah santan kara
  5. bumbu halus :
  6. 8 siung bawang merah
  7. 5 siung bawang putih
  8. 2 buah kemiri
  9. 1 sdm ketumbar bubuk
  10. 1 sdt merica bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Putih

1
Didihkan air dalam panci, rebus ayam. Sambil menunggu ayam matang, tumis bumbu halus dengan daun salam dan lengkuas. Setelah itu masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ayam.
2
Setelah ayam matang masukkan santan, gula dan garam.. Cicipi, tunggu matang.. Sajikan...
3
Selesaiii nggak pake ribet yaaa sis.. Hehehe

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Negri

Opor Ayam Negri

Makanan simple untuk bekal suami dipagi hari. Anak-anak pun suka. Apa lahi dihidangkan selagi hangat dengan sambal goreng dan kerupuk. .wah bikin nambah terus

4 porsi
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Anak-anak doyan ama ayam dan yg ada kuahnya bund, pengen coba bikin opor dan syukurnya anak2 dan pak suami suka, rasanya mantap, resep ini saya dapat di dapurnya bunda Amalia (www.dapurgepul.com), makasi banyak resepnya ya bund, mantap pokoknya.

Opor Ikan Tuna MPASI 9 bulan

Opor Ikan Tuna MPASI 9 bulan

Abell suka makan sama yg berkuah, biasanya cuma dibikinin sayur bening. Sekarang coba opor ikan yaa :)

3 porsi
Opor ayam simple no ribet

Opor ayam simple no ribet

Hari minggu masak simple aja gak mau ribet, bahan2 pun seadanya dan ukuranpun sesuai selera aja

Opor ayam

Opor ayam

2-4 org
Opor ayam dan tahu

Opor ayam dan tahu

#SiapRamadan #SiManis

Opor ayam lebaran (#postingrame2_ayam)

Opor ayam lebaran (#postingrame2_ayam)

Terinspirasi dari resep ci yny..dengan modifikasi sesuai bahan yg ada..rasanya ngingetin sama opor ayam lebaran yg d buat ibu saya..jd kangen pulang kampung..

Opor ayam pasca lebaran

Opor ayam pasca lebaran

Hari raya diperingati toap tahun dan iru pertanda telah lulusnya puasa sebulan penuh, nah makan makan biasanya hari raya semua tempat tetangga pasti ada opor ayam dan lontong

2 orang
60 menit
Opor ayam endolitaaa

Opor ayam endolitaaa

Ga cuma lebaran aja ko bunda, hari2 biasa juga bisa menikmati opor ayam 👌😀

Opor tulang ayam

Opor tulang ayam

Biasanya kalau beli ayam untuk diungkep aku sisihkan bagian dadanya karena keras kalau digoreng n gak ada yang suka. Dadanya aku filet bisa jadi nugget dll, nyisain tulangnya aku kumpulin lama2 jadi banyak. Dibikin opor aja yess

5 porsi
30 menit
Sambal soto & opor

Sambal soto & opor

Suamiku doyan bgt makan sambal, kebetulan mertuaku ngasih sayur ayam buat makan (padahal aku udah mau masak yang lain, alhamdulillah ini yg namanya rejeki. Hemat uang belanja!😂😅). Gak afdol rasanya kalo makan sayur ayam gak pake sambal. Yasuds, cuss bikin sambel resep dari ibu ku 😜

15 menit
Opor ayam, resep untuk MPASI (11+)

Opor ayam, resep untuk MPASI (11+)

Resep ini saya buat barengan dg ayam suwir (resep sebelumnya) jadi bumbunyapun juga saya bikin sama hihi... 😁😁

Opor Ayam

Opor Ayam

Assalaamu'alaykum warahmatullaah wabarakaatuh ummahaat~ Bikin opor ayam yukkk 😍 ud mulai kangen suasana lebaran hehe opor ayam ini ummu modif dr resep mbak @jennynovembria dan mbak @xanderskitchen ya umm~ Note 1. Kreasikan isian opor dg kentang, tahu, tempe, telur, dll untuk hasil yg lebih banyak. Jd bisa kasih tetangga deh 🤗 in syaa Allaah 2. Ayam bisa lsg di masak atau di goreng terlebih dahulu ya umm Foto nyusul ya umm in syaa Allaah 🤭 opor nya masih on going di kompor Note 1. Biarkan kuah opor mendidih beberapa kali sebelum dimasukkan ayam. Kuah akan semakin enak, dan bumbu akan semakin padu bila banyak mendidih. Sekaligus utk menghilangkan bau langu dan rasa getir dari kemiri&kunyit. Cara lain, sangrai kemiri&bakar kunyit sebelum di olah. 2. Menurut selera ummu, opor ini lebih enak kalau kepekatan kuah santannya sedang cenderung encer. Karena taste nya jd lebih light dan segar. Ummu biasa bikin masakan berkuah gini kuahnya banyaaak biar bisa banjir banjir di piring 🤭 kalau biasa buat kuah sedikit. Takaran santan instannya bs dirubah sesuai selera ya ummahat. Bismillaah OPOR AYAM by @qiyamskitchen

Opor ayam telor tahu praktis

Opor ayam telor tahu praktis

Opor yang saya buat cenderung putih krn tdk menggunakan kunyit.bumbu uleknya pun praktis.

5 porsi
Opor Ayam Instant Super Enak

Opor Ayam Instant Super Enak

Cerita anak kost yang ingin lebaran tp udh gapunya ibu yang biasa masakin makanan lebaran. Hokey lets go!

5 orang
1 jam
opor telur

opor telur

Simple.. Bisa diganti ayam atau ikan, jadi seorang ibu hrs puter otak agar lauk tdk monoton, ini jadi bumbu dasar setiap masakan ku..

6 orang
40 menit