Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Biji Salak Labu Kuning yang Enak

Dipos pada September 14, 2018

Biji Salak Labu Kuning

Hari ini saya akan berbagi resep Biji Salak Labu Kuning yang lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Biji Salak Labu Kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Biji Salak Labu Kuning, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Biji Salak Labu Kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Labu Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Labu Kuning memakai 7 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya lagi kepengen bikin biji salak, cuma pas tukang sayur lewat, ga bawa ubi jalar, jadilah beli labu kuning saja. Ini pertama kalinya bikin biji salak pake labu kuning. Karena labu kuning agak berair, jadi tepung tapiokanya juga agak banyak, tapi hasil akhirnya tetap enaaakk, kenyal tapi lembuut, ga bau labu kuning lagi karena sudah tertutupi harumnya gula merah dan legitnya santan. Saya pribadi lebih senang pake tapioka daripada tepung ketan, karena ga gitu suka bau tepung ketan dan lebih kenyal jika menggunakan tapioka, tapi jika lebih senang tepung ketan boleh dipakai ya mommies..ini resepnya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Labu Kuning:

  1. 350 gr labu kuning (berat setelah dikupas kulit dan bijinya)
  2. 100 gr tepung tapioka
  3. 200 gr gula merah
  4. 500 ml air (blh ditambah/ dikurangi sesuai manisnya gula merah)
  5. secukupnya Santan kental sedang
  6. Sedikit garam
  7. Daun pandan (me: ga pake)

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Labu Kuning

1
Kukus labu kuning hingga matang, hancurkan selagi hangat dengan garpu, lalu biarkan dingin.
Biji Salak Labu Kuning - Step 1
2
Setelah dingin, tambahkan tapioka, aduk rata dengan tangan hingga rata dan bisa dibentuk (saya uleni pelan sekali). Jika masih lengket, tambahkan tapioka secukupnya. Saya tadi tambah 1 sdm.
Biji Salak Labu Kuning - Step 2
3
Bulat2 sesuai selera. Sambil membulat2 adonan, panaskan sedikit air di panci kecil, masak gula merah hingga mencair. Setelah mencair, saring ke panci yang agak besar, lalu tambahkan sisa air (boleh ditambah, sesuaikan dengan manis yg diinginkan), dan masukkan daun pandan jika pakai, didihkan.
Biji Salak Labu Kuning - Step 3
4
Saat sudah mendidih, masukkan adonan yg sudah dibulat2i
Biji Salak Labu Kuning - Step 4
5
Masak hingga biji salak mengapung tanda sudah matang, lalu aduk2, masak sedikit hingga kuah agak mengental, matikan api.
Biji Salak Labu Kuning - Step 5
6
Untuk santannya, saya pakai santan bubuk instan sasa. Masak dengan sedikit air dan tambahkan sedikit garam (sesuaikan kekentalannya) hingga mendidih, dinginkan.
7
Ambil semangkuk biji salak dan saus gula merahnya, tambahkan santan, sajika. Saya lebih suka makan dingin, segeerr πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹. Selamat mencoba mommies
Biji Salak Labu Kuning - Step 7
8
Pake es batu jadi makin segeeerrr πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹
Biji Salak Labu Kuning - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak labu kuning simple

Kolak biji salak labu kuning simple

Labu kuning adalah sayur kesukaan suamiku biasanya di oseng cukup dgn bwg putih dan bwg merah sering jg kuoleh menjd cemilan sore spt kue lapis atau puding dan kali ini ku kreasikan labu siam menjd kolak utk ikutan di #BancakanOnlineBarengCookpad karena saya pengen banget dapetin #eBook #GA_TheNextLevel

4 org
25 mnt
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Punya ubi ungu dari kapan tau secara gak punya ide untuk eksekusi. Kebetulan hari pertama puasa diberdayakan saja bikin biji salak ala setup aka kolak putih. Ini yang kupas ubi anak gadis, yang halusin ubi anak lanang dan yang bulet2in segede mata thanos mereka berdua, hahaha.....

Kolak biji salak campur pisang

Kolak biji salak campur pisang

2 hr lalu tuh bikin ubi rebus untuk cemilan sore tapi ga habis msh sisa 3 bh lg. Sy simpan d kulkas. Tdnya mau d angetin lg tp anak2 ga mau makannya. Malah minta d olah lg aja. Kebetulan punya pisang bangkahulu jg. Jd kita bikin kolak aja yg gampangπŸ˜πŸ˜‹

Bubur Jenang Candil / Biji Salak

Bubur Jenang Candil / Biji Salak

Cocok untuk berbuka puasa dan mudah dibuat

4 porsi
BURYAMGUNG alias Bubur Ayam Jagung

BURYAMGUNG alias Bubur Ayam Jagung

Cintaku habis cabut gigi mengeluh susah dan lama makannya. Besoknya mukanya bengkak karena alergi "SULFA" dan baru ketahuan. Harus minum degan hijau dan tidak makan sembarangan. Yaaah...baik mama dan anak tidak kerja dan tidak sekolah akhirnya. Apalagi yang bisa dilakukan mama selain membuatkan masakan yang sesuai kondisi namun tetap bergizi......

4 porsi
30 menit
Bubur ayam

Bubur ayam

Edisi hbis ganti braket...ada yg sakit...ga bisa makan keras2...ngelirik lah bubur ayam ala mba rachma esty ...tengkyu somuch mbaa

Biji Salak/Candil

Biji Salak/Candil

Ubi jalar orennya bisa diganti ubi jalar warna ungu ya

Kolak biji salak #ComboNgabibita_InStreetFood

Kolak biji salak #ComboNgabibita_InStreetFood

Kolak ini adalah hidangan buka puasa favorit di keluarga suami saya.. Jadi mau nggak mau harus belajar bikinnya... Tingkat kekenyalannya sesuai selera. Di resep saya ini, teksturnya agak kenyal, karena saya suka yg kenyal. Kalau tidak suka terlalu kenyal, bisa dikurangi jumlah tepung sagunya.

2 porsi
Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Pengen variasi dg ubi, biasanya sy membuat kolak tpi di modif menjadi bubur.

8 porsi
1 jam
Bua Loy (biji salak Thailand)

Bua Loy (biji salak Thailand)

Dessert ini mirip banget biji salak bedanya cuma ada isian unti kelapa jadi ga perlu lagi dimasak pake gula merah karena isiannya udah manis. Biasanya disajikan bersama kelapa muda kerok, tp biar ga doubleΒ² lemaknya, jadi saya ga pake kelapa muda. Resepnya nyontek dari mbak Ati Dewanthi @atidewdew Kebetulan ada sisa unti kelapa sisa buat dadar gulung, dan ada satu buah ubi rebus. Resep aslinya pake labu kuning. Bentuknya pun menyerupai labu, tapi karena permintaan bocil2 makanya saya buat bentuk macem2. Alhamdulillah ponakan ku suka..