Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Bua Loy (biji salak Thailand) yang Sempurna

Dipos pada September 9, 2018

Bua Loy (biji salak Thailand)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Bua Loy (biji salak Thailand) yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Bua Loy (biji salak Thailand) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bua Loy (biji salak Thailand), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Bua Loy (biji salak Thailand) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bua Loy (biji salak Thailand) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bua Loy (biji salak Thailand) memakai 13 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dessert ini mirip banget biji salak bedanya cuma ada isian unti kelapa jadi ga perlu lagi dimasak pake gula merah karena isiannya udah manis. Biasanya disajikan bersama kelapa muda kerok, tp biar ga doubleΒ² lemaknya, jadi saya ga pake kelapa muda. Resepnya nyontek dari mbak Ati Dewanthi @atidewdew Kebetulan ada sisa unti kelapa sisa buat dadar gulung, dan ada satu buah ubi rebus. Resep aslinya pake labu kuning. Bentuknya pun menyerupai labu, tapi karena permintaan bocil2 makanya saya buat bentuk macem2. Alhamdulillah ponakan ku suka..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bua Loy (biji salak Thailand):

  1. 1 buah ubi kuning rebus Ukuran besar
  2. 5 sdm tepung ketan (sesuaikan ukuran ubi)
  3. 1/2 sdt garam
  4. Secukupnya pewarna makanan
  5. Bahan Isian :
  6. Secukupnya unti kelapa
  7. Kuah :
  8. 300 ml santan sedang
  9. 2 SDM gula pasir
  10. 1/2 sdt garam
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Pelengkap:
  13. Kelapa muda kerok (me: skip)

Langkah-langkah untuk membuat Bua Loy (biji salak Thailand)

1
Haluskan ubi, campur dengan tepung dan garam. Uleni sampai kalis. Bagi jadi beberapa bagian dan beri pewarna makanan.
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 1
2
Buat bulatan, pipihkan lalu isi dengan unti. Bentuk sesuka hati.
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 2
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 2
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 2
3
Rebus di air mendidih sampai mengapung. Angkat dan masukkan ke air es. Tiriskan.
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 3
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 3
4
Buat kuahnya : campur semua bahan, lalu masak dengan api kecil sambil diaduk hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 4
5
Penyajian: susun Bua Loy di piring, siram dengan kuah. Sajikan hangat. Tambahkan kelapa muda kerok jika suka. Selamat mencoba.
Bua Loy (biji salak Thailand) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Sumsum Biji Salak Ungu

Bubur Sumsum Biji Salak Ungu

Virus yang lagi viral di grup @dkitcheners_ #dkitcheners_ #dirumahaja

Bubur Biji Salak

Bubur Biji Salak

Kata Bapak Suami, dia baru tau kalo bubur biji salak itu bukan dari biji salak beneran. Astaghfirullah. Siapa orang yang iseng ngumpulin biji buah salak coba? :"

2 porsi
30 menit
Biji salak / bubur cendil

Biji salak / bubur cendil

Wahh ini enak banget. Aslii.. Aku bukan pecinta biji salak. Tadinya emang aku gak begitu suka. Tapi entah kenapa kepengen bikin. Wkwkwk.. Dan ini hasilnya enak, kenyel dan rasanya sesuai lah sama lidah aku. Kuah gula merah hasilnya banyak yaa. Aku beli sekilo ubi baru kepake untuk 1 resep ini 270 gr. Akhirnya aku bikin lagi biji salaknya karena kuahnya masih banyak. Jadi resep ini kalo buat aku bisa buat 1 kg ubi kuning. Mantap lah pokoknya. Yuk cobain bikin.

MPASI 8+ BURYAM - Bubur Bayam

MPASI 8+ BURYAM - Bubur Bayam

Setelah sekian lama mogok makan nasi dan cuma ibuk kasih makan semaunya Khayra (labusiam rebus, ubi ungu rebus, telur dadar, labu parang rebus, dll serba rebusan thok) akhirnya kemaren ibuk coba kasih nasi lg dan Khayra mau! Yeay! πŸ™Œ bikin yg simple ga terlalu banyak campuran yg penting anaknya doyan dan mau mangap tanpa perlu liat ayam atau meong dulu hihii πŸ˜‰πŸ˜… cuss ya buibuuuu..

2 porsi
Biji salak bubur sumsum dengan santan Kara

Biji salak bubur sumsum dengan santan Kara

suka banget dengan cemilan ini... panas ataupun dingin sama enaknya. cuman susah sekali cari yang jual ini di surabaya. jadi terpaksa buat sendiri. Googling di cookpad akhirnya dpt resepnya @nining sari. enaaak hasilnya buatnya mudah dan cepat... bakalan sering buat ini, jadi perlu simpan resepnya hehehe. resep aslinya pakai santan asli dari kelapa, tp berhubung lg social distancing (alasan saja pdhl males xixixi) jd pake santan instan.

6 porsi
Kolak biji salak

Kolak biji salak

5 orang
60 menit
Bubur Ayam Oatmeal

Bubur Ayam Oatmeal

Lagi gak enak badan ujan lagi pengen anget2 tp sehat, bikin bubur oat cocokkk πŸ™ŒπŸ™Œ

2 orang
30 menit
Kolak biji salak

Kolak biji salak

Ini ennnak. Itu saja captionnya.. 😁😁😁

2 mangkuk
1 jam
Bubur ketan hitam & putih

Bubur ketan hitam & putih

Mumpung weekend nih, bikin bubur legendaris yuk, ketan hitam saya mix dengan ketan putih, kenapa agar lebih pekat ya teksturnya menurut saya sih, kalo ketan hitam aja kurang pekat/agak kepyar kalo orang Jawa bilang he..he..

Banyak
1 jam 30 menit
Biji Salak hijau

Biji Salak hijau

Buat biji salak karena pengen makan yg kenyal-kenyal dan manis akhirnya buatlah tapi kali ini biji salak yang saya buat di campur dengan kentang dan rasanya enak sprti biji salak biasanya (hasil inovasi sendiri)

4 orang
1 jam
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Tips: agar biji salak kenyal: antara ubi dan tepung tapioka 3:1 ya, contoh jika ubi 150 gr, tepung tapioka 50 gr (dari resep asli) Bahan saya sesuaikan dg ketersediaan bahan dirumah πŸ€— Ketika penyajian, kuah santan saya perbanyak ☺️ Source Cp Silvia Novi, terimakasih πŸ™β€οΈ https://cookpad.com/id/resep/12034279-biji-salak-ubi-ungu?invite_token=gLzvRFLyDqQm7K8tLMBKVEfU&shared_at=1619262864 #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Tidak ada ubi merah, ubi ungu pun jadilah 😁

4 orang
1 jam 30 menit
Bubur oat ayam mpasi 6+

Bubur oat ayam mpasi 6+

Niatnya sih habisin stok bahan-bahan di kulkas, g nyangka reaksinya bayi bikin geleng-geleng kepala, habis tanpa sisa😘

Bubur ayam super simpel

Bubur ayam super simpel

Sebenernya bubur ayam ini gak akan kalian dapatin dimanapun dan mungkin kalian baru tau bubur ayam seperti ini, tapi pertama kali saya coba bubur ini saya sangat suka sekali. Mama saya kalau lagi arisan selalu buat bubur ini untuk teman2 arisannya. Karena memang bahannya sangat simple dan gak ribet masaknya.. Bubur ini kemungkinan hanya sebagian besar orang dayak lundayeh yang tau.πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ Tapi aku mau berbagi resep ini, siapa tau kalian juga menyukainya, sama seperti saya saat pertama kali memakannya saya langsung sangat menyukainya. Siapa tau aja lidah kita sama 😝😝😝 Ini aku fotonya gak pinter jdi kaya keliatan biasa aja dan kurang menarik. Tapi karena aku pecinta makanan jadi bukan masalah tampilan yang aku berikan tapi masalah citarasa yang akan kalian dapatkan πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

4 porsi
30 menit
Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Punya ubi ungu dari kapan tau secara gak punya ide untuk eksekusi. Kebetulan hari pertama puasa diberdayakan saja bikin biji salak ala setup aka kolak putih. Ini yang kupas ubi anak gadis, yang halusin ubi anak lanang dan yang bulet2in segede mata thanos mereka berdua, hahaha.....

Biji salak ubi empuk maknyoss

Biji salak ubi empuk maknyoss

Wuihh.. lagi musim ujan begini.. enak nya makan kolak.. biji salak .. hmmm.. slurppp.. Kli ini saya pk tepung fibercreme sebagai pengganti santan.. Adapt dr resep ny Eunice & Euston #TiketGoldenBatikApron #TiketGoldenBatikApron

Jenang biji salak ubi kuning

Jenang biji salak ubi kuning

Cocok untuk buka puasa gengs yg pasti ga ribet juga πŸ˜„