Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ yang Enak

Dipos pada February 18, 2022

Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ memakai 23 jenis bahan dan 15 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasa kalau lebaran haji atau fitri pasti buat ini....buat menyambut saudara, teman dan kerabat yang main ke rumah...resep lontong yg super menul saya dapat dari mm Indah. Makasih mba. Sekarang saya jd bisa buat lontong yg benar2 anti gagal dan menul banget sesuai harapan saya. Untuk opor ayam sih gampang yaa...dan sebagian ibu2 di dapur pasti bisa buat ... tinggal menyesuaikan lidah masing2. Ini dia resepnya. Opor lontong ala mm yoga Ken Rey. (Karna anak saya 3 laki laki semua. namanya saya pakai semua. Hihihi....)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™:

  1. BAHAN "Lontong" :
  2. 2 liter Beras (beras tipe pulen kalau pengen hasilnya menul menul ya)
  3. 3 Papah Daun Pisang (jika metik sendiri, jika beli min. 7 lembar sebelum disobek sobek)
  4. Lidi atau tusuk gigi secukupnya
  5. Bahan Opor :
  6. 1 ekor Ayam (lebih enak ayam kampung tetapi ayam negeri pun tak apa)
  7. 1,5 liter Santan dari 1 kelapa
  8. 2 btg Serai
  9. 5 lb Daun jeruk
  10. 2 lb Daun Salam
  11. 6 cm Lengkuas
  12. 1 sdm Garam
  13. 1 sdt Gula
  14. Bawang goreng untuk taburan
  15. Kerupuk udang untuk teman opor
  16. Sambal (cabe merah dan bawang putih)
  17. Bumbu yg dihaluskan
  18. 1 sdm Merica /Lada
  19. 1 sdt Ketumbar
  20. 3 cm Kunyit
  21. 2 cm Jahe
  22. 2 btr Kemiri
  23. 5 siung bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™

1
Langkah membuat Lontong : cuci beras kemudian taruh di panci beri air, jarak beras dg air 1 ruas jari kelingking. Jerang diatas kompor dg api kecil. Aduk aduk agar jangan sampai gosong. Setelah air tinggal sedikit angkat. Tutup dengan tutup panci biarkan sampai 30 mnt agar air terserap semua ke nasi aron dan dingin.
2
Sembari menunggu nasi aron dingin, sobek sobek daun pisang dengan lebar kurang lebih antara 25 cm s.d 30 cm lalu lap dengan serbet.
3
Setelah nasi aron dingin bungkus dengan daun pisang dan semat dg lidi atau tusuk gigi. Ukuran diameter lontong disesuaikan dg selera masing masing. Lakukan sampai nasi aron habis.
4
Kemudian tata bakal lontong yg sudah dibungkus tadi kedalam panci yg besar. Beri air sampai bakal lontong tenggelam oleh air. Rebus sampai matang. Kurang lebih 2 jam. Jika sebelum 2 jam air habis. Beri air lagi. Tidak air panas tidak apa2.masak sampai matang. Lalu angkat dan tiriskan di wadah yg bolong2. Biarkan dingin.
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 4
5
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 5
6
Padat dan sangat menul...dan sehat...😍
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 6
7
Resep OPOR : cuci bersih ayam. Haluskan bumbu. Keprek lengkuas, serai. Sobek sobek daun jeruk dan daun salam.
8
Tumis bumbu halus dengan 5 sdm minyak sayur sampai harum dan agak kering agar kunyit benar2 matang. Jika kunyit tidak matang berefek opor akan bau kunyit mentah. Kemudian masukan serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam aduk sampai layu kemudian masukan ayam dan garam, aduk2 sampai ayam berubah warna.
9
Setelah ayam berubah warna masukan santan (jika mau antara santan kental dan santan encer dipisah, yg dimasukan lebih dulu santan cairnya baru setelah mendidih santan kental) aduk2 terus sampai mendidih dan tanak dan Ayam sudah nampak empuk. Beri gula. Icip icip dahulu. Jika dirasa sudah pas. Angkat.
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 9
10
Sambal opor : Rebus 20 bh cabe merah keriting dan 5 bh cabe rawit merah setelah empuk blender bersama 3 siung bawang putih dan beri 5 sdm minyak sayur dan setengah gelas air serta 1/2 sdt garam dan 1/4 gula. MemBlendernya jangan terlalu lembut. Kemudian taruh di wajan masak sampai air habis lalu beri minyak sayur 3 sdm lalu tumis sampai matang.
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 10
11
Opor ayam siap disajikan bersama lontong dan taburan bawang goreng serta dilengkapi kerupuk udang dan sambal.
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 11
12
Selamat recook...semoga bermanfaat. 😊
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 12
13
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 13
14
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 14
15
Perubahan gambar tgl 23 agustus 2018.
Opor Ayam LONTONG yummy..πŸ˜™ - Step 15

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Masih suka bingung masak antara opor ayam sama kare. Katanya kalo aku masak sama aja rasanya hehehe akhirnya ini brhasil bikin opor ayam sesuai keinginan yg tersayang πŸ˜€

6 porsi
Opor Ayam Sedap

Opor Ayam Sedap

Puasa hari pertama sahurnya masak opor ayam kampung 😍 Enakk banget sahur makan yang berkuah2 drpd goreng2an... πŸ˜‰ Resepnya menyesuaikan bahan yg ada d dapur aja. Niatnya mau ditambahin jinten dikit, tp gajadi ahh. Enak gini aja lbh simple... πŸ˜‹ CATATAN : KALO MENGHALUSKAN BUMBU PAKAI BLENDER JGN DITAMBAH AIR, DITAMBAH MINYAK 1 SENDOK AJA. Soalnya rasanya bakal beda klo ditambah air. πŸ˜‰ Ini resep opornya klo mau ditambah SEDIKIT lengkuas, pala dll yaa silahkan. Kalo akumah simple gini aja. hehe.. 😁

Opor ceker pressto no tumis

Opor ceker pressto no tumis

Ini kesukaan mas dan adek mau di gado atau buat lauk tetep enak. Tips agar kuah tidak mengental seperti gel karena ceker banyak mengandung colagen. Ceker direbus /atau di pressto dulu lalu dicuci bersih di air mengalir baru di olah.

4 porsi
30 menit
Opor ayam 😊😊

Opor ayam 😊😊

Tidak ada kisah dalam resep ini, lagi pengen aja...

(18).Opor Ayam

(18).Opor Ayam

Menu lebaran pertama setelah ganti status sebagai istri..bener2 masak sendiri..tp bumbunya tetep pake resep mama πŸ˜„πŸ˜„

Ayam Kampung Bumbu Lembaran (Opor Pedas)

Ayam Kampung Bumbu Lembaran (Opor Pedas)

Seperti resep sebelumnya sy posting "kembung bakar" bumbu nya sama. Cuma ini kuah santan. Bumbu banyak dan agak ribet. Tp rasa maknyus. πŸ˜πŸ–’

Tahu Terik

Tahu Terik

#bikinRamadhanBerkesan

Terik Ayam Tahu

Terik Ayam Tahu

{9 Juni 2017} Sudah beberapa hari rasanya selera makan lg kurang baik pengennya maem yg udah jadi tinggal ngemplok / bikinan orang xi2. Mau beli jg gimana ya jauh banget dari warung makan..kepikiran aja masak yg bisa naikin selera, akhirnya masak terik ayam buat ta'jilnya bikin kue latok. Terik ayam ada yg bilang jg ayam bumbu terik / opor putih..emang mirip opor bedanya kuahnya lebih kental dan berwarna putih.. Hampir lupa dicatat, ini ada tambahan tahunya..jadi tumben goreng tahu bulat buat anak2 eh g dimakan, jadi dicampur aja ke terik.

60 menit
Opor ayam

Opor ayam

Hari libur bikin masakan kesukaan anak2 nih...he..he.moodnya lg bagus nih emaknya...πŸ˜„karna masak ini enaknya harus lengkap lontong sama sambel gorengnya...lontong jg bikin sendiri lho...rasanya lebih enak pake daun pisangπŸ‘Œ

Opor Ayam #Bandung_RecookIndahTriwiartuti

Opor Ayam #Bandung_RecookIndahTriwiartuti

Menu favorite keluarga apalagi kalo ditambah sama telur puyuh 😍 terus opor ini gak afdol kayanya kalo makannya gak ditemenin sama lontong + kentang balado πŸ˜† . Source : Indah Triwiartuti

Opor ayam bumbu instant #BikinRamadhanBerkesan

Opor ayam bumbu instant #BikinRamadhanBerkesan

Tahun ini masak yang kilat-kilat aja deh, karena tahun ini punya bayi yang lagi lucu-lucunya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ ditinggal dikit manjat2 haduh adeeeek πŸ˜‚πŸ˜˜

Terik hupe

Terik hupe

Masak murah meriah buat mbah yg suka bantuin bersih bersih rumah... Terik hupe alias tahu tempe ☺️

Ayam kampung Opor kuning

Ayam kampung Opor kuning

Masakan khas dapur ku wkwkw

5porsi
Opor Ayam, Telur, Tahu

Opor Ayam, Telur, Tahu

Masih edisi bongkar resep lama. Dulu awal-awal nikah, suami buat challange untuk bikin opor ayam. Nemu resep simpel dari Mba Laras Astuti. Alhamdulillah suamiku suka dan minta lagi hehe..

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Sebelum nikah, kalau makan opor ayam pasti yang bumbu kuning. Malah baru tau kalau ada opor ayam putih itu setelah nikah hihihi.. Pas lihat nasi gudeg, kan ada opor ayamnya plusss kuah areh putih. Saya tadinya bingung, apaan tuh kok ayam berbumbu putih kental, belum pernah lihat sebelumnya πŸ€” Owalah ternyata opor ayam tho.. bedanya dengan opor kuning hanya pemakaian kunyit saja. Opor putih tidak pakai kunyit. Cuss eksekusi πŸ˜—

10 potong
1 jam