Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam yang Enak

Dipos pada February 20, 2022

Opor Ayam

Bagaimana membuat Opor Ayam yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 16 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. 1/2 kg ayam potong
  2. 3 buah tahu putih
  3. 1 liter santan
  4. ๐Ÿ’ฆBumbu yg dihaluskan:
  5. 2 siung bawang merah
  6. 2 siung bawang putih
  7. 1 butir kemiri
  8. Sejumput merica dan ketumbar
  9. Sejumput garam
  10. Seruas kunyit
  11. Seruas lengkuas
  12. ๐Ÿ’ฆBumbu lain:
  13. 1 batang serei
  14. 2 lembar salam
  15. 1 sdt gula pasir
  16. secukupnya Royco

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Rebus daging ayam sampai matang. Siapkan bahan, uleg bumbu halusnya.
2
Tumis bumbu hingga matang dan harum, masukkan jg serei dan daun salam beri sedikit air masukkan daging biarkan hingga menyusut dan meresap.
Opor Ayam - Step 2
3
Setelah menyusut dan meresap masukkan santan dan tahu yg telah dipotong2.. Aduk2, masak hingga matang dan menyusut/mengental kuahnya. Cek rasa, tambahkan gula dan royco.
Opor Ayam - Step 3
4
Setelah matang matikan kompor, siap disajikan. Taburi bawang goreng di atasnya. Selamat menikmati.
Opor Ayam - Step 4
5
Nyammi.. Endesss๐Ÿ˜˜
Opor Ayam - Step 5
6
Laris manisss
Opor Ayam - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam tempo dulu

Opor ayam tempo dulu

Cocoknya sama ketupat...yg pasti karena lebaran idul adha

Terik daging dan telur

Terik daging dan telur

Masakan berkuah dengan citarasa gurih menggoda...cocok untuk anak2 karena tidak pedas....bagi yg suka pedas, nikmati masakan ini dengan sambal terasi dan sepiring nasi putih hangat....wuissshhh...nikmat banget, selamat mencoba ๐Ÿ˜Š

Opor Ayam Simple dan Enak

Opor Ayam Simple dan Enak

(20) #BikinRamadanBerkesan Masakan khas yang hampir selalu ada di raya๐Ÿ˜‹ Resepnya simple dan rasanya enak. Suami dan anak ku suka pake banget.

45 menit
Opor Ayam AlaAlaqu

Opor Ayam AlaAlaqu

Lagi pingin lauk bersantan๐Ÿ˜Š

Opor Ayam Telur Puyuh Sederhana & Simple

Opor Ayam Telur Puyuh Sederhana & Simple

Menu kesukaaan kiddo dengan bahan yg sederhana, simple tapi lezat, dicoba yuukk moms ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Ikan Mas Opor Kuning

Ikan Mas Opor Kuning

Resep warisan dr mama tersayang ๐Ÿ˜

Opor Labu Siam #BikinRamadanBerkesan

Opor Labu Siam #BikinRamadanBerkesan

Rekomendasi temen bumbu racik opor di pasar langganan dia enak, ternyata mantap.....

Opor tahu telor

Opor tahu telor

Olahan tahu dan telor selain disemur ya dibuat opor, menu yang simple dan bergizi pastinya. Saya yakin di seluruh Indonesia punya menu opor tapi dengan beraneka bumbu rempah dah cara pengolahan ya berbeda2 sesuai daerah masing-masing, resep ini perpaduan Jawa dan Betawi ala sayah. ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹

Opor ayam kampung dadakan

Opor ayam kampung dadakan

Jadi ceritanya mau bikin opor ayam pake bumbu jadi...karna lebih simple tinggal tambah2in dikit... eeee dodo eeee ternyata bukan aku aja yg mau pake bumbu jadi tapi ternyataa di swalayan habiss semuanyaaa๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ pada akhirnya bikin bumbu sendiriii dehh...

8-10porsi
Opor Jawa #BikinRamadanBerkesan

Opor Jawa #BikinRamadanBerkesan

16-5-2018 Resep ini dpt dr buku Bento by cici Irene udaah lama banget. Bikin Bento nya gaa prnh dipraktekin abisan si Alif gaa suka makanan dibentuk macemยฒ ๐Ÿ˜‚. Alhasil bento tools nya msk kotak penyimpanan dan gaa pernah dijamah lg ๐Ÿ˜ฅ. Padahal ngumpulin nya terseok-seok nyicil karna waktu itu jarangโ€‹ toko yg jual. Adanya cm di Blok M sm mall Artha gading ๐Ÿ˜ญ. Yowiiss laah... Uuppss ๐Ÿ˜ท knp jd curcol ginii... Sepertinya resep ini bakal jd menu favorit ibun deeh di Ramadhan thn ini seperti tahunยฒ sblm nya karena simple #BikinRamadanBerkesan Cuuss ke resep yaak ๐Ÿ˜‚

4 porsi
40 menit
Opor ayam dan telur

Opor ayam dan telur

Makanan kesukaan anak2. Bisa benwr2 nambah2 trus klo mamanya masak ini. Dan lagi2 maafkan krn foto pas masih di panci. Hehe.

Opor ayam tempe bumbu kuning

Opor ayam tempe bumbu kuning

Pengin opor akhirnya masak dech

1 Porsi
1/2 Jam
Gule / opor ayam

Gule / opor ayam

Ga bisa bedain mana gule mana opor karna bumbunya kaya nya sama aja ๐Ÿ˜‚ yg penting suami suka dan lahap makannya ๐Ÿ˜˜ disini saya pake sayuran biar seimbang gizi nya karna suami juga suka sayur . Boleh diganti pakai tahu atau tidak sama sekali.

6 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Menu sahur saya ๐Ÿ˜‰ lawan ny emping petai goreng sambal belacan an daun ubi. Opor ny enak bun lemak ny nendang loh. Ap lg d tmani petai wes laju makan ny ๐Ÿ˜‚