Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) yang Sempurna

Dipos pada February 27, 2022

Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca)

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan lg hamil dan ngidam bgt pingin makan opor ayam masakan mamah, kebetulan mama jauh jadi inisiatip deh nyoba bikin sendiri

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca):

  1. 1 Ekor ayam negri
  2. 2 Siung Daun Bawang
  3. 2 Siung Kunyit
  4. 1 Siung Kencur
  5. 4 Siung Bawang Putih
  6. 10 Siung Bawang Merah
  7. 4 Siung Ketumbar
  8. 1 Siung Sereh
  9. 4 Siung Cabai (tergantung selera)
  10. 1/2 lemon (boleh pakai boleh tidak)
  11. 3 Helai Daun Jeruk
  12. 3 Helai Daun Salam
  13. 1 Papan Tempe Yang Sudah di Potong Dadu
  14. 2 Santan Kara
  15. 1 Bungkus Merica Bubuk
  16. Garam
  17. Penyedap Rasa (boleh royco atau masako)

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca)

1
Cuci bersih ayam yang sudah dipotong lalu rebus ayam selama kurang lebih 15 menit,jgn sampai airnya abis dalam rebusan tersebut,kalau saya merebusnya ditambahkan perasan jeruk lemon (boleh pakai boleh tidak ya sebab tergantung selera). (setelah 15 menit Pisahkan ayam dan airnya ditempat yg berbeda karna airnya berguna untuk dicampurkan didalam masakan sebagai kaldu).
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 1
2
Siapkan bumbu untuk dihaluskan: Kunyit, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan cabai (sesuai selera). Geprek jahe&kencur.
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 2
3
Jika setelah 15 menit,angkat ayam yg sudah direbus, pisahkan ayam dan airnya karna berguna untuk kaldunya untuk dimasak kedalam opornya nanti.
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 3
4
Panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu yg sudah dihaluskan tadi, masukan juga daun jeruk, sereh yg sudah digeprek, jahe&kencur yg jg sudah digeprek dan daun salam, tumis hingga harum
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 4
5
Jika sudah harum, masukan ayam yg sudah direbus tadi, aduk hingga merata.
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 5
6
Jika ayam sudah diaduk merata dg bumbu lalu masukan air rebusan ayam yg tadi sudah dipisahkan, tambahkan juga air matang untuk menambahkan air dalam masakannya. Tunggu hingga mendidih.
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 6
7
Jika sudah mendidih masakannya masukan tempe yg sudah dipotong dadu,tunggu bbrpa menit agar tempenya matang dalam opor tersebut. Jika sudah dirasa sudah matang dalam rebusan masukan santan kara, garam, lada bubuk, penyedap & daun bawang. Tunggu beberapa saat lalu tes rasa.
Opor Ayam Campur Tempe (tinggalkan like jika baca) - Step 7
8
Alhamdulillah selesai. Hidangkan untuk keluarga tercinta :)

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
opor ayam kampung perdana

opor ayam kampung perdana

ini pertama kali saya masak opor ayam...ceritanya mbak sayur merayu untuk beli ayam kampungnya..berhubung bapak saya suka ayam kampung dan santan jadilah mencari2 resep dan ketemulah di blog just try and taste mba endang..emang enakkk

Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Terik Daging Sapi, Tahu, Telur

Setelah sekian lama ada di daftar cookmark, baru kesampaian dieksekusi πŸ˜…. Beda di metode masak. Saya pakai pressure cooker supaya lebih cepat empuk dagingnya. Jadi santan masuk terakhir. thank u ci tintin cantik, ini endeus bingiiiit πŸ‘ŒπŸ‘

Opor rasa rendang

Opor rasa rendang

Tadinya mau bikin rendang tapi malah jadinya oporπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Simple Opor Ayam

Simple Opor Ayam

Dingin dingin masak santan yang berkuah... Sedap betul.. πŸ˜šπŸ˜šπŸ‘πŸ½

4 porsi
30 menit
Tempe Bumbu Terik

Tempe Bumbu Terik

Dulu sering dimasakkan alm. nenek. Tidak melulu memakai tempe, kadang juga daging atau tahu. Enak bgt.

5 porsi
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

Resep ibu.. gara" anak minta bekal opor ayam.. jadi nelfon ibu pagi" dikasih resep ini.. untuk rasa dijamin ulala.. selamat mencoba.. 😘

Opor ayam special ala siti

Opor ayam special ala siti

suami lgi pgen ayam yg berkuah alhasil q buatkan opor maemnya lahap bget sampai nambah nasi

6 porsi
30 menit
Spaghetti Opor Ayam

Spaghetti Opor Ayam

#PejuangGoldenApron3

Opor Ayam

Opor Ayam

Ada teman yg lg punya hajat sunatan dan minta tolong di buatkan menu opor ayam untuk makan para tamu undangan. Sebenarnya agak takut jg sih terima orderan dlm jumlah besar πŸ˜€πŸ˜€. Tp Alhamdulillah sukses membuat tuan rumah dan para tamu undangan puas dg masakan sy πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€.

1 kg
Opor ayam telur simple

Opor ayam telur simple

Awal pernah buat opor dg bumbu jadi tapi hasilnya kurang mantap.. Alhasil aq cri2 resep yg simpel n aq recook dg bumbu seadanya jadilah opor istimewa n suami sukaa

Opor Ayam Sahabat Rafa

Opor Ayam Sahabat Rafa

opor ayam..alhasil nikmat n nyummi dihidangkan tuk keluarga 😍

Opor ayam presto bumbu merah

Opor ayam presto bumbu merah

Bosen sama opor putih sama kuning. Kali ini mau bikin opor bumbu merah , tapi ttp gak pedes lho.. mski trlihat merah... menu yang satu ini salah satu fav keluarga kami... pokoknya lahap semua kalo lg ngopor. Apalgi si adek keluar masuk sll nyomot ayam ..di gondolin terus hehehe..

Opor ayam & tempe

Opor ayam & tempe

Udh sering buat opor ayam tp ni yg paliiing mantaaaf seger kuahnya kental, harumnya jg nampool bgt kemana" hehe krn pke kelapa asli jd nambah gurih klo resep yg sblumnya versi simple tp rasa tetap okelahπŸ˜† bahan serba ganjil krn Allah SWT suka yg ganjil" πŸ˜πŸ˜™ #yg suka pedas bs ditambah cabenya yah

Opor ayam putih

Opor ayam putih

Resep ini merupakan gabungan dari resep-resep favorit saya. Pala, jinten, cengkeh dan daun jeruk memberikan cita rasa yang sangat membuat resep opor ini berbeda dari resep-resep yang lain. Kunci dari masakan ini adalah takaran garam dan gula yg tepat. Jangan memasaknya terlalu kental, matikan api sesaat sebelum kuahnya mengental karena akan mengental saat opornya dingin.

4 - 6 porsi
60 menit
Opor ayam seadanya

Opor ayam seadanya

Memanfaatkan bumbu yg tersisa d kulkasπŸ˜‚πŸ˜

2 porsi