Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Simple Opor Ayam yang Lezat

Dipos pada February 28, 2022

Simple Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Simple Opor Ayam yang praktis Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Simple Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Simple Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Simple Opor Ayam ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Simple Opor Ayam sekitar 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Simple Opor Ayam diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Simple Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Simple Opor Ayam memakai 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dingin dingin masak santan yang berkuah... Sedap betul.. πŸ˜šπŸ˜šπŸ‘πŸ½

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Simple Opor Ayam:

  1. 4 ptg Ayam
  2. 1 bgks bumbu opor (saya pakai indofood)
  3. 2-3 gls Air putih
  4. 2 sdt garam
  5. 1 sdt gula
  6. Bawang goreng
  7. Bumbu halus :
  8. 1 sdm lada
  9. 1 sdm ketumbar
  10. 2 batang sereh
  11. 1 lmbar daun salam
  12. 2 siung bawang putih

Langkah-langkah untuk membuat Simple Opor Ayam

1
Siapkan bumbu yg sudah di haluskan, geprek sereh.
2
Cuci ayam, dan panaskan minyak, bumbu opor cepat saji (indofood) dan bumbu halus. Tunggu hingga harum.
3
Jika bumbu sudah wangi/matang, masukan ayam dan air putih sebanyak 2-3 gelas (sampai ayam terrendam)
4
Sampai ayam berubah warna dan matang. Masukan garam dan gula aduk hingga rata.
5
Sudah matang taburkan Bawang goreng. Dan siap untuk di sajikan dan di santap.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam dgn Telurnya ditambah Tahu

Opor Ayam dgn Telurnya ditambah Tahu

Dah lama g masak opor. Ayam goreng terus bosen jg yaaa... Cuzz di olah deh... πŸ˜‰

5 porsi
Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Ceritanya suami pengen banget makan masakan masa kecilnya, sedangkan di Jakarta gak pernah nemu ini opor ayam. Saya coba masak. Dan rasanya enak, persis kayak masakan waktu kecilnya.

8 porsi
Ayam Lodho Rasa Opor Kare

Ayam Lodho Rasa Opor Kare

Kangen masakan Trenggalek yaitu LODHO.. nyam nyam.. ayam kampung yang dipanggang terus dimasak pakek kuah yang khas enaaak bangetttt.. kepikiran pingin buat.. nyari2 resep terus dieksekusi deh. Tapi sayang di Kediri susyaah cari ayam kampung jadinya deh ayam potong.. 😊setelah jadi hasilnya tidak seperti lodho.. malah seperti opor ayam dan kare ayam.. tapi enak sih . Dapat pujian suami juga tadi.. yah namanya belajar yaa..

10 porsi
60 menit
Terik tempe

Terik tempe

Tempe mulu yaa wkwk gpp adanya di kulkas, sbnrnya isinya bisa divariasi misal ditambah tahu.. Daging juga enak. Terik sm opor hampir sama ya bumbunya cmn kalo terik biasanya manis (eyang aku sih bikinnya gitu) trs ga pake kunyit. Resepnya gabungan dari eyang sm ibu yg sedikit disesuaikan sama bahan yg ada di rmh. Semoga menginspirasi ya, mudah kok bikinnya. πŸ˜πŸ‘πŸ»

2 porsi
20 menit
Opor Ayam Labu Siam

Opor Ayam Labu Siam

Opornya ga pedas ya... Supaya praktis pedas2nya (rawit utuh) di jadikan satu, jadi tidak usah buat sambal lagi. Jika ingin pedas tinggal penyet cabenya. Labu atau waluhnya ditaburi garam setelah di kupas dan diserut bentuk korek kemudian remas2 hingga layu, cuci kembali dan tiriskan. Cara ini dilakukan agar labu atau waluh ketika di masak tidak mudah hancur...ok langsung di coba ya resepnyaπŸ˜†

Oo OpOr Ayam

Oo OpOr Ayam

Sikecil sama ayahnya sukaaa bgt kalo dibikinin opor...makannya bisa nambah terus... Teruuuuuus... Nih dia resep opornya..

45 menit
Opor ayam simple no ribet

Opor ayam simple no ribet

Hari minggu masak simple aja gak mau ribet, bahan2 pun seadanya dan ukuranpun sesuai selera aja

Opor Telur Tahu GampiL

Opor Telur Tahu GampiL

Kemaren beli opor tahu di warteg trus kakak n my baby doyan.. Yasudd, pagi2 masih belekan kabur ke warung sayur blanja buat masak ni resep.. Laah benerr, baru mateng langsung disosor baee.. Hyuukk cuuss ahh..

Lontong Opor Endesss

Lontong Opor Endesss

Masak opor ayam seperti biasa (resep opor udah pernah aku share yaa guys.. monggo di cek saja pasti ketemu πŸ˜‰) yg beda kali ini adalahhh.. LONTONG ! 😁😁 LAMA saya gag makan lontong.. kebayang makan opor pake lontong pasti endesss.. tapi hujan gag bisa keluar beli daun pisang.. yasudaaa TERPAKSA pakai plastik. Suami sempet komentar.. kok pake plastik mah? πŸ€” Ya ku jawab.. seadanya yah.. sekali sekali lah.. simple easy and yummy.. cusss di simak dan di coba yaa guys.. 😚😚

4 porsi besar
90 menit
Opor Bebek Bumbu Kuning

Opor Bebek Bumbu Kuning

Hari ini lagi pengen olahan bebek... kebetulan punya bebek dikandang belakang rumah potong atu gak papa kali yah 😁😁😁

8 porsi
45 menit
Ikan Tengiri Masak Opor

Ikan Tengiri Masak Opor

Ini menu MPASI untuk anak saya usia 14 bulan. Alhamdulilah, suka banget makan ini. Bisa di coba nih moms buat anak. Selain pakai ayam, pakai ikan tengiri juga enak. Seger πŸ‘

Opor ikan tenggiri sederhana

Opor ikan tenggiri sederhana

Lg kangen masakan rmh,trus kepikiran masak opor ikan dgn bumbu seadanya pas mateng lgsg makan deh

3 porsi
20 menit
Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

15 porsi
180 menit