Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Tahu yang Lezat

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam Tahu

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Tahu yang pasti lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam Tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Tahu di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Tahu memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Tahu:

  1. 1/2 kg ayam
  2. 1 buah tahu putih besar
  3. Bumbu halus :
  4. 4 siung bawang putih
  5. 3 siung bawang merah
  6. 3 potong kemiri
  7. 1 sdt ebi
  8. 1 sdt merica
  9. 1/2 sdt ketumbar
  10. 2 cabe merah besar
  11. Seruas kunyit
  12. Secukupnya gula & garam
  13. 1 sachet santan kara
  14. 1 sachet kaldu bubuk
  15. Bumbu pelengkap :
  16. 2 buah daun salam
  17. 2 buah daun jeruk
  18. Lengkuas
  19. 1 batang serai geprek

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Tahu

1
Potong2 ayam..lalu cuci bersih
2
Potong tahu kotak² (sesuai selera)
3
Rebus ayam..sambil menunggu uleg semua bumbu halus nya
4
Rebus ayam nya ga sampai mendidih ya sist..cuma untuk ngilangin bau aja..(klo ini sih optional) trus rebus lagi ayam dgn air yg baru.
5
Masukan tahu dan semua bumbu halus serta bumbu pelengkap ke dalam rebusan ayam..masukan gula garam..kaldu bubuk..aduk2
6
Setelah ayam empuk,,masukan kara lalu aduk lagi tunggu hingga mendidih lagi.tes rasa ya sist...lalu angkat..taburi bawang goreng.. Sajikan😉

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Pengen masak yg praktis dan anak2 suka... Di kulkas kebetulan punya ayam.....

2 porsi
30 menit
30. Telur Masak Opor Pedas

30. Telur Masak Opor Pedas

Hari minggu Mbak yang biasa bantu-bantu di rumah libur, kebetulan juga saya pas lagi malas belanja keluar. Saya lihat masih ada banyak stok telur di dapur, bumbu-bumbu juga masih lengkap. Gak pake bingung-lah, Bunda kreatif selalu ada ide 😊 Langsung aja eksekusi bikin olahan telur. Resepnya gak beda jauh dari resep Ibu di kampung. Bedanya hanya pada penambahan cabe rawit saja, karena keluarg saya paling doyan pedes. Jadilah si Telur Masak Opor Pedas. Masaknya cepet, rasanya ... "Pasti lezat lah", itu sih kata anak-anak, hehehe 😊

6 porsi
30 menit
Opor Telur Kentang😋

Opor Telur Kentang😋

Anak anak suka makan opor yg super gampang ini,mama nya seneng aja masak...tinggal cemplung cemplung...😂

Ketupat Kuah Opor Kuning

Ketupat Kuah Opor Kuning

Sebelum berangkat upacara hari kesaktian pancasila td pagi ada yg ngodeee...pulang upacara enak kali yaa mih makan ketupat pke opor...hahhhhaa...niat hati weekend kali ini mau nyantaiii, istirahat dr dunia masak memasak tp apalah dayaku klo bapak negara udh ngodeee...g berani nolak takut g dikasih duit bulanan😜😜😜akhirnya plng upacara di polres langsung ngacirrr ke pasar...nyampe pasar udh siang 😤😤😤 g kebayang ntr mateng jam berapa, yowes akhirnya aku putuskan kuah ketupatnya pake kuah opor aja, g usah pke sayur2 ketupat segala...kelamaan nti masaknya...😂😂😂kuah opornya aku buat agak encer klo kekentelan yg ada nti malah enek sama santan...

Opor pisang plus Sambel Pisang

Opor pisang plus Sambel Pisang

Hari ini tema masakannya adalah pisang, semua saya masak menggunakan pisang yang sederhana dan murah dengan menggunakan bumbu yang ada saja, sederhana tapi rasanya juara dech. Silahkan dicoba.

3 porsi
55 menit
Opor labu putih + tempe

Opor labu putih + tempe

Bete mau ngapain.. akhirnya iseng2 deh masak ..lumayan kn berbagi pengalaman hehe

Lontong opor

Lontong opor

latepost😂😂

Opor ayam

Opor ayam

2 porsi
1 jam
Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Mau lebaran haji ceritanya, jadi kita masak opor yu

40 menit
Opor ayam telor tahu praktis

Opor ayam telor tahu praktis

Opor yang saya buat cenderung putih krn tdk menggunakan kunyit.bumbu uleknya pun praktis.

5 porsi
Opor telor tahu #BikinRamadhanBerkesan

Opor telor tahu #BikinRamadhanBerkesan

1.Dr pagi siang sore kepengen banget upload ikutan senin semangat meramaikan event2 d cookpad...ttp berharap jg dpt celemek sakti yg bikin berasa jd prestasi gitu klo punya 😂😂 walaupun kemungkinan agak kecil pede aja deh hahaha..meramaikan menyambut #bulansuciramadhan .. Mdh2an resep nya bermanfaat#BikinRamadhanBerkesan #seninsemangat

Opor Ayam

Opor Ayam

6 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ini opor ayam resep dari nyonya besar, resepnya sih simpel (menurut nina yaaa) hehehe. Suegeer hehe, yuk monggo dieksekusi. Untuk jumlah berapa ml santennya sesuai selera ya bukibuk. Kalo suka kentel ya santennya dibanyakin airnya dikurangin, kalo suka encer kaya nina ya santannya dikit aja.