Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 23, 2022

Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅)

Bagaimana membuat Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini masak edisi ngasal bu ibu, bingung ceritane punya nangka 1 bungkus yang udah dipotong2 ma penjualnya kita tinggal ngerebus + dicuci bersih lagi sebelum diolah, mau dimasak apa ya??? Diolah jadi gudeg udah pernah, disayuran kaya rumah makan padang ya udah (resep keduanya sudah saya share) ya wis lah tak opor wae. Dicampur 2 ceker, 1 pala ayam ma kerongkongan ayam, jadi deh tuh opor ala saya. Tapi kata pak suami ma 2 jagoanku enak, alhamdulilah yang penting keluargaku suka. Ini resep opor ala emak aku ya, dimasak versi anake tapi sekarang 😊😊. Ini resepnya semoga bermanfaat.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅):

  1. 670 gr nangka muda (adanya segitu 😊😊)
  2. 2 buah ceker, sudah direbus
  3. 1 buah kepala ayam, sudah direbus
  4. 1 buah kerongkongan ayam, sudah direbus
  5. Bumbu halus :
  6. 9 buah bawang merah
  7. 3 siung bawang putih
  8. 1 sdt lada butiran
  9. 1 sdm ketumbar butiran
  10. 1 buah kemiri
  11. 1 cm kunyit
  12. 1 ruas jari jahe
  13. 1 batang sereh, geprek
  14. 1 lembar daun salam
  15. 2 lembar daun jeruk, buang tulang
  16. 1 ruas jari lengkuas, geprek
  17. 1 sachet santan instan (65 gr santan instan+200 ml air)
  18. 1500 ml air kurang lebih
  19. 2 sdm gula pasir
  20. 1 sdt garam
  21. Sesuai selera kaldu bubuk rasa ayam

Langkah-langkah untuk membuat Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅)

1
Nangka tidak usah dicuci dulu ya, langsung direbus diair mendidih yang sudah dicampur 1 sdm minyak goreng. Rebus sampai empuk, angkat, tiriskan. Setelah dingin,nangka rebus baru dicuci bersih, tiriskan. NB : saya baca tips ini di Resep Koki : "Tak perlu mencuci nangka, agar menghasilkan rasa yang lebih gurih dan enak".
2
Tumis bumbu halus hingga harum, baru masukan daun salam, sereh, daun jeruk, lengkuas, aduk rata sampai bumbu matang.
3
Lalu masukan potongan ayam, aduk rata,beri air 200 ml diambil dari air yang 1500 ml, aduk rata. Biarkan sampai mendidih.
Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) - Step 3
4
Rebus sisa air kurang lebih 1300 ml dipanci sampai mendidih, setelah mendidih masukan tumisan bumbu + ayam, aduk rata. Biarkan mendidih kembali lalu bumbui garam, gula dan kaldu bubuk rasa ayam, tes rasa.
5
Jika sudah pas, baru nangka dan larutan santan + air dimasukan, aduk rata. Sampai mendidih kembali. Angkat, sajikan.
Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) - Step 5
6
Ini santan instan yang sudah dilarutkan dengan 200 ml air, 😊😊
Opor Nangka + Ayam (sedikit 😅😅) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

OPOR Ayam Kampung

OPOR Ayam Kampung

#1 #BikinramadhanBerkesan Endolmarendollllll alamak.. Pagi kepasar niat banget bikin opor untuk request KK buat menu sahur nanti,ini puasa Pertama Kaka diumur 7th semoga bisa full 30hari.. Masaknya ga butuh waktu lama karena ayamnya ga tua2 bgt cukup air santan encer yg menutupi(Merendam) ayam 😁😁 #Semoga ibadah bulan suci nanti kita semua diberi sehat & puasanya diterima Allah.. amiin

1porsi besar
Opor Ayam

Opor Ayam

Dah lama gak nulis resep..fokus diet pemirsa..hi3..nanti dekat2 hari imlek baru tulis resep2 kue yang nanti sedang dibuat. Ohya..buat opor ini ayamnya saya goreng dulu..karna anak2 pada gak suka kalau ayam gak ada garing-garingnya.

Opor Ayam ala Ria

Opor Ayam ala Ria

Masakan yang selalu hadir saat hari raya.. bahkan saat pengen menikmati menu ayam pun.. masakan ini selalu jadi number one 😀.. mudah diolah dan bumbunya pun selalu ready di my kitchen hehe..

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Kerana nemu opor cuma saat lebaran, maka dari itu pas tiba-tiba ingin opor langsung cusssss masak 😆 #5resepterbaruku

2 porsi
Opor Ayam ala Rumah Makan Gudeg Yu Nap

Opor Ayam ala Rumah Makan Gudeg Yu Nap

Aroma Ramadhan udah semerbak, yaa mak .. Jadi deg-degan bahagia, maa syaa Allaah. Pemanasan dulu neh bikin opor ayam, biar luwes ntar nyiapin menu buka puasa buat keluarga .. 😅

Opor Ayam Tahu #olahan kelapa

Opor Ayam Tahu #olahan kelapa

Request pak suami.. Kesukaan anak2 jg, semuanya jadi lahap makannya...

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ceritanya Ibu pengen nih sekali2 dmasakin yang gak pedes. Jadi aku pilih aja opor ayam

Terik Ayam & Telur

Terik Ayam & Telur

2 porsi
30 menit
Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Opor Ayam #BikinRamadhanBerkesan

Beberapa hari lalu aku baru aja mudik kerumah. Pas waktu sampe rumah mama udah ready mau masak buat buka, dan mama request aku yg masak bikin opor ayam. Yaa itung itung trial buat nanti lebaran yaa 😂 hehe. Begitu jadi udah mepet banget buka dan kebetulan aku ada temen yg kerumah jadi gak sempet fotoin dulu hasil masakannya. Waktu udah beres makan, bener-bener baru inget dan cuman tinggal 1 potong ayam dan kuahnya yg tinggal dikit yaa alhasil fotonya cuman gini aja, but alhamdulillah semua orang suka sama masakanku terutama papaku yg agak rewel kalo urusan masakan wkwk. So, dari pada banyak cerita cobain deh bikin opor ayam ala aku ini buat inspirasi masak lebaran nanti hehe Jangan luoa share recook kalian yaa Hope you enjoy ❤️

Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

Sy klo bikin opor biasanya suka pke bumbu instant, tp dikomplain mulu sama pak suami katanya krg ini lah krg itu lah.. jd skrg Sy coba bumbu instant tambah bumbu lg biar lbh enak dan ada pedes nya jg hhmmm rasanya makin mantaap. pak suami sukaaa bgt, rasanya pas katanya. Senangnya krn ga ada komplainan lg hehe...

Opor Ayam

Opor Ayam

Ahad yang cerah. 🔆 Hari ini suami minta dibuatkan opor ayam. Masih resep dari mama. Mari memasak. ^^

5-10 porsi
Opor Ayam Sederhana Simpel

Opor Ayam Sederhana Simpel

Kedoyanan bayik

Opor ayam

Opor ayam

Kurang lengkap kalo lebaran ga bikin opor sama lontong ya bund....😁😁

Opor Ayam & Pepaya Muda

Opor Ayam & Pepaya Muda

Makanan favorit suami kalau pulang kampung. Dimasakin bu mertua opor ayam dicampur dengan pepaya muda yang masih hijau. Nah ini berhubung pepayanya cuma ada 2 potong, saya tambahkan kentang didalamnya.

5 porsi
Opor A.T.T #prRamadhan_masakbesar #BikinRamadanBerkesan

Opor A.T.T #prRamadhan_masakbesar #BikinRamadanBerkesan

Day 28 Mengejar celemek sakti. Assalamu'alaikum. Resep ke 28 ngopor ayam telur dan tahu. Masak opor ini jadi kangen sama mamah & bapak. Jadi pengen cepet2 pulang. Semoga bermanfaat 🙏. #bikinramadanberkesan.