Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam yang Enak

Dipos pada February 23, 2022

Opor Ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Ayam yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Opor Ayam yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masih suka masakan nusantara. Bahan nya g susah di cari kokπŸ˜†πŸ˜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam:

  1. Bahan :
  2. 1/2 Kg Ayam yg dadanya
  3. 3 kotak santan kara yg segitiga
  4. Secukupnya Minyak Makan
  5. Secukupnya Air Mineral
  6. Bumbu Halus :
  7. 8 siung Bawang Merah
  8. 4 siung Bawang Putih
  9. 1 buah Tomat kecil yg merah
  10. 1 cm Jahe
  11. 1 cm Kunyit
  12. 2 biji Kemiri
  13. 2 biji Lombok Besar
  14. 1 kelingking Serai di geprek
  15. 3 Lembar Daun Jeruk Purut
  16. Secukupnya Gula, Garam dan Vetsin

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam

1
Ayam di rebus terlebih dahulu dgn bumbu agar gurih. Bumbu halus tersebut yaitu : 6 siung B. Merah, 3 siung B. Putih, 1 cm jahe. 1 cm kunyit. Garam vetsin secukupnya. Serai di geprak dan 3 lembar daun jeruk purut. Masukan 600 ml Air di panci utk merebus. Ayam di rebus hingga bumbu meresap dan empuk. Angkat. Tiriskan, lalu goreng setengah matang. Sisihkan.
2
Siapkan wajan utk menumis bumbu halus hingga harum. Masukan serai dan daun jeruk purut. Masukan ayam yang di goreng stgj matang td tambahkn air 250 ml. Tunggu hingga mendidih.
3
Masukan santan kental. Aduk. Jangan sampai pecah santannya. Tunggu hingga meletup". Cek rasa. Jika sudah pas. Angkat. Sajikan.
Opor Ayam - Step 3
4
Oh ya saya tambahin telur yg ud rebus. Biar pas ada ayam dan ada telur nya jugaπŸ˜†

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan

Opor ayam tempe santan putih #bikinramadanberkesan

23.mei.18 #bikinramadhanberkesan Opor ayam favoritnya anak2 mau gulai mau soto bumbunya yg lengkap ank suka banget ap lagi mknnya pake lontong. Bisa betambah2 makannya...lahaaap bgt. Kali ini nyobain resep tmn2 cookpad. Source:

Opor ayam kuah Susu... πŸ₯πŸ“πŸΆ

Opor ayam kuah Susu... πŸ₯πŸ“πŸΆ

Berhubung ga Bolehhh mkn santen...jadinya diganti sama Susu Cair aja ya... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ rasanya gurih...dgn Bumbu yg simple aja.. Yuuukkk dicoba...

Opor ayam kuah kuning

Opor ayam kuah kuning

Sabtu pagi ini masak yg gampang aja opor kuah kuning anak2 juga bisa makan karna gak.pedas sama sekali😊

Opor ayam

Opor ayam

Kalo masak ini, anak lanang maem nya lahap sekali..

Opor Ayam #prRamadhan_MasakBesar

Opor Ayam #prRamadhan_MasakBesar

Salah satu menu wajib saat lebaran. Di Palembang, mama lebaran pasti bebikinan lontong. Dan ini pasangan nya πŸ˜‹. Kalo di rumah opor ayam request kuah nya yg buanyaaaak. Dulu waktu masih pelihara ayam kampung, opor nya pakek ayam kampung. Sekarang peliharanya ayam pendek. Tetep dipotong juga kalo lebaran, kapasitas kandang over load, mengurangi sesak napas sesama ayam πŸ˜‚πŸ˜‚ #BikinRamadanBerkesan #day28

Opor ayam kampung (kuah lontong lebaran)

Opor ayam kampung (kuah lontong lebaran)

Maaf ya ini fotonya yang udah jadi lontong sayurnya...di foto ini saya pake ketupat + opor ayam + sayur labu siam.Resep sayur labu siam udah saya share ya bun jd sekarang saya share resep opor ayamnya...

Opor Ayam

Opor Ayam

pak suam request minta menunya opor ayam pakai lontong. baiklah telp mama nanya resep lalu eksekusi deh~

10. Opor Ayam Nanas khas Palembang #RabuBaru

10. Opor Ayam Nanas khas Palembang #RabuBaru

#10 Bismillah 16/05/2018 Jika biasanya opor hanya terdiri dari ayam dan bumbu santan yang kental dengan warna cenderung pucat, nah berbeda dengan sajian khas Palembang satu ini. Ya, opor ayam Palembang menggunakan nanas di dalam bumbunya dan berwarna kuning karena penambahan kunyit. Opor ayam nanas khas Palembang ini biasanya dimakan dengan lontong atau ketupat. Masak opor ayam nanas jadi #BikinRamadhanBerkesan, apalagi makan bareng orang-orang terkasih. Pssstt, ini foto lama, baru sempet dipublish wkwkw Source : Nova Rilandari

Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuah Kuning

Naik deh ini berat badan habis idul adha.. gimana gak coba makanannya yang kayak beginian.. πŸ˜‚ ini menu wajib di setiap hari raya di keluarga saya. Biasa sih mama buat nya kuahnya kental, tapi sekarang kita coba yang versi ini.. Yuk langsung eksekusi!

Opor ayam

Opor ayam

Bisa ditambahkan telur rebus juga ya bunda

Opor Ayam

Opor Ayam

8-10 porsi
Opor daun singkong

Opor daun singkong

Makanan merakyat yang super enakπŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™