Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Kombinasi Istimewa yang Lezat Sekali

Dipos pada March 4, 2022

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Bagaimana membuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Biasanya Opor Ayam Kombinasi Istimewa yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Kombinasi Istimewa, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Kombinasi Istimewa sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Opor Ayam Kombinasi Istimewa adalah 15 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa diperkirakan sekitar 180 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kombinasi Istimewa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa memakai 26 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa:

  1. 1 1/2 ekor ayam kampung dengan berat masing-masing ayam antara 650-750 gram
  2. 500 gram kentang, kupas, potong empat
  3. 30 butir telur puyuh
  4. 1 buah bawang bombay yang seukuran bola tenis, iris
  5. 12 butir bawang merah, iris
  6. 1 1/2 liter santan cair
  7. 750 ml santan kental dari satu butir kelapa
  8. 1 1/2 liter air untuk merebus ayam
  9. 4 sdm minyak kelapa untuk menumis
  10. 6 sdm garam
  11. 4 sdm gula aren
  12. 1 butir jeruk nipis atau lemon, ambil airnya untuk melumuri ayam
  13. 2 sdm bawang merah goreng untuk taburan
  14. Bumbu yang dihaluskan:
  15. 8 siung bawang putih
  16. 2 sdt ketumbar
  17. 1 sdt merica butiran
  18. 3 biji kemiri
  19. 1/2 biji pala
  20. Bumbu rempah:
  21. 3 butir cengkeh
  22. 1 buah pekak/bunga lawang/star anise
  23. 2 batang serai, ambil putihnya, geprak
  24. 4 lembar daun salam
  25. 3 ruas jari lengkuas, memarkan
  26. 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kombinasi Istimewa

1
Cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air jeruk nipis/lemon hingga rata sambil diremas-remas. Biarkan 15 menit, lalu cuci kembali sampai betul-betul bersih. Didihkan 1,5 liter air, masukkan ayam, didihkan di atas api sedang selama 1 jam.
Opor Ayam Kombinasi Istimewa - Step 1
2
Sementara menunggu merebus ayam, panaskan wajan, tuangkan minyak. Jika minyak sudah panas, tumis bumbu yang dihaluskan hingga berubah warna dan mengeluarkan aroma harum. Masukkan bawang merah. Jika bawang merah sudah agak mengering masukkan irisan bawang bombay. Tumis hingga bombay layu. Masukkan cengkeh, bunga lawang/staranise, daun jeruk, sereh, daun salam, dan lengkuas. Tunggu hingga tercium aroma wangi khas rempah-rempah dan daun jeruk.
Opor Ayam Kombinasi Istimewa - Step 2
3
Setelah tumisan bumbu matang, tuangkan 1,5 liter santan cair, aduk terus hingga mendidih. Jika santan sudah mendidih tuang seluruh isi wajan ke dalam rebusan ayam. Masukkan potongan kentang. Didihkan kembali sambil menunggu kentang empuk, lalu masukkan telur puyuh. Setelah itu, masukkan 750 ml santan kental. Aduk terus. Setelah mendidih, masukkan garam dan gula aren. Masak terus sambil sesekali diaduk sampai kurang lebih 1 jam. Taburi 2 sdm bawang merah goreng. Matikan kompor.
Opor Ayam Kombinasi Istimewa - Step 3
4
Opor ayam istimewa siap dihidangkan bisa bersama nasi atau lontong maupun ketupat. Cocok untuk sajian ketika perayaan hari raya atau acara keluarga atau acara gathering seperti arisan. Selamat mencoba!
Opor Ayam Kombinasi Istimewa - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

#Javanese #jawa #IdulFitri

Jawa
Opor Ayam

Opor Ayam

Hari ini dapat bumbu praktis atau bumbu kemasan instant hasil praktek mahasiswa ayah yang telah dikemas menjadi produk, bumbunya pakai rempah alami. Komposisi bumbunya ada bawang merah & putih, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan rempah lainnya. Kebetulan pas ngecek kulkas ada ayam, jadi nyoba-nyoba deh buat opor untuk pertama kalinya hihi. Oh iya, karena sebenernya lebih suka pakai bumbu alami jadi saya tetap tambahkan bumbu rempah yang tersedia di rumah. Insya Allah, resep ini bisa membantu dan teman-teman berpikir bahwa buat opor ayam itu mudah, praktis, dan tentu saja enak 😋 selamat mencoba!

1 panci
15-30 menit
Opor Ayam Kreasi

Opor Ayam Kreasi

Lagi pengen opor ceritanya. Tp sekalian memanfaatkan bahan lain (tahu tempe)

4 porsi
45 menit
Opor ayam biasa

Opor ayam biasa

Ini opor ayam ala saya..

Opor ayam simpel

Opor ayam simpel

Karena bahannya g ribet jd di namain simpel.....hehe....

Opor Ayam 'resep warisan Mama'

Opor Ayam 'resep warisan Mama'

Banyak resep2 warisan dari almh. mama saya yang sempat saya catat dan saya simpan dalam 'buku pusaka' saya😃....Jadi pas mau masak ala masakan mama, saya tinggal buka buku, baca resep, trus masak deh...Skarang jaman sdh canggih, salah satunya ada Cookpad tmpat menyimpan resep paling praktis dan mudah, satu2 resep warisan mama mau sy simpan di sini aja...moga2 bisa diwariskan jg buat anak cucu kelak, amien...Salah satunya resep 'opor ayam' ini....

4 porsi
45 menit
Spaghetti Opor Ayam

Spaghetti Opor Ayam

#PejuangGoldenApron3

Opor ayam rasa nyummy

Opor ayam rasa nyummy

karena suami sangat doyan ayam, maka saya berusaha membuat resep ayam mjd istimewa namun ttp simple. Selamat me-recook

4 porsi
30 menit
Nasi Terik Matahari

Nasi Terik Matahari

Rasa jeruk, dikombinasikan dengan almond, seledri dan bawang - tetapi tidak menambahkan garam - membuat lauk klasik baru ... mencobanya dengan ikan!

4 porsi
30 menit
Opor Ayam ala Mba Julie Kustianingsih

Opor Ayam ala Mba Julie Kustianingsih

ketemu resep mba di cookpad.kebetulan semua bahan ada.akhirnya lgsg eksekusi didapur. trmksh mba resepnya.

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ada yang mau datang nanti malam, seseorang yang istimewa 😍, minta dibuatkan Opor Ayam,tapi ayamnya dimasak utuh tanpa dipotong 😁😁

Opor Tahu Telur Ayam Suwir

Opor Tahu Telur Ayam Suwir

Menu simple nan aman buat gigi yang baru di cabut..

4 porsi
60 menit
Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua)

Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua)

Tak banyak resep masakan yang kupelajari dari Ibu Mertuaku, padahal beliau juagoooo banget masak. Resep ini salah satu yang kuingat dan kupraktekkan berkali-kali, dan jadi salah satu menu kesukaan si sulungku.

3-4 Orang
1 Jam
Ayam goreng bumbu opor

Ayam goreng bumbu opor

bosan dengan rasa ayam goreng yang itu- itu aja. jadi lah buat ayam goreng bumbu opor. lebih enak. lebih gurih....^_^

6 porsi
60 menit
Opor bebek

Opor bebek

Buka puasa dapat nya bebek di opor aja

Opor Ayam

Opor Ayam

8 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Pas liat ayam nangkring di kulkas, langsung terbayang opor ayam 😁😁

MPASI 11m+ Bubur Terik

MPASI 11m+ Bubur Terik

Di daerah asal saya, bubur terik menjadi menu sarapan pagi anak2, termasuk waktu saya kecil dulu. Sayurnya biasanya kol atau sawi putih, tapi karena adanya stok jamur kancing saja, yaa sutra lah.. yang penting habis hanya dalam waktu 15 menit..

1 porsi
25 menit