Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) yang Lezat

Dipos pada March 3, 2022

Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) biasanya untuk 3-4 Orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) diperkirakan sekitar 1 Jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua) memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tak banyak resep masakan yang kupelajari dari Ibu Mertuaku, padahal beliau juagoooo banget masak. Resep ini salah satu yang kuingat dan kupraktekkan berkali-kali, dan jadi salah satu menu kesukaan si sulungku.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua):

  1. 1/2 Ekor Ayam Berat Min. 1kg (6 Potong)
  2. Bumbu Halus :
  3. 3 Siung Bawang Putih
  4. 3 Siung Bawang Merah
  5. 3 Butir Kemiri
  6. 1 Sdt Ketumbar Butir
  7. 1/2 Sdt Lada Butir
  8. 3 Iris Tipis Buah Pala (sesuai selera)
  9. 1 Cm Jahe
  10. Bumbu Lainnya :
  11. 1 Ruas Jari Lengkuas (memarkan)
  12. 3 Lembar Daun Salam
  13. 3 Lembar Daun Jeruk
  14. 3 Batang Sereh (bagian putihnya saja)
  15. Pelengkap :
  16. 1 Sdt Garam
  17. 1 Sdt Penyedap (saya pakai Totole, sesuai selera)
  18. Sejumput Gula (sesuai selera)
  19. 1 Sachet Santan Sara Bubuk dicampur Air 65ml
  20. 500 ml Air Matang

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Putih Serba 3 (Resep Mertua)

1
Siapkan ayam yang telah di potong dan di cuci bersih. Panaskan air sampai mendidih lalu masukkan ayam untuk dibilas/dibuang darah yang masih ada. Tidak perlu waktu lama, langsung angkat ayam, tiriskan dan buang air rebusan/bilasan tadi.
2
Siapkan semua bumbu, haluskan semua bumbu halus dan memarkan semua bumbu lainnya.
3
Tumis, bumbu halus dan bumbu lainnya, hingga matang (pastikan tidak langu), saya tumis kurleb +/- 30 menit.
4
Setelah bumbu matang, tidak langu masukkan ayam, pastikan bumbu dan ayam tercampur merata dan tambahkan air matang.
5
Masak dengan api sedang, sampai matang (kuah meletup-letup), masukkan santan (pastikan api kecil saat memasukkan santan, agar kuah dan santan menyatu dan tidak menggumpal). Setelah semua tercampur, aduk rata dan masukkan bahan pelengkap (garam, penyedap & gula). Tes Rasa, jika sudah OK, sajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Tadinya males masak tapi buka kulkas liat ada ayam dan tahu minta dimasak yaudahlah dieksekusi deh kepikiran bikin opor ayam kesukaan suami 😁

Spaghetti Opor Ayam

Spaghetti Opor Ayam

#PejuangGoldenApron3

Opor Ayam Pedas

Opor Ayam Pedas

pedas bisa di sesuaikan, jika suka tambahkan cabai lebih banyak...

Opor Ayam

Opor Ayam

8 porsi
45 menit
Opor ayam presto bumbu merah

Opor ayam presto bumbu merah

Bosen sama opor putih sama kuning. Kali ini mau bikin opor bumbu merah , tapi ttp gak pedes lho.. mski trlihat merah... menu yang satu ini salah satu fav keluarga kami... pokoknya lahap semua kalo lg ngopor. Apalgi si adek keluar masuk sll nyomot ayam ..di gondolin terus hehehe..

Opor Ayam Kuning keto

Opor Ayam Kuning keto

CariΒ² resep yg cocok buat ketofastosis... akhirnya nemu ini deh.. hihi

3 porsi
Opor ayam bumbu kuning

Opor ayam bumbu kuning

Kreasi bumbu kuning dengan daging ayam... awalnya niat mau bikin gulai ayam, tapi karena anak2 saya belum bisa makan yg pedas.. maka dibikin opor saja... ternyata anak2 suka bgt... senang kalo lihat anak doyan makannya πŸ‘πŸ˜Š

12 porsi
45 menit
Opor Ayam Telor

Opor Ayam Telor

Bapak seneng banget kalo dimasakin opor resep dari ibuk.. cepet abisnya kalo masak opor. jd seneng juga nih yg masakin :)

Opor tempe&telor tanpa santanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜˜

Opor tempe&telor tanpa santanπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ˜˜πŸ˜˜

Kebanyakan opor ya ayam,tp ini malah tempeπŸ˜€πŸ˜€..jangan salah, krna tempe adalah lauk pokok di klrg saya,terutama untuk sy sendiri,krna sy kurang suka ayam &anak2 paling suka telor..jd dari pada pusing bikin aja opor tempe&telor..πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

Terik Daging

Terik Daging

Resep dalam rangka Idul Adha, selamat Idul Adha untuk semua yang merayakan :)

10 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Udah lama banget pengen bikin opor ayam dg kuah yg kentel, karna udah nyari dan nyobain beberapa opor ayam di sekitar tempat tinggal kurang "pas" rasanya,heheh.. yuk dicoba

Opor ayam

Opor ayam

Bekal kerja sederhana no micin

Satu porsi
Opor Ayam Mantap

Opor Ayam Mantap

Dari nenek moyang sampe sekarang sudah jadi kewajiban kita yang merayakan Hari Lebaran untuk memasak Opor Ayam dan Sambel Goreng. Kali ini saya akan mencoba share resep memasak Opor Ayam yang simple dan lezaattt bangett... Let's do it!!!

6 porsi
40 menit
OPOR ENTOK

OPOR ENTOK

Setiap lebaran tiba yang dutunggu tunggu dikeluargaku adalah opor entok masakan ibu. Ini adalah menu wajib dikeluargaku,kebetulan ayahku juga selalu memelihara mentok sendiri. Dikontes kaya rasa ini saya mencoba membuat masakan daging yang beda dari yang lain

10 orang
60menit
Ayam bakar opor geprek

Ayam bakar opor geprek

Masak opor ayam besokannya masih ada dan kuahnya asat,, yasudah di bakar aja ayamnya lalu di geprek

Lontong opor

Lontong opor

latepostπŸ˜‚πŸ˜‚