Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Empal Gentong Iga Sapi yang Anti Gagal

Dipos pada March 24, 2022

Empal Gentong Iga Sapi

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Empal Gentong Iga Sapi yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Empal Gentong Iga Sapi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Empal Gentong Iga Sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Empal Gentong Iga Sapi bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Empal Gentong Iga Sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Empal Gentong Iga Sapi memakai 28 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Nemu resep ini di bukunya mba Endang JTT, dan langsung jadi favorit orang rumah. Resep asli menggunakan kambing, tapi saya sih isinya pakai bahan yg pas lagi ada dirumah aja hehe. Yang ini pakai iga, pernah juga pakai daging sengkel dan lidah sapi, semuanya sama2 enak... Pas banget disajikan bersama ketupat (saya pakai ketupat instan πŸ˜†). Berikut resep yg sudah saya modif sedikiiit sesuai selera saya dan bahan yg ada.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Empal Gentong Iga Sapi:

  1. 1 kg iga sapi (atau daging kambing, lidah sapi dll)
  2. Haluskan:
  3. 9 siung bawang merah
  4. 6 siung bawang putih
  5. 7 butir kemiri, sangrai
  6. 5 ruas jari kunyit
  7. 2 ruas jari jahe
  8. 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  9. 1,5 sdm ketumbar
  10. 1,5 sdt merica butiran
  11. 1/2 sdt jinten
  12. Bumbu lainnya:
  13. 8 butir cengkeh
  14. 2 batang kayu manis
  15. 5 buah kapulaga
  16. 3 buah kembang lawang
  17. 8 lembar daun jeruk purut
  18. 7 lembar daun salam
  19. 5 ruas jari lengkuas, memarkan
  20. 4-5 sdm gula jawa
  21. 4 sdm air asam jawa
  22. sesuai selera Garam
  23. 200 ml santan kemasan
  24. Pelengkap:
  25. 1 batang Daun bawang , iris
  26. sesuai selera Bawang goreng
  27. sesuai selera Sambal
  28. secukupnya Ketupat

Langkah-langkah untuk membuat Empal Gentong Iga Sapi

1
Ungkep iga dengan air kira-kira 1.5 - 2 liter, garam dan daun salam sampai empuk. (saya pakai slow cooker. Bisa juga menggunakan presto).
2
Tumis bumbu halus, masukkan kayu manis, kembang lawang, cengkeh, kapulaga, daun jeruk, lengkuas. Masak sampai bumbu matang dan harum.
3
Masukkan tumisan bumbu halus kedalam panci ungkepan iga. Masukkan gula jawa, garam, air asam, dan santan. Cicipi dan koreksi rasa.
4
Masak lagi sampai mendidih.
5
Sajikan dengan bahan pelengkap.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto Taoto Pekalongan

Soto Taoto Pekalongan

5 porsi
60 menit
1. Lontong Sayur Jakarta

1. Lontong Sayur Jakarta

Pas lagi cuaca hujan ditambah lagi kangen masakan mama....akhirnya diniatin deh beli bahan-bahan buat bikin lonsay...alhamdulillah pas jadi langsung habis sama anak n suami...soo yummyy πŸ˜™πŸ˜™πŸ˜™

10 porsi
90 menit
Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Resep : Mbak Diah Didi Resep Lontong/kupat : mbah fitrisas Ceritanya penasaran sama lontong kreasinya mbak fitri, trus puter otak dijodohin sm apa ya..dapetlah resep kupat tahu mbak diah didi.😍 jadi kolaborasi deh konser dipiring kyuuhh πŸ‘ŒπŸ˜‚ diresep mbak diah didi ada bakwanya tapi karna keburu si baby teriak-teriak jadi gak sempet buat bakwanya πŸ˜‚ Jangan kaget itu porsinya ibu menyusui geeesss πŸ˜‚πŸ˜ #SatuResepSatuPohon #teamtree #PejuangGoldenApron2

4 porsi
Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Paling suka bikin sendiri kupat tahu ini. Karena kalau beli susah memastikan tahunya panas. Kalau bikin sendiri bisa digoreng dadakan. Sreeng tahu panas, pas dengan sensasi segar kuahnya... πŸ˜‹

6 porsi
30 menit
Sate 🍒🍒 padang bekal untuk maksi

Sate 🍒🍒 padang bekal untuk maksi

Di kulkas msh ada lidah sapi dan kikil sapi yg sdh direbus sebelumnya. Sayang kalau tdk dimasak. Akhirnya saya masak sate padang untuk bekal makan di kantor. Sayangnya saya blm sempat masak lontong nasinya. Alhamdulillah dpt testimoni dr teman2 kantor. Enak kata teman saya. Sumber: ibu Malka.terima kasih ibu.

4 porsi
95 menit
Kupat tahu garut

Kupat tahu garut

Makanan khas lebaran warga garut terutama warga kecamatan leuwigoong yang terletak di kp bojong desa margacinta, santapan ini selalu hadir untuk dinikmati setelah selesai melaksanakan sholat ied #idul fitri... saya akan tulis yg paling simple dan bahan2 ada disekitar kita n gampang membuatnya

Kupat tahu

Kupat tahu

Ingat sering makan kupat tahu dijogja, nyari disamarinda susah banget akhirnya bikin sendiri...

Coto Makassar

Coto Makassar

Alhamdulillah bisa berbagi resep lagi, setelah kemarin saya terkulai lemas diakibatkan typus, yah.. faktor kecapaian kerja orderan yang banyak alhamdulillah hehehe tapi konsekuensinya yah sakit karna kurang istirahat :), betul kata teman apoteker saya klo udah sakit kayak gitu biasanya dalam masa pemulihan pengennya mau makan enak-enak. Hehehe kebayang pengen makan Coto tapi ngga mau beli diluar soalnya kita ngga tahu daging apa aja yang dimasukin direbusan dagingnya ( soalnya saya paling anti jeroan, usus, limpah) saya menghindari jadi saya buat Coto makassar hanya dengan daging khas.. Alhamdulillah rasanya juga bersaing.. tahu ngga bu klo ke kota makassar ngga lengkap rasanya klo ngga coba masakan yang satu ini, ngga perlu jauh-jauh ke makassar dirumah jug bisa buat sendiri.. Nah kali ini saya berbagi resepnya..

10 porsi
60 menit
Soto / Sroto Ayam Sokaraja Purwokerto Khas Banyumas

Soto / Sroto Ayam Sokaraja Purwokerto Khas Banyumas

Bismillah, #SotoNusantara hampir tiap daerah punya resep khas soto. Soto atau dikenal dgn sebutan SROTO kalau di daerah Banyumas, Jawa tengah. Banyak warung2 sroto di pinggiran jalan daerah Sokaraja, Banyumas makanya lebih dikenal Sroto Sokaraja. Ada yg pake isian ayam, sapi dan babat. Rasanya khas sekali karena sambal kacangnya. Kebetulan dulu ibu punya warung sroto ayam, sapi & babat di samping rumah, bertahan sampai 10 tahun an Saya sebelum berangkat ke sekolah suka disuruh bantu meracik bahan soto, mendoan dan makanan lain yg dijual di warung. Soto ini emang ajaib loh, bahan sama & kuah dr panci yg sama tapi kalo beda yg ngracik rasanya pun beda. Dari mulai jumlah isian, sambal kacang, kecap manis yg di tuang, sudah ada takarannya tersendiri. Kembali lg ke feeling penjual soto hehe Andalan keluarga kalau ada saudara/tamu datang ke rumah ya disajikan sroto ini, calon menantu2 ibu yg dtg melamar juga disuguhin ni sroto, ben tambah kecantol mungkin xixi ngga ah untuk memuliakan tamu saja yg datang Beli sroto di jogja, tasik bahkan di bali rasanya ngga se enak buatan ibu emang hehe Kalau ibu mertua beda bumbu kuahnya, di kuahnya ngga pake jahe & kunyit, di banyakin daun salamnya aja. Ngomong ngalor ngidul gini jadinya.. Ini resepnya ya bu ibu :

60 menit
Soto sokaraja (daging sapi) #rabubaru

Soto sokaraja (daging sapi) #rabubaru

Day10 dari 30. #bikinramadanberkesan kali ini bikin soto sokaraja khas banyumas.. Kalau mudik pasti beli ini,kalau lebaran pasti masak soto. Namanya juga makanan khas ya..jadi tiap ada moment istimewa pasti ada. Bedanya dengan soto yg lain yaitu sambel kacangnya. Kata orang banyumas ini yang bikin "buket" alias kental. Orang banyumas memang suka yg buket2 😁. Apa aja dikacangin. Makan bakso aja kadang ditambah kacangnya goreng lho. Yuk cuss bikin sendiri.karena dibandung susah cari soto beginian.

Laksa ayam

Laksa ayam

#fe Pertama coba bikin laksa, biasanya mertua yang sering bikin. Pas arisan recook ada resepnya di bu Gia Cinta Lesmana. Ternyata ga susah bikinnya gampang & kata anak2 enak banget, langsung pada nambah2 makannya ngabisin nasi gara2 laksa ini. Rasanya memang lebih enak dari buatan mertua😁

4 porsi
Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan)

Coto Makassar (Daging sapi&Jeroan)

Menu khas makassar ini sudah masyhur banget ya. Untuk sajian lebaran juga recomended deh. Dimakan sama ketupat, juga sama paru goreng cocok banget. Liat resep NayNay "paru goreng" juga ya. Untuk melengkapi sajian Coto Makassar kalian pas Lebaran ntar. #KualiEmak #KampoengRamadan #MeolahCaruan_OloLebaran #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #PejuangGoldenApron3

Kupat tahu magelang

Kupat tahu magelang

Belajar masak sama suami soal ia kdg suami kangen masakan kampungnya ❀

Tahu Kupat Klaten / Tahu Guling

Tahu Kupat Klaten / Tahu Guling

Tahu kupat fav alm. Bapak, dulu suka beli saat msh di Klaten. Bahannya sederhana, murah meriah pd suka juga.. (abaikan cabe diatas piring.. 😁 itu kaga sengaja)

4 porsi
30 menit
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor

Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor

Banyak pendapat yang dapat mendefinisikan opor ayam ini berasal dari mana. Seperti, perpaduan gulai dari arab dan kari dari India juga Cap Go Meh dari Cina. Kemudian melebur menjadi satu dan termodifikasi dengan sendirinya dinamakan Opor. Adapun opor awalnya merupakan hidangan kerajaan berbahan dasar daging sapi, namun karena masyarakat umum kuga tertarik maka dimasak dengan bahan dasar yang lebih murah yaitu ayam. Saat ini, masayarakat Indonesia menjadikan Opor sebagai hidangan wajib saat lebaran khususnya umat muslim. Namun kali ini saya buat agak beda agar orang rumah bisa memakannya tanpa kuah. ~~~ L'opor ayam Γ¨ un alimento molto conosciuto in Indonesia. Questa cucina Γ¨ stata ampiamente conosciuta in altre regioni, quasi tutte le parti dell'Indonesia. Opor ayam Γ¨ in realtΓ  pollo bollito a cui viene dato un condimento denso dal latte di cocco che viene aggiunto con varie spezie come la citronella e altre spezie. Ma ora lo faccio diverso in base alla stagione calda e cambia la zuppa con la salsa. Source: aniesaryono Modify : Carolina #CookingCommunityClass_MenuHariKemenangan #GA_MenuHariKemenangan #SalamKompakSelalu #KualiEmak #KampoengRamadan #CoboyRamadan_HidanganSpesialLebaran #PekanPosbarSayuranLebaran #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #OporAyam #aniesaryono #Carolina

Tahu Tek (khas Surabaya)

Tahu Tek (khas Surabaya)

Tahu tek ini adalah appetizer versi Indonesia karena penampilannya yang mengundang selera makan dan resep ini cukup cocok bagi pemula yang ingin belajar memasak Tahu tek ini.

30 mnt
Soto Bandung (modifikasi) #ResepNusantara #simple #KhasBandung

Soto Bandung (modifikasi) #ResepNusantara #simple #KhasBandung

Another sayur berkuah bening karna efek lebaran bosen sama sayur dan makanan yg bersantan. Nemu resep ini dr instagram dan dengan berbagai modifikasi (lobak ganti wortel dan ditambah telor rebus). Lha kok kebetulan bumbu halusnya mirip sama sup manten dan aku ada sisa bumbu halus masakan kmaren, jadi ya udah, jadi lebih gampang. Klo di kota ku, ini mirip sama sup sunda, bedanya sup sunda pake isi soun dan rasa rempahnya ga sekenceng soto ini. Β© original recipe by mba ira (blogger & journalist) on instagram dgn berbagai modifikasi Happy cooking Food Lovers πŸ’•

4 porsi
1.5 jam
Sate Lidah Sapi aka Sate Padang #pr_recookrancakbana

Sate Lidah Sapi aka Sate Padang #pr_recookrancakbana

Alhmd .. beres masak.. ikutan pr mingguan @cookpad bersama @komunitaspaders tema nya #PR_RecookRancakBana . Bikin sate padang aja ah... recook resepnya @xanderskitchen , kesampaian juga makan satepadang bikinan sendiri. Rasa mirip sama yg dijual2 jd trobati rindu satepadang ku.πŸ˜‰πŸ˜‰ Bikinnya juga simpel. Cuman nyari lidah sapi nya saya harus naek ojek pergi kepasar. πŸ™ƒ Terimakasih resepnya mom, izin sy reshare.