Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Coto Makassar yang Lezat

Dipos pada March 23, 2022

Coto Makassar

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Coto Makassar yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Coto Makassar yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Coto Makassar, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Coto Makassar ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Coto Makassar yaitu 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Coto Makassar diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Coto Makassar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Coto Makassar memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah bisa berbagi resep lagi, setelah kemarin saya terkulai lemas diakibatkan typus, yah.. faktor kecapaian kerja orderan yang banyak alhamdulillah hehehe tapi konsekuensinya yah sakit karna kurang istirahat :), betul kata teman apoteker saya klo udah sakit kayak gitu biasanya dalam masa pemulihan pengennya mau makan enak-enak. Hehehe kebayang pengen makan Coto tapi ngga mau beli diluar soalnya kita ngga tahu daging apa aja yang dimasukin direbusan dagingnya ( soalnya saya paling anti jeroan, usus, limpah) saya menghindari jadi saya buat Coto makassar hanya dengan daging khas.. Alhamdulillah rasanya juga bersaing.. tahu ngga bu klo ke kota makassar ngga lengkap rasanya klo ngga coba masakan yang satu ini, ngga perlu jauh-jauh ke makassar dirumah jug bisa buat sendiri.. Nah kali ini saya berbagi resepnya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Coto Makassar:

  1. 500 gr Daging sapi ( Kalau saya pakai daging khas, soalnya klo pakai jeroan kurang sehat untuk keluarga saya), Hati, lidah, ( klo suka)
  2. 1000 ml Air untuk merebus daging
  3. 100 gr Ketumbar disangrai
  4. 1 sdm Merica disangrai bersama ketumbar
  5. 150 Kacang tanah di goreng
  6. 2 Sdm Taucho
  7. 5 siung bawang merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 1 sdt jintang sangrai
  10. 3 batang serai potong iris tipis haluskan
  11. 1 ruas lengkuas di haluskan
  12. 1 sdt garam atau secukupanya
  13. 1 sdt penyedap ( aku pakai gula pasir)
  14. Pelengkap : Ketupat atau nasi panas, daun bawang seledri dan jeruk nipis

Langkah-langkah untuk membuat Coto Makassar

1
Daging direbus sampai matang dan empuk, setelah masak potong-potong sisihkan
2
Haluskan semua bumbu bisa mengunakan blender sampai halus, setelah itu tumis bumbu
3
Masukkan Bumbu yang ditumis td kedalam rebusan daging, aduk sambil rasa apa yang perlu ditambain..
4
Setelah bumbu rata dan matang, tata daging daun bawang, seledri tuangi air coto dan taburi bawang goreng sesuai selera..hidangkan dengan ketupan atau nasi panas..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kupat tahu magelang

Kupat tahu magelang

Bingung harus masak apa,akirnya tertuju sama kupat tahu yg masakx simpel

6-10org
Ketoprak 1 2 3 4

Ketoprak 1 2 3 4

#pejuanggoldenapron3 Resep lengkap di channel YouTube bahagia kautsar Support channel YouTube saya bahagia kautsar haturnuhun ❤️

1 orang
15 menit
Kupat Tahu Pacitan

Kupat Tahu Pacitan

Ankku tiba2 request makanan ini gegara habis lihat liputan kuliner di tv. Sebenarnya beli juga tidak mahal n warungnya dekat dr rumah, tapi ankku maunya buatan ibu....❤️❤️

Ketoprak Ala Dapur Ciragil

Ketoprak Ala Dapur Ciragil

Kangen makanan ketoprak di luar negri, ini resep yang mudah Dan cepat

1 piring
Kupat Tahu

Kupat Tahu

Malam ini menunya msh dgn kupat lebaran tp mlm ini sy bikin kupat tahu khas pekalongan hehe..

Soto banjar rumahan

Soto banjar rumahan

Soto banjar yg saya buat ini berbeda dg soto kuin banjar. Ini sotox kuah bening, ga keruh seperti soto kuin. Padahal lebih enak soto kuin cuma ga bisa bikinx. gagal terus... jadi apalah daya, bisax cuma bikin ini..tapi tetap enak ko....Di tempatq kalimantan, khususx kal-teng bumbu sop banjar siap pakai banyak sekali yg jual. Sudah dibungkusin 1500/bungkus.

Lontong Sayur Padang

Lontong Sayur Padang

Udah lama ga setor resep di cookpad... kali ini resep ala padang lagi ya moms. Mudah2an ga bosen. Maklum saya ini org padang yg lama di jawa, masak masak ala padang ini sebagai pelepas rindu kampuang halaman nan jauah di mato 😊

Kampel

Kampel

Kampel adalah salah satu makanan dari daerah Banyumas. Terbuat dari dages yang diberi ketupat dan di bagian tengah nya di beri sambal. Dages sendiri terbuat dari ampas kelapa yang di fermentasi kan dengan di campur ragi tempe. Saya tanya mamah saya yang asli purwokerto ... 🤣🤣saya klo makan ini biasa bawa dages nya dari mudik klo ga makan di sana karna ga pernah nemu di lain tempat.

4 orang
20 menit
Kupat Tahu khas Jawa Barat

Kupat Tahu khas Jawa Barat

Edisi rindu kampung halaman. kangen bgt makan kupat tahu ini di abang2 langganan... untuk mengobati rasa rindu akhirnya coba buat sendiri. Dan ternyata rasanya ga kalah sama aslinya.. hehe.. yuk langsung aja..

untuk 5 porsi
30 menit
Tahu guling khas jogya

Tahu guling khas jogya

Pas jalan liat ada kaki lima tulisannya jual tahu guling khas Jogya.Langsung aja terpikir pengen bikin.

4 porsi
60 menit
Soto Banjar

Soto Banjar

Cuaca di NYC lagi tidak menentu. Seharusnya sudah masuk musim Spring, namun kemarin ada badai salju blizzard. Suhu udara jadi minus lagi. Salju turun sampai setinggi ban mobil. Kalau lagi dingin begini paling enak makan yang hangat hangat. Soto Banjar menjadi pilihan saya. Dulu pernah makan soto ini saat di kantin sekolah. Rasanya segar. Disajikan dengan ketupat atau lontong. Serta ditambah potongan perkedel di dalam mangkuknya. Ooh iya resep perkedel akan saya post terpisah. Karena akan memakan tempat sekali jika di post seluruhnya jadi satu. Hmmm perut rasanya langsung berbunyi membayangkan semangkuk soto hangat. Yuuk kita buat soto nya !

6-8 porsi
60 menit
Rujak petis homemade

Rujak petis homemade

Ceritanya lagi kuangen banget ma makanan ini, klo dikampung (Ponorogo)mudah n murah nemuinnya, di Rantau jrang yg jual, mahal pula.. Alhasil bikin sndri lah lbh puas dan hemat modal 20rb an bisa buat seharian.. Hehhe, yuk cus ambil ulekan.. 😀😀

4-6 porsi
30 mnit
Kerang kelapa (ketupat arang serabut kelapa)

Kerang kelapa (ketupat arang serabut kelapa)

Mamak ku inspirasiku. Saat SD aku udah diajarkan bikin cangkang ketupat. Tiap ada acara di daerahku, baik itu idul fitri ataupun peringatan lainnya mamak syuka bikin ketupat yang wennak bnget. Akhirnya aku ingin bisa mulai dari membuat cangkangnya.

20 porsi
7 jam
Lotek bumbu kacang

Lotek bumbu kacang

1 porsi
7 menit
Kupat Tahu Layak Jual

Kupat Tahu Layak Jual

Kangen kampung halaman, tp belom boleh mudik karena covid19. Iseng2 bikin ini buat tombo kangen.

7 porsi
SOTO BANJAR #BikinRamadanBerkesan

SOTO BANJAR #BikinRamadanBerkesan

#BikinRamadanBerkesan #Day23 #20HariMengejarCelemek

Kupat tahu petis

Kupat tahu petis

biasanya kalo di bandung ada yg lewat tukang kupat tahu petis ini. tp kalo disini gak ada. alhamdulillah ada yg kasih oleh2 petis dr surabaya. dan rasanya maknyuss banget ini petis..

2 porsi
KUPAT TAHU MAGELANG (3 porsi)

KUPAT TAHU MAGELANG (3 porsi)

•••Jika menyebut kota Magelang yg terpikir pertama dikepala mba vy selain kota kelahiran ayah saya juga tentang Kupat (ketupat) Tahunya yg jadi salah satu favorit makanan tradisional mba vy. Dengan berbahan dasar wajib ketupat, tahu goreng dan pastinya kuah bumbu kacang. Dan disajikan dg bahan lain seperti kol, toge, bakwan goreng dan kerupuk jangan lupa. Mantullll pokoknya perpaduan rasa segar, pedas dan ada manis. Qodarullah di dekat rumah ada yg jual tapi kok harganya lumayan juga ya, jd tiap pengen pasti bikin sendiri, apalagi orang rumah yg suka hanya saya saja... karena suami dan anak nggak suka masakan yg ada manisnya. Jadi tiap bikin kupat tahu ya porsinya bikin sedikit untuk 3 porsi dan saya santap sendiri... Alhamdulillah puass pastinya hehee Happy cooking... Salam simply tasty dari dapurVY #dapurvy #simplytasty #PejuangGoldenApron3 #mingguke23 #GA3_vy23 #jelahahresep #JelajahResepKhasNusantara #JelajahResepNusantara _05.11.2020_

Gado Gado

Gado Gado

kalo biasanya Bikin pecel, sekarang nyoba gado2 . . hanya beda saus kacangnya. . gado2 dg tambahan santan

6 porsi
60 menit
Soto Daging Sapi

Soto Daging Sapi

Musim hujan enaknya makan yang anget-anget, kuy bikin Soto Daging Sapi 🌸