Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor yang Menggugah Selera

Dipos pada March 21, 2022

Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Banyak pendapat yang dapat mendefinisikan opor ayam ini berasal dari mana. Seperti, perpaduan gulai dari arab dan kari dari India juga Cap Go Meh dari Cina. Kemudian melebur menjadi satu dan termodifikasi dengan sendirinya dinamakan Opor. Adapun opor awalnya merupakan hidangan kerajaan berbahan dasar daging sapi, namun karena masyarakat umum kuga tertarik maka dimasak dengan bahan dasar yang lebih murah yaitu ayam. Saat ini, masayarakat Indonesia menjadikan Opor sebagai hidangan wajib saat lebaran khususnya umat muslim. Namun kali ini saya buat agak beda agar orang rumah bisa memakannya tanpa kuah. ~~~ L'opor ayam è un alimento molto conosciuto in Indonesia. Questa cucina è stata ampiamente conosciuta in altre regioni, quasi tutte le parti dell'Indonesia. Opor ayam è in realtà pollo bollito a cui viene dato un condimento denso dal latte di cocco che viene aggiunto con varie spezie come la citronella e altre spezie. Ma ora lo faccio diverso in base alla stagione calda e cambia la zuppa con la salsa. Source: aniesaryono Modify : Carolina #CookingCommunityClass_MenuHariKemenangan #GA_MenuHariKemenangan #SalamKompakSelalu #KualiEmak #KampoengRamadan #CoboyRamadan_HidanganSpesialLebaran #PekanPosbarSayuranLebaran #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #OporAyam #aniesaryono #Carolina

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor:

  1. 500 gr dada ayam /petto di pollo
  2. Bumbu halus /spezie macinate:
  3. 1 butir shallot/scalogno
  4. 5 siung bawang putih kecil/aglio piccolo
  5. 5 butir kemiri/candlenut o noce macadamia
  6. 1 sdt ketumbar bubuk/cuchiaino di coriandolo in polvere
  7. 1 sdt jintan bubuk (tambahan saya)/
  8. /cucchiaino di cumino in polvere
  9. 1/2 sdt merica bubuk /cucchiaino di pepe in polvere
  10. 1 cm jahe/zenzero fresco
  11. Bahan lain /altri spezie :
  12. 1 batang daun serai /citronella
  13. 2 lembar daun salam/alloro
  14. 1 cm lengkuas geprek/galangal fresca
  15. Kulit lemon (pengganti 3 daun jeruk)/scorza di limone
  16. 400 ml santan/latte di cocco
  17. Minyak untuk menumis/un filo di olio
  18. 1 sdt garam / cucchiaino di sale
  19. 1/2 sdt gula /mezzo cucchiaino di zucchero
  20. Pelengkap hidangan /condimenti:
  21. Bubuk kedelai/soia in polvere
  22. Bawang goreng/cipolle fritte
  23. Ketupat/lontong/sumpil/bulayak / torta di riso o rice cake

Langkah-langkah untuk membuat Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor

1
Berdoa dulu dan cuci tangan sebelum bekerja. Siapkan bahan (saya lupa jahenya hehe). Haluskan bumbu. Tumis dengan serai, daun salam,lengkuas dan kulit lemon sampai harum (Prepariamo gli ingredienti, macinare con un filo di olio poi mescoliamo nella pentola finche non sara fragranti).
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 1
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 1
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 1
2
Tuang santan, aduk rata sesekali sampai mendidih. Dinginkan (Aggiungere il latte di cocco, mescoliamo quanto volta fino bollito. Mettete da parte).
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 2
3
Sementara itu, potong kotak ayam, dan cuci bersih. Kemudian beri setengah kuah opor untuk dimarinasi. Biarkan sekitar 1jam, kemudian tusuk daging lalu panggang sate hingga matang sambil dioles bumbu opor. Sisihkan. (Nell frattempo, tagliare piccoli cubetti di il pollo e lavare bene. Quindi marinare i carni con la salsa circa 1ora più. Adesso, cuocere su una padella fino a cottura ultimata, spalmata di spezie parecchio volta).
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 3
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 3
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 3
4
Untuk sisa kuah opor, masak hingga susut atau beri larutan maizena agar sedikit mengental. Jadi deh... sajikan Opor Sate Ayam dengan ketupat sumpil, bubuk kedelai, bawang goreng dan disiram sausnya sambil minum es cocktail buah. (Per la salsa opor rimanente, cuocere finché non si asciutto o aggiungere l'acqua con amido di mais in modo che si addensi un po '. Ecco qua, Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor è pronto. Servire con torta di riso, soia in polvere e cipolle fritte. Happy Cooking😘).
Opor Sate Ayam || Il Pollo allo Spiedo con Salsa Opor - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Coto Makasar

Coto Makasar

Pengin makan yang seger tanpa nasi. Jadilah Coto Makasar. Ternyata benar benar segar dan beda deh. . . Berasa makan di Restoran. Dengan irisan lontong atau tepo, bisa juga kupat. Dimakan panas panas gitu, guriihhh. . bikin pengin nambah nambah lagi. . Ayo nyoba masak sendiri. .

6-8 porsi
Doclang Bogor #selasabisa

Doclang Bogor #selasabisa

Masakan apa yang dikangenin dari kampung halaman? Saya harus berpikir keras.. kayanya ngga ada. Kampung halaman saya cuma berjarak jengkal dari kota saya tinggal sekarang. Walaupun begitu, jarang pulang 😕 Doclang adalah salah satu makanan khas Bogor, kota kelahiran saya, yang belum pernah saya temukan di Depok, kota tempat saya tinggal sekarang. Jadi kalau ke Bogor pasti pengen banget mampir nge-doclang. Abis itu minum es cingcau ijo. Haduh beneran ya kok jadi pengen ke mudik. Apa bedanya sama Kupat Tahu Bandung? Ngga tauuuu hahaa. Tapi buat saya doclang punya bumbu yang lebih haluuus teksturnya daripada kupat tahu. Kayanya.. kok saya lupa ya😥 Resep ningali ti ceu @Opibun. Enjoy kuliner Bogor! #bikinramadanberkesan #resepramadanhes2

2 porsi
30 menit
Coto Makassar

Coto Makassar

Tiap minggu harus makan coto, mumpung minggu ini dapat banyak daging qurban yaa bikin sendiri lah. Dapet banyak, irit pulak (sstt.. di Makassar saja harga coto yg enak 20rb-an, daerah lain 40rb seporsi mangkok kecil 😓)

10 porsi
60 menit
Coto Makassar

Coto Makassar

Hidangan Coto Makassar Biasaya Aku Sajikan Saat Lebaran atau Saat ada Acara Kluarga Drumah,Jarang Bget Jajan Comak diluar,klo pingin yaa bikin , termasuk mengolah sndiri ketupat/burasnya,tpi utk keseharian ngga sering2 lah,selain dihantui kolesterol yg lumayan bnyk dihidangan ini,ongkos pembuatannya jg lbih mahal dari jenis2 soto lainnya,dasar otak emak2 pengiritan wkwkkwk..😄

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Kamis, 18 Maret 2021 Source : Bunda Dewi Aku itu dapat ilmu per soto an itu semenjak menikah. Sebelumnya nggak pernah tahu dan aku pikir sama dengan sop yang hanya perlu lada dan kemiri, beres. Ternyata bumbunya sangat beragam dan itu yang bikin lezat sekaligus segerrr. Kaldu juga sangat berperan dalam menunjang kelezatan olahan Soto. Ayam kampung dan daging sapi memang jagonya kaldu. Kali ini aku pilih bahan Ayam Kampung untuk memasak Soto Sokaraja. Masakan ini untuk mengikuti tantangan Lihai Recook 8 dari Cookpad jogja, yang bertema Soto khas daerah DIY dan Jateng. Pilihanku jatuh pada Soto khas Sokaraja ini. Sewaktu pulang mudik dulu, aku pernah beli di daerah Sokaraja, sambil beli Gethuk Goreng, mampir beli Soto yang beda, karena ada bumbu kacang nya. Nikmat sekali rasanya. Terinspirasi dr mbak Bunda Dewi temen Cookpad Jogja, penasaran pingin bikin soto ini di rumah. Makasih Mbk Bunda Dewi resepnya. Yuk gaess dicoba masak resep ini. #LihaiRecook8_Yogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #selaluistimewa #GA_thenextlevel #minggu42

6 porsi
1 jam
Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Setiap perayaan hari raya biasanya ketupat atau lontong selalu hadir di meja makan kami. Opor, rendang dan sayur sambal buncis biasanya laris tak bersisa. Mengolah kembali ketupat dalam tampilan tanpa didampingi santan itu banyak alternatifnya. Kebetulan di rumah ini penggemar kupat tahu magelang. Kita ubah ketupat sisa lebaran jadi kupat tahu magelang yang gurih, manis, dan nikmat....

3 orang
Sayur manisah/labu siem,untuk kuah ketupat lontong

Sayur manisah/labu siem,untuk kuah ketupat lontong

menu sederhana ala pedesaan irit no daging,, bisa dijangkau semua kalangan😃

Katupek Lamak

Katupek Lamak

Biasanya kalo lebaran bikin ketupat, dimakan dengan gulai lodeh dan kalio ayam, tapi kali ini lebaran pertama bikin ketupat spesial, katupek lamak atau ketupat lemak. Ketupat berbahan nasi namun direbus dengan santan encer, disajikan dengan sambalado rebus. Ketupat ini, sebaiknya diisi dengan lebih sedikit beras, matangnya nanti cenderung agak lembek, tidak seperti ketupat sayur yang padat. Jumlah beras yg diisikan biasanya kurang dari 1/3 bag ketupat, tetapi tetap menyesuaikan dengan beras yg digunakan masing2.

102.Tauge Goreng Khas Bogor

102.Tauge Goreng Khas Bogor

Edisi #PekanPosbar Minggu ini Bikin menu yang olahan nya di rebus yah moms .. Yowisss bikin #TaugeGoreng dehh yang Simple , Dan pas stok bahannya pun ada di kulkas #Alhamdulillah. .. Bikin #TaugeGoreng ini yg merupakan makanan khas kota hujan Bogor . Tapi yang buatqu aneh sampe sekarang padahal masaknya tuh nggak di goreng alias di rebus yahh kn 🤭🤭 Nahaa dinamain #TaugeGoreng ceunah 😂😂 . Btw bikin #TaugeGoreng ini jjadi mengingatkanqu klo pas ke Bogor itu ada langganan #TaugeGoreng yg udah legend banget di kota Bogor. Tempatnya itu di belakang roti Venus , di sebelah mall Ekalokasari , Bogor (kalo sekarang nama nya Lippo Plaza Mall Bogor ) Aaahhh ngonah pisan bepps rasa khas nya. Alhamdulillah kali ini nyoba bikin , Lalu komen dari PakSuami Alhamdulillah dibilang nya enakk 🤭🤭 Aaahhh bersyukur lhaa aqu punya PakSuami yg sllu pas lidahnya akan masakan isterinya ini. Hihiii . Yukkk moms check this out yaahhh ❤️❤️ . #KulinerKhasBogor #TaugeGoreng #DiRebusLebihMaknyus #PosbarAnekaMasakanSerbaDirebus #SerbaDiRebus #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Bogor #Keanu_Kitchen

3 porsi dewasa
30 menit
Kupat Tahu Padalarang

Kupat Tahu Padalarang

Lama ga share resep....rempkng sama bocah2 yg daring so hpnya dipake terysdaring....perdana di 2021 ini saya mau share resep Makanan kesukaan klo lagi pulang kampung....suami dan anak2 aja suka klo diajak sarapan ini,berhubung tinggal diperantauan dan kangen sarapat kupat tahu akhirnya bikin sendiri...dgn berbagai reverensi resep dari sana sini liat di youtube....saya lebih suka kupat tahu padalarang ini yang pake kuah santan gurih,dibanding kupat tahu bandung yang pake kuah kacang....😆😆

6 orang
1 jam
Gado gado Petis ala Bun2

Gado gado Petis ala Bun2

mager bgt hari ini, kalo libur sabtu pengennya bs gulang guling aja... xixixii akhirnya bikin sesuatu yg praktis aja krn d rmh ini bumbu kacang giling selalu tersedia... yuks let's Go...

2 porsi jumbo
Tahu Kupat Temanggung

Tahu Kupat Temanggung

Maafkan bunn gambarnya sangat tidak menarik, karna saya lupa foto setelah sudah saya makan, sudah kelaparan 😭😭, tapi rasanya tetep endesss samoe kelupaan 😁 Inti dari Tahu Kupat adalah rasa bwg outih dan merahnya yang nendang 😁 #saturesepsatupohon

2 porsi
Kupat Tahu ala Dapoer Nyak Baba

Kupat Tahu ala Dapoer Nyak Baba

Di Pekanbaru hampir gak ada penjual kupat tahu. Jadi kalo pas kepengen makan kupat tahu ya bikin sendiri. Ini dia resep kupat tahu ala Dapoer Nyak Baba

2 orang
1 jam
Nasi dadar

Nasi dadar

Krn bgg cuma ada kupat 1 n telur ,jd dicampurin aja ,,alhmdulillah anak" suka😊

1 orang
5 menit
Lontong cap gomeh

Lontong cap gomeh

Hari Raya idul fitri pasti identik dg ketupat ini salah satu menu favorit wong jawa timur ketupat/lontong sayur plus ndok petis..

15 porsi
2jam
Soto banjar

Soto banjar

Favorit banget deh sm yg namanya soto, apapun jenisnya dan dari manapun daerah asalnya.. yang satu ini pun gak kalah enaknya, kuliner khas kalimantan selatan yg selalu bikin kangen.. disini sy buat yg versi ayam yg direbus bersama kuah sotonya.. bisa juga pake versi fillet dada ayam yg di kukus lalu di suwir2 dan di taburkan saat menyajikan soto, kembali ke selera masing2 aja yaa 😉

Kupat tahu singaparna mntap

Kupat tahu singaparna mntap

D bksi jrng nemu mknan daerh.. Apa lagi mknn khas tasik ini, d cb lah resep sndri biar jd obt kngn msknn jawa barat yg super mntap👍😊😂

1 porsi
30 menit
Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Source: @eyangbima Penasaran sama sroto khas sokaraja ,sroto atau pada umumnya di sebut soto ya..ternyata ciri khas soto ini adalah dari sambel nya.. Kalau soto pada umumnya soto dengan sambal cabe yg di rebus, dan sroto ini pakai sambal kacang 😍😍 dengan pendamping ketupat di beri kerupuk merah di atasnya 😋😋😍 ini soto juga masuk budget minimalis lhooo sesuai dengan tema semarak minggu ini ide nya mba @Ragil_wulan masak di bawah 50k 😍😍 #PekanInspirasi #KelasInspirasi #KulinerLokalWongKito #GAMasak_50k #SemarakGaMasak_50k #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #CookpadCommunity_Sumbar #PesonaKulinerIndonesia

3-4 porsi
60 menit
Laksa Betawi

Laksa Betawi

Baru kali ini saya masak sendiri Laksa Betawi, langsung kami jadikan menu makan siang bersama keluarga, semua pada suka, cuaca panas cocok makan laksa,segar, gurih, mantep sekali, saya tambah sambal dan jeruk limau. Saya pakai santan segar yang tidak terlalu kental jadi aman buat kita yang lagi diet. Yummy,😋 Source : https://cookpad.com/id/resep/15341194-laksa-betawi?invite_token=oHXR5i77xRqvNg3A158yyWJr&shared_at=1628327453 #GelarTikar_Depok #PekanPosbar #Rekreasi_Depok #POTBERBISIK_LAKSABETAWI #CookpadCommunity_Bekasi

2 jam