Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketoprak Jakarta🤠 yang Menggugah Selera

Dipos pada March 27, 2022

Ketoprak Jakarta🤠

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Ketoprak Jakarta🤠 yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Ketoprak Jakarta🤠 yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketoprak Jakarta🤠, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ketoprak Jakarta🤠 di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketoprak Jakarta🤠 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketoprak Jakarta🤠 memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pulang liburan jd ngidam ketoprakkk.. 😂😂Bumbunya yg banyak pedesss.... Pake tahuu goreng yg panasss baru digoreng, kasih toge crunchy, ketupat, bihun, krupukkk..., Cihuyyy bangett pemirsahhh...bikin sepiring muncunggg sayahhh..😂😂😂 wkwkkw.. ini 11/12 sama ketoprak abang2 sejakarta..eitss.. Enakan ini ding... Hihi ke PD an..😂 Recomended😋👍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketoprak Jakarta🤠:

  1. 1/2-1 bh lontong /ketupat(utk 1porsinya)
  2. Bihun/soun 👉rendam air panas sebentar👉tiriskan
  3. Secukupnya Toge 👉rendam air panas sebentar👉tiriskan
  4. Secukupnya tahu putih/tahu pong goreng panas
  5. Secukupnya irisan timun
  6. Bumbu :
  7. 250 gr kacang tanah kecil goreng crunchy 👉tiriskan
  8. 2-3 siung bawang putih
  9. 5 cabe rawit jumbo rebus sebentar/goreng (selera masing2)
  10. Secukupnya gula jawa
  11. Secukupnya garam
  12. Secukupnya air
  13. 1/2 bh jeruk limau(beri saat selesai uleg bumbu)
  14. Taburan :
  15. Secukupnya bawang goreng
  16. Secukupnya kerupuk udang kecil ala abang ketoprak
  17. Secukupnya kecap manis bango

Langkah-langkah untuk membuat Ketoprak Jakarta🤠

1
Siapkan bahan, didihkan air.. rendam sebentar bihun, toge masing2 diwadahnya dng air panas.👉tiriskan.
2
Goreng tahunya pas mau bikin uleg bumbu dipiring/cobek yah..bnyknya selera.. goreng kerupuk kecil2.. Spt abang ketoprak tiriskan👉masukkan toples kedap udara jk sdh dingin.
3
Buat bumbu:goreng kacang tanah api kecil sedang 👉tiriskan. Ambil 3 genggam kacang +2-3 bawang putih+1/2 pc gula jawa iris+secukupnya air👉blender.. (Ini buat seporsi).
4
Uleg dicobek cabe rawit rebus/goreng tambahkan 1/2sdt garam, lalu tuang bumbu blenderan kacang dan bawang putih, gula jawa+ beri air secukupnya, uleg lagi sambil diaduk rata. Beri perasan jeruk limau.
5
Ambil piring besar..😂 Potong ketupat/lontong, tahu goreng panas iris, kasih bihun/soun, toge, beri irisan timun(saya kelupaan😂)... Taburi bawang merah goreng, beri kucuran kecap manis..Terakhir taburi kerupuk...😘
6
Mantapppp miripp sama yg ketoprak gerobak sejakartaaa pemirsahhh😘😘👍👍👍yuk bikin.. 👍ini mantappp rasanya... Enakkk lho 😊😊
Ketoprak Jakarta🤠 - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Padang

Sate Padang

Ngga lengkap ya rasa nya kalo Idul Adha gada menu sate 🍡🍢

60 menit
Laksa Betawi

Laksa Betawi

Belum pernah nyicipin rasanya laksa itu gimana. Sharing dari Mba @ulynnuuhaa di discord tempo hari jadi bikin penasaran buat nyoba. Kebetulan Pak Cik Su (suami maksudnya) ada garis keturunan Betawi dari ibunya. Bakalan seru nih kalo bisa bikin! Duhai, ternyata membuatnya tidak sesimpel fotonya lho! Bahan pelengkapnya cukup banyak dan bumbu halus yang dipakai pun tidak umum seperti dalam masakan Indonesia lainnya. Deg-degan juga masaknya, karena gak kebayang citarasanya seperti apa. Plek ketiplek ikutin resepnya aja dulu deh. Minus temu mangga akhirnya, karena susah carinya. Mateng langsung sodorin jurinya. Alhamdulillah, suami bilang sudah pas rasanya. Enaak...Masya Allah.. Pas nyobain sendiri juga ternyata memang enak😅 Bumbu kencur dan temu kuncinya khas.. seger karena ada daun kemanginya. Ngenyangin karena paketnya sudah komplit ada lontong, kentang juga bihun 😁 Rempong tapi must try betul ini resepnya! #CSDepok_KudapanDepok #GelarTikar_Depok #CookpadCommunity_Depok

Coto makasar

Coto makasar

Paling seneng msak yg berkuah seger".kali ini karena ada stock daging d frezer jdinya bkin coto aja.wlupun sya orang jawa,di daerah malang jga bnyk depot makan yg mnjual coto makasar mknanny khas orng makasar.

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Kangen sama makanan ini.. Kalo di Solo banyak yang jual, di cikarang mana ada? Kalopun ada pasti gak seenak disolo 😖😖😖

4 porsi
Lengko Ayam

Lengko Ayam

Lengko ayam merupakan makanan khas kota Tasikmalaya. Makanan ini terdiri dari potongan kupat, suwiran ayam, disiram kuah santan, lalu diberi taburan kerupuk, bawang goreng dan kecap. Biasanya saya kalo makan lengko ayam ga pernah pake kupat nya, soalnya suka banget sama soun, jadi sounnya di banyakin buat ganti kupat, biar kenyang seharian 😆 Aslinya kuah lengko ini kental dan kaya bumbu, tapi saya sendiri kurang suka masak sesuatu yang bumbunya terlalu banyak, mungkin sebagian orang suka sama masakan yang bumbunya rich, nah kalo saya suka yang ringan aja, penggunaan santan juga di kurangin, biasanya saya mix pakai susu murni (yg tawar ya) supaya ga terlalu kolesterol, hehe, tapi yg penting tetep endeusss

Sayur Labu Siam Santan (Kuah Ketupat) : Trial 2

Sayur Labu Siam Santan (Kuah Ketupat) : Trial 2

Tahun ini nggak mudik T.T Jadilah biar lebarannya tetep berasa beli ketupat (malesnyaa.. haha) dan bikin opor plus sayur labu siam. Opor sukses karena uda sering bikin, nah labu siam santan ini yang agak challenging karna belum pernah masak sebelumnya dan terbebani ekspektasi tinggi 'makanan lebaran harus enak' hahaha.. Hari H lebaran pake bumbu sambel goreng, dann hmm menurutku aneh rasanya.. Kaya nggak nyambung sama opor.. Akhirnya karna masi ada sisa ketupat, hari ini kita coba bikin dengan bumbu yang lain.. haha bumbu ala-ala.. Dan kali ini enakkkk.. (:

4 porsi
Keroprak

Keroprak

Bikin ketroprak dengan bumbu yang melimpah.. Hmmm enakkkk...

Tahu Guling/ Kupat Tahu

Tahu Guling/ Kupat Tahu

2 orang
30 menit
Sayur Besan Khas Betawi

Sayur Besan Khas Betawi

Beberapa kali makan sayur ini wkt main kerumah temen yg kebetulan dari Betawi asli, rasanyeeee sedep bener dah aah (pake logat Betawi). Resepnya mirip dengan sayur lodeh, cuma bedanya ditambahin terumbuk (telur tebu), soun dan ebi. #CocomtangPost_SiJaliJali #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost

1 jam
Sate Padang bumbu kuning

Sate Padang bumbu kuning

Walaupun keturunan orang minang, tp belum pernah yg namanya masak sate padang nah baru kali ini memberanikan diri nyoba bikin mumpung lg banyak daging. Resep asli dari Xanderskitchen @cookpad dg beberapa penyesuaian dg bahan2 yg ada & suami yg tdk suka pedas.

.kupat tahu nasi kemarin

.kupat tahu nasi kemarin

.krna kmrin masak nasi trllu lembek jd sisa banyak, di bikinin lontong ala" ajh buat sarapan.

4 orh
1 jam
Sate padang

Sate padang

Bahan bahannya ga ingat takarannya 😝 hahaha

Lontong Sayur (#pr_homemadestreetfood)

Lontong Sayur (#pr_homemadestreetfood)

Lontong sayur versi saya tidak repot loh. Semua saya masak dalam satu panci. Saya menyebutnya one pot meal dan di dalamnya sudah lengkap isinya dari sayuran, tahu, tempe, udang, telur dan lontong sebagai karbohidratnya. Saya menambahkan udang namun bila anda menginginkan menu ini sebagai menu vegetarian maka tidak perlu menambahkan udang atau pun telur. Saya juga tidak terlalu banyak menambahkan cabai sehingga kuahnya tidak terlalu pedas. Jadi bagi anda yang suka sekali pedas bisa menambahkan jumlah cabainya.

Laksa Betawi

Laksa Betawi

Sayang ga nemu temu mangga dan daun kucai, karena kedua bahan ini agak susah dicari, jadi saya skip kedua bahan itu, kalo daun kucai saya ganti dg daun bawang Dan saya buat setengah resep dari resep asli Silahkan dilihat resep asli diCp mba @ulynnuuhaa , terimakasih 🙏❤️ Tapi overall enak banget, pak suami langsung tau kalo ini laksa Betawi 😆 kalo saya dan anak-anak memang belum pernah makan laksa Betawi Saya pernah makan laksa Cianjur dan mirip ☺️ Dan anak-anak pun Alhamdulillah suka jadi ga sia-sia mamak masak ini 🥳 #Rekreasi_Depok #CSDepok_KudapanDepok #JajananTradisional #CookpadCommunity_Depok #Cookpad_id

Kupat tahu

Kupat tahu

Resep mamertua.. Sedap bagi yg suka pedes tinggal d tambah ulasan syambal

Pecel sayur

Pecel sayur

Simpel dan sangat enak...😅😅