Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sayur Besan Khas Betawi yang Enak Banget

Dipos pada March 21, 2022

Sayur Besan Khas Betawi

Bagaimana membuat Sayur Besan Khas Betawi yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sayur Besan Khas Betawi yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sayur Besan Khas Betawi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Sayur Besan Khas Betawi ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sayur Besan Khas Betawi diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sayur Besan Khas Betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Besan Khas Betawi memakai 35 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Beberapa kali makan sayur ini wkt main kerumah temen yg kebetulan dari Betawi asli, rasanyeeee sedep bener dah aah (pake logat Betawi). Resepnya mirip dengan sayur lodeh, cuma bedanya ditambahin terumbuk (telur tebu), soun dan ebi. #CocomtangPost_SiJaliJali #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sayur Besan Khas Betawi:

  1. 1 buah labu siam, bersihkan dan potong kotak2
  2. 100 gram jagung putri, bersihan dan iris serong
  3. 7 helai kacang panjang, potong2
  4. 3 lembar kol, potong2
  5. 2 papan pete, kupas, belah 2
  6. 2 buah wortel, bersihkan dan iris serong
  7. 2 buah kentang, bersihkan dan potong kotak2
  8. 1 bungkus kecil soun, rendam dengan air hangat
  9. 8 buah ampela ayam yg sudah direbus, potong2
  10. Telur tebu (saya ga dapet😭)
  11. 3 buah cabe merah keriting, iris serong
  12. 1 buah tomat, potong2
  13. 4 lembar daun salam
  14. 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  15. 1 batang sereh, geprek
  16. 1 ruas langkuas, geprek
  17. 2 sdm kaldu instan
  18. 1/2 sdt garam
  19. 1 sdt lada
  20. 1 sdm gula pasir
  21. 150 ml santan cair instan
  22. 1 liter air
  23. Secukupnya minyak sayurbesan
  24. Bahan halus
  25. 3 siung bawang putih
  26. 5 siung bawang merah
  27. 1 ruas jahe
  28. 4 butir kemiri yg sudah disangrai
  29. 1 cm kunyit
  30. 1 sdm ebi halus
  31. 1 potong terasi merk ABC
  32. Bahan tambahan :
  33. Lontong/ katupat
  34. Emping
  35. Sambal

Langkah-langkah untuk membuat Sayur Besan Khas Betawi

1
Siapkan semua bahan
Sayur Besan Khas Betawi - Step 1
2
Siapkan wajan, panaskan minyak dan tumis semua bumbu halus, tomat serta, daun salam, daun jeruk, langkuas dan serehnya. Tumis hingga harum.
Sayur Besan Khas Betawi - Step 2
3
Masukkan ampela dalam bumbu yang ditumis, aduk rata kembali.
Sayur Besan Khas Betawi - Step 3
4
Setelah itu tuang air, aduk rata kembali dan masukkan jagung putri serta wortel. Ketika sudah agak empuk, tuang kembali labu dan kentang, aduk hingga kantang dan labu agak matang.
Sayur Besan Khas Betawi - Step 4
Sayur Besan Khas Betawi - Step 4
5
Kemudian beri kaldu instan, garam, lada dan gula pasir, aduk rata dan koreksi rasanya. Setelah itu beri santan, aduk rata kembali.
Sayur Besan Khas Betawi - Step 5
6
Terakhir, masukkan kol, kacang panjang dan pete. Biarkan hingga mendidih sempurna. Aduk rata, dan sajikan bersama lontong/ ketupat, soun yang telah disiram dengan air hangat, sambal dan emping dan bakwan sayur/ bala2
Sayur Besan Khas Betawi - Step 6
Sayur Besan Khas Betawi - Step 6
Sayur Besan Khas Betawi - Step 6
7
Nb : soun tidak sy jadikan satu kedalam sayur, agar soun tidak menyerap kuah sayur.
Sayur Besan Khas Betawi - Step 7
Sayur Besan Khas Betawi - Step 7
Sayur Besan Khas Betawi - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kupat Tahu Padalarang

Kupat Tahu Padalarang

Adakah yang suka kupat tahu ini seperti saya😊, akhirnya kesampaian juga bikin sendiri kupat tahu khas Padalarang, recook dari resep aslinya Emmak Abil dan saya modif lagi, lumayan susah cari referensi resepnya karena cuma ada sedikit resep yang beredar😅 jadi saya agak kesulitan untuk mencari perbandingan bahan satu resep dengan resep yang lainnya, dan ibu saya juga tidak pernah bikin kupat tahu padalarang ini karena beliau asli jakarta jadi bikinnya sayur godog betawi, sedangkan resep yang banyak beredar cuma kupat tahu yang pakai bumbu kacang khas bandung / singaparna, tapi saya kurang suka, saya suka kupat yang berkuah dan khas dari kupat tahu Padalarang adalah warna kuahnya yang merah cabe dan ada sounnya, dan ini biasanya sarapan wajib saya kalau pulang kampung ke Bandung, karena seringnya pas hari libur pulang kampungnya jadi tiap hari minggu sarapan ini, sayang di Depok belum nemu 😂, apa saya jualan aja ya😅, kalau beli dikampung khas banget karena dimasak pakai kayu bakar, jadi rasanya beda dan enaaak banget, akhirnya kesampaian juga bikin kupat ini untuk mengobati kangen kampung😁, dan suami bilang enak dan tetep menurut dia kalau dimasaknya pakai kayu bakar seperti dikampung pasti lebih enak lagi, sampai-sampai suami suruh masaknya ditetangga deket rumah yang punya tungku kayu bakar, katanya bilang aja lagi ngidam pengen masak pakai kayu bakar😂. #JajananMinggu #CookpadCommunity_Depok #SatuResepSatuPohon

Kupat tahu

Kupat tahu

Kupat tahu ini makanan dari nenek moyang kita ,kebetulan dirumah ada tahu putih lasung goreng dan kacang tanah

Kupat tahu Padalarang

Kupat tahu Padalarang

Mau beli harus keluar rumah, membuat sendiri saja kebetulan bahannya ada

5 piring
30 menit
Kupat Tahu Tasik

Kupat Tahu Tasik

Biasanya kalau berkunjung ke rumah Nenek di Tasikmalaya pasti saya di masakin kupat tahu, bumbu sederhana tapi berat kangennya. Kalau nenek saya bikin kuah kacang nya ini pakai kuali tanah liat jadi wangi nya lain. Tapi gak apalah yang penting bisa mengobati kangen saya akan masakan nenek.

Kupat tahu

Kupat tahu

4 orang
30 menit
Soto Banjar

Soto Banjar

Soto banjar ini salah satu favorit sy 😊..

Soto sokaraja

Soto sokaraja

Lebaran 2017 ke purwokerto tapi ga sempat mampir ke warung soto sokaraja. Tiba2 pengen cari di jakarta ga nemu akhirnya ngubek2 cookpad ketemu lah resep dari dapurvy. Dengan sedikit modifikasi, Alhamdulillah enak rasanya. Suami tambah makannya . Kurang krupuk warna warni soalnya dipasar ga ada .

Kupat Tahu Solo

Kupat Tahu Solo

Saya paling sukaaak makanan macam ini. Seger, nggak bikin eneq biarpun makannya banyak. Bikinnya pun gampang dan murah meriah. Kebetulan semua orang di rumah juga doyan banget makan ini. Kalau menurut saya sih kupat tahu ini mirip juga sama rujak mie Palembang, terutama kuahnya. Whatever lah.. memang saya sukanya yang beginian. Rasa yang komplet. Manis, asam, pedas, gurih... ada semua di sini! 🥰🥰

Kupat tahu

Kupat tahu

Buatnya gampang, rasanya seger...

1 porsi
10 menit
Soto Sadak

Soto Sadak

Resep Turunan dari alm. Ibu.. baru belajar jugaa hehee..

Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Tahu kupat Solo beda dari kupat tahu. Kalau kupat tahu pakai bumbu kacang, tahu kupat ini pakai kuah manis dari gula jawa. Setahun hidup di negara orang membuat kami (terutama suami) kangen masakan Solo, salah satunya tahu kupat ini. Bahannya sebenarnya simple, cuma butuh waktu bikin ketupatnya aja (saya bikin dari beras instan yang dimasak 1-2 jam sampai jadi ketupat). Rasanya enak, segar, lumayan untuk menghilangkan homesick.

2 porsi
20 menit
Soto banjar ala ala

Soto banjar ala ala

Hujan2 begini memang enak makan yg berkuah dan segar...dr kmrn pengen banget makan soto banjar favorit keluarga tp blom sempet buat krn badan gak fit...ubek2 smw isi kulkas ada bahan nih buat soto...mari eksekusi😄😄

4 porsi
Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Pecel Tipat Santok (Gado-gado Khas Bali)

Gado-gadonya bali namanya pecel. Malam ini kami makan malam dengan pecel karena berhubung kemarin ibu sembahyang dan di bantennya berisi tipat.

7 orang
Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ala mamagie

Tahu guling ini menu sehat, cepat, enaaakkkkk. Saya katakan ala mamagie karna agak bingung berkiblat kemana. Bedanya Kl tahu blabakan magelang kuahnya lebih kental dan memggunakan taburan kacang tanah goreng dan tahunya digoreng dadakan setengah matang, kalau jogja tahu tempenya menggunakan bacem. Saya kurang suka manis jadi saya gunakan tahu gurih, berhubung saya pecinta tempe saya beri tempe juga. Tapi yang pasti kuahnya sama segernya. Kalau mau bikin banyak bumbunya bisa diblender dan gulanya dimasak jadi lebih cepat ya.

Tahu Kupat Banyumas

Tahu Kupat Banyumas

Makanan ini diperkenalkan oleh suami saat belum nikahan alias masih pedekate 😅😅😅, baru pertama kali makan langsung suka dan sekarang jika hari libur buat resep ini bikin ketagihan. Selamat Mencoba

5 orang
30 menit
Tahu kupat solo simpel

Tahu kupat solo simpel

Udah lama ga bikin tahu kupat,,eh ternyata ini laku lho Karena belum banyak yg jual disini🤭

Ketoprak Telur

Ketoprak Telur

Mencoba bikin ketoprak sendiri, terutama di masa pandemi ini sangat menghindari jajan di luar.

2 porsi
1 jam
109. Ketoprak Tastemade #pr_homemadestreetfood

109. Ketoprak Tastemade #pr_homemadestreetfood

Pas tau pr nya hari ini makanan pinggir jalan lsg kepengen buat ketoprak. Aahh jadi kangen makan ketoprak japar yasmin di bogor sama ketoprak depan Garuda Indonesia Training Center zaman kuliah dulu :) Ini resepnya tastemade sy lsg ngulek bumbu 2x resep..

Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

Lebaran kupat yg diadain 1 mgg sth hari raya sdh berakhir. Tp masih ada sisa ketupat. Udah dibuat utk gado2 dll...utk apa lagi ya? Nah, kita buat kupat tahu aja yg pedes2 seger rasanya.

2 porsi
30 menit
Kupat Tahu Jogja / Tahu Guling Jogja

Kupat Tahu Jogja / Tahu Guling Jogja

Yang asli jogja atau yang pernah merantau di Jogja mungkin ada yang sudah pernah merasakan segar & pedasnya kupat tahu ini ya. Membuatnya sendiri dirumah ternyta cukup mudah lho. Apabila anda punya stock baceman, cobalah sekali2 diolah menjadi kupat tahu ini. Bahan & proses membutanya sangadh simpel, in syaa Allaah.

4 porsi