Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) yang Menggugah Selera

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan)

Bagaimana membuat Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) yang mudah Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) sekitar 3-4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ikutan posting rame2 lagi, setelah lama gak ikutan hhihi πŸ˜‚πŸ˜‚ temanya masakan bersantan. Awalnya ragu nih opor rasanya kyak apa klo dicampur terong asam, ehh ternyata endess.. rasa gurih dri santannya trus ditambah asem2 seger dari terongnya.. πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan):

  1. 1/2 kg ayam (potong, cuci bersih)
  2. 2 buah terong asam ukuran sedang
  3. 2 batang serai (di geprek)
  4. 1 ruas lengkuas (di geprek)
  5. 5 lembar daun jeruk
  6. 2 lembar daun salam
  7. 3 buah tomat
  8. 6 buah cabe merah keriting
  9. 5 buah cabe rawit
  10. 500 ml santan
  11. Bumbu Halus :
  12. 4 siung bawang putih
  13. 3 siung bawang merah
  14. 1 cm kunyit
  15. 1 cm jahe
  16. 1/4 sdt merica bubuk
  17. secukupnya garam dan gula

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan)

1
Potong-potong ayam sesuai selera kemudian cuci bersih. Rebus ayam sebentar Β±10 menit(atau kalau mau lgsg dimasak jga bisa) stlah itu angkat dn tiriskan.
2
Potong semua bahan2 lain, sisihkan. Haluskan bumbu (bawang putih, merah, jahe, kunyit) kemudian panaskan minyak, tumis bumbu hingga harum. Kemudian masukan ayam.
3
Setelah ayam dimasukan, masukan santan, aduk perlahan. Kemudian masukan bumbu2 lainnya seperti serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan cabe.
4
Masak ayam hingga matang, terakhir masukan terong asam dan tomat, garam gula. Jangan lupa cek rasa.
5
Opor Ayam Terong Asam (#pr_masakanbersantan) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam spesial Oma Daeng

Opor ayam spesial Oma Daeng

Resep ini merupakan resep warisan keluarga kami, yg diajarkan secara turun temurun, sangat mudah dibuat dan memiliki rasa istimewa yg khas. Opor ayam yg gurih nikmat dan menjadi favorit anak anak di rumah.

5 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

Tiba" aja kepingin makan opor ayam dan sambal goreng kentang ati ampela ngebayanginnya kyknya enak niih..., lgsung aja cuzz ke dapur dan jadi deh..opor ayam dan sbal goreng kentang ati ampelanya , nyuum..nyuum...

Opor ayam kampung tahu tempe

Opor ayam kampung tahu tempe

Mumpung Dady dirumah pengin masak opor bun.. Suruh kasih tempe.. Karena Dady pecinta tempe 😁

4 porsi
1jam
Opor Ayam πŸ“ Maknyus

Opor Ayam πŸ“ Maknyus

15/04/2017, Resep ke-2 olahan kelapa untuk diikutkan kontes cookpad. Sumber: Aida Siregar Tadi malam belanja kebutuhan dapur di salah satu mall....nemu ketupat instan....jadi kebayang pengen buat opor ayam sama ketupat... Akhirnya searching di aplikasi cookpad nemu resep mb Aida Siregar.... "Opor Ayam Kampung Maknyus"... Dan setelah baca resep mb Aida, saya jadi punya keberanian buat opor ayam dengan bumbu racikan sendiri.....biasanya saya pasrah beli bumbu jadi di pasar....soalnya trauma pernah bikin opor ayam rasanya aneh...πŸ˜† Ternyata opor ayamnya memang maknyus.... Terima kasih Mb Aida Siregar... dan terima kasih buat cookpad sumber inspirasiku.... Happy cooking and happy tummy everyone😍😍😍

5 porsi
1 jam
Terik Ayam

Terik Ayam

Best Regard : Icha Annastasia

Opor ayam istimewa

Opor ayam istimewa

Ini masakan paling mudah, lezat, dan mudah dimakan oleh toddler yang giginya masih sedikit...

Opor Ayam Instant Super Enak

Opor Ayam Instant Super Enak

Cerita anak kost yang ingin lebaran tp udh gapunya ibu yang biasa masakin makanan lebaran. Hokey lets go!

5 orang
1 jam
Terik Daging Telur Tahu

Terik Daging Telur Tahu

Tips: (1) pilih daging yg berlemak, punyaku kurang lemak, i reckon kalo berlemak lebih enak hasilnya. (2) setelah telur direbus, siram dgn air dingin agar mudah dikupas. Liat gambar teriknya ci Tintin Rayner langsung bertekad eksekusi. Setelah beli daging langsung deh dicoba. Enak πŸ˜‹ sekilas mirip opor, bumbunya jg mirip kok, gak susah bikinnya. Lets cook!

5 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Perdana bikin opor ayam. Alhamdulillah suami & anak suka. Sengaja di bikin gk kental biar Najwa bisa ikutan makan hihihi.

Opor Ayam Kering

Opor Ayam Kering

Ceritanya lg pengen masak ayam pakai santan, tp gamau bkin opor ayam kuah gt, jadilah ayam opor kering!😊

2 porsi
40 menit
Opor ayam

Opor ayam

jam 07.59 masakan berat ini done request kangmas yang kalo pulang kerja nanti bakal mampir kost aku karna aku nya kerja juga jam 9, jam segini ngebut masak alhasil pake bumbu instan, aslii deh tapi rasanya persiiiis buatan ibu dirumah

Lontong Opor

Lontong Opor

Habis pulang kampung. Belum move on dari menu lebaran. Yaudah bikin opor lagi aja deh. Yuk intip resepnya bund..

60 menit
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Dikasi ayam kampung sama tetangga yg baik hati. Bapak yg nyembelih ayamnya, ibuk yg bersihin bulunya, aku yg masak, dan suami yg makan :D Dulu pertama bikin masi kurang gurih dan ayamnya kurang empuk. Yg ini ayamnya empuuk banget, kuahnya gurihh, santannya kentaall.. Hmm yummy

10 porsi
90 menit
Opor Ayam Spesial

Opor Ayam Spesial

Alhamdulillah... Suami udah lama pengen dimasakin opor, nyodor-nyodorin istrinya terus buat belajar bikin ini sama Ummi yg asalnya org Makassar... Masya Allah emang ini opor terenak yg pernah saya makan selama ini... Cobain yaa...

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Tiba-tiba pengin sarapan opor ayam. Abis subuh langsung hunting cari bahannya ke pasar.

4 potong
45 menit
Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Terik Tahu Telur Tempe #pr_recookmasakanawalanT

Inget masa kecil kalo sakit pasti dimasakin sayur ini,dimakan sama bubur beras. Ini mirip sama opor,tapi beda yaa...

2 porsi
Terik Tahu Tempe Telur

Terik Tahu Tempe Telur

Salah satu masakan favorite keluarga. Dari saya kecil sering banget dimasakin ini :)

3 porsi
20 menit