Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Kering yang Sempurna

Dipos pada March 4, 2022

Opor Ayam Kering

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam Kering yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor Ayam Kering yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Kering, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Kering bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Kering kira-kira 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Kering diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kering sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kering memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya lg pengen masak ayam pakai santan, tp gamau bkin opor ayam kuah gt, jadilah ayam opor kering!😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kering:

  1. 200 gram ayam fillet
  2. 3 sdm minyak untuk menumis
  3. 1 lingkar gula jawa (diameter +- 3cm)
  4. 70 ml santan kental (aku pake merk sun kara)
  5. 150 ml air
  6. BAHAN A :
  7. 6 siung bawang merah
  8. 4 siung bawang putih
  9. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  10. 3 biji / 2 sdt bubuk kemiri
  11. secukupnya merica
  12. 1 sdt garam
  13. BAHAN B :
  14. 1 batang serai ukuran besar (2 batang ukuran kecil)
  15. 2 lembar daun salam
  16. 1 cm laos
  17. 1 ruas jahe

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kering

1
Siapkan semua bahan A. Lalu di uleg hingga halus.
Opor Ayam Kering - Step 1
2
Cuci bersih smua bumbu B. Kerik bagian luar jahe. Geprek bagian ujung serai dan daun salam. Kulit laos bisa di kupas / tidak.
Opor Ayam Kering - Step 2
3
Cuci bersih ayam fillet. Cairkan santan dengan air.
Opor Ayam Kering - Step 3
4
Panaskan minyak, masukkan bahan A yg telah dihaluskan. Tumis hingga wangi dan JANGAN KERING. Gunakan api kecil. Stlah wangi, masukkan ayam, diikuti bahan B. Tuang santan yg sudah dicairkan (shgga smua ayam terendam). Masukkan gula jawa.
Opor Ayam Kering - Step 4
5
Dengan api sedang, tunggu sampai kuah mengental dan gula jawa larut. Siap disajikan!
Opor Ayam Kering - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

CURRY Jepang bumbu opor

CURRY Jepang bumbu opor

curry jepang bumbu nya sama saja dengan curry indonesia, beda nya kaldu nya dibikin kental dengan tepung terigu.

3 porsi
30 menit
Opor Ayam Simple

Opor Ayam Simple

Malas menghancurkan/ulek ulek bumbu rempah, apalagi kalau pakai bumbu instan itu kurang sehat. Jd biasa masak dengan bumbu rempah yang sudah berbentuk bubuk lebih praktis dan sehat tentunya.

1 porsi
20 ment
Opor Ayam Kurma

Opor Ayam Kurma

pas lagi weekend niy,sya nonton tayangan berbagi resep masakan. Resepnya berbahan kurma, kebetulan ada kurma dirumah, ya sud, segera eksekusi. manis kurma nya ga begitu terasa, tp nutrisi nya tetap masuk ke perut. Cobain deh! enak lho...

3 porsi
Jangan Terik 3T

Jangan Terik 3T

Jangan sama artinya dgn sayur, lain dari terik biasanya yg tdk berkuah, Sejak kecil aku mengenal Jangan Terik yg isinya tergantung tanggal, jika jauh dari gajian hanya telur, tempe, tahu atau 3T, tapi jika sdh gajian ada plusnya potongan daging. Sapi, atau daging cincang yg di bola - bola. Temannya rebusan jipang. Atau timun, dan sambel terasi. Keluarga PNS Anak 8 hrs Atur biaya agar Gizi cukup.

7 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Lg kangen masakan mama saat Lebaran berhubung jauh jd bikin sendiri

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Opor Ayam dan Telur Tanpa Santan

Menu ini selalu menjadi salah pilihan keluarga untuk menu khas Indonesia. Sejak aku dan anakku menjalani diet low carbo dan ketika ingin tetap makan opor yang enak.. Aku tetap memasaknya tanpa santan tapi diganti dengan krim pengganti santan. Inspirasi resep ini adalah dari Youtube FiberCreme.yang aku modifikasi dari resep warisan Ibu. Aku tambah telur karena ini juga kesukaan Si Sulung. Teman Opor Ayam dan telur ini sebagai menu utama adalah sambal trasi dan lalapan sayur rebus.. Namun saat Lebaran tiba menu ini bisa menjadi sajian istimewa di Hari Raya, bisa disajikan sendiri atau menjadi lauk bagi sajian lontong sayur. Yuuk mari kita coba dan nikmati Opor sehat resep warisan Ibu.. #KualiEmak #KampoengRamadan #PekanPosbarSayurLebaran #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3

6 orang
1 jam
Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor)

Nasi Kebuli (Memanfaatkan Kuah Opor)

Sedih banget kalo ada makanan sisa, di rumah lagi musim kenduri juga. Sayang kalo lihat kuah opor atau gulai terbuang begitu saja. Ini salah satu cara memanfaatkannya......

4 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Si sulung suka banget masakan yg berkuah santan. Terutama opor ayam. Dan ini merupakan menu utama di rumah ibukku saat lebaran. Disajikan dengan ketupat atau lontong Nyummy... Yg aku buat kali ini ditambah tahu krn di kulkas ayamnya hanya ada sebelah hehe. Kalau di rmh ibuku hanya ayam saja dan masaknya 10 ekor bahkan lebih. Ditambah lauk2 pendamping lainnya. Ketupatnya pun dibuat hingga 200 buah. Krn selain utk keluarga besar, jg utk tamu2 yg datang silaturahim. Jd opor ayam ini menu special di keluarga kami. Yg mau coba bikin opor ayam ala keluarga kami, ini dia resepnya.

4 porsi
60 menit
Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Suamiku lbh suka telur bebek n diceplok, lha si kecil saya masakin opor telur kampung rebus...jd rebus vs ceplok deh :-)

4 porsi
30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Bosen makan ayam goreng terus, jadilah eksperimen opor ayam. Padahal biasanya masak opor kalau lebaran aja

Lontong Opor

Lontong Opor

Habis pulang kampung. Belum move on dari menu lebaran. Yaudah bikin opor lagi aja deh. Yuk intip resepnya bund..

60 menit
Terik daging sapi

Terik daging sapi

Rasa gurih dan manis menjadi ciri khas masakan ini. Salah satu masakan kesukaan semasa di Solo.

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Ayam Opor (side dishes sego liwet)

Untuk melengkapi sego liwet, saya membuat ayam opor. Sebenarnya bumbunya adalah bumbu ayam ingkung, tapi krn saya pakai ayam kampung, sepertinya sulit buat bikin ingkung, ini saja bikin opor bumbu ingkung ini butuh waktu lebih dari 2 jam. Tapi worth to wait kok. Hasilnya enak.

banyak porsi