Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sate Saus Kacang ala Mama Nayla yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada July 7, 2019

Sate Saus Kacang ala Mama Nayla

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Sate Saus Kacang ala Mama Nayla yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sate Saus Kacang ala Mama Nayla yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Sate Saus Kacang ala Mama Nayla, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sate Saus Kacang ala Mama Nayla ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Sate Saus Kacang ala Mama Nayla adalah 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Sate Saus Kacang ala Mama Nayla diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sate Saus Kacang ala Mama Nayla sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sate Saus Kacang ala Mama Nayla memakai 21 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep hasil utak-atik saya, gabungan dari sate madura dan sate banjar. Alhamdulillah keluarga cocok dengan sate ala saya ini. Bahkan setiap Idul Adha, daging qurban nya spesial di request untuk di masak sate ini...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sate Saus Kacang ala Mama Nayla:

  1. 500 gram daging sapi atau ayam
  2. 3 siung bawang putih
  3. secukupnya garam
  4. secukupnya minyak goreng atau margarin cair
  5. secukupnya kecap manis
  6. πŸ’  Saus Kacang πŸ’ 
  7. 100 gram kacang tanah (goreng matang)
  8. 3 buah cabe merah kering (rendam di air panas hingga lunak, tiriskan)
  9. 3 siung bawang putih (goreng)
  10. 2 butir kemiri (goreng)
  11. 1 sdm petis udang
  12. 1 potong gula merah ukuran kecil
  13. 500 ml air
  14. 1/2 cangkir minyak goreng
  15. secukupnya kecap manis
  16. secukupnya garam
  17. secukupnya penyedap rasa (jika suka)
  18. πŸ’  Bumbu Oles πŸ’ 
  19. secukupnya saus kacang*
  20. Kecap Manis
  21. Minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Sate Saus Kacang ala Mama Nayla

1
πŸ’  Pertama-tama buat dulu SAUS KACANG nya : Masukkan dulu kedalam blender sesuai urutan berikut : kemiri, bawang putih, cabe kering, kacang goreng, petis dan gula merah. Tuangi air separonya dulu, lalu haluskan bersama-sama.
Sate Saus Kacang ala Mama Nayla - Step 1
2
Pindahkan bumbu kacang tersebut kedalam wajan. Tambahkan minyak goreng, kecap manis, gula pasir, garam dan bumbu penyedap (jika suka).
3
Masukkan sisa air. Masak diatas api sedang sambil terus diaduk-aduk.
Sate Saus Kacang ala Mama Nayla - Step 3
4
Masak terus hingga saus berubah warna lebih gelap dan berminyak. Koreksi rasanya, jika kurang pas silakan tambahkan garam, gula pasir atau kecap sesuai selera.
Sate Saus Kacang ala Mama Nayla - Step 4
5
Saus kacang siap digunakan. >> Khusus untuk saus ini enaknya berasa manis ketimbang asin. Jadi banyakin kecap manis dan gula hingga mendapat rasa yang pas.
6
πŸ’  Sekarang kita buat SATE nya : daging @ ayam dicuci bersih, lalu dipotong dadu sedang.
7
Haluskan bawang putih dan garam. Lumuri daging dengan bumbu halus, kecap manis dan minyak goreng. Lalu diamkan beberapa saat sebelum diolah atau bisa di simpan dulu di lemari es.
Sate Saus Kacang ala Mama Nayla - Step 7
8
πŸ’  Saatnya MEMANGGANG SATE : Tusukkan potongan daging berbumbu tadi ke tusuk sate, pertusuk isinya 3 - 4 potong daging. Sisihkan.
9
πŸ’  Siapkan BUMBU OLES nya : Ambil beberapa sendok saus kacang. Tambahkan dengan minyak/margarin cair dan kecap manis, aduk rata. Kemudian oleskan masing-masing tusuk dengan bumbu ini sampai terbalut rata.
10
Panaskan panggangan sate, bila perlu olesi minyak. Letakkan sate diatasnya. Bakar sambil dibolak-balik dan diolesi bumbu olesan hingga matang.
Sate Saus Kacang ala Mama Nayla - Step 10
11
Sajikan bersama saus kacang, lontong dan sambal.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Ayam Wo Ai Ni Saceng

Sate Ayam Wo Ai Ni Saceng

Nah ceritanya ak punya geng namanya wo ai ni saceng, kita tuh kalau main ke Puncak pasti nyate dehh malem2 biar pada seru. Krn lagi pada #dirumahaja jadi rindu dan ngide lah bikin sate sendiri dengan resep dari bundada Rika yg sll masakin makanan enak kl kita jalan.

50 porsi
Sate Sapi Saus Kacang Masakan Rumahan

Sate Sapi Saus Kacang Masakan Rumahan

Sate Sapi memang lezat untuk dinikmati dimana saja dan kapan saja. Memang membeli sate itu sangat mudah sebab para pedagang sate keliling hampir ada di setiap sudut kota-kota di tanah air. Di setiap negara ada versi sate yang berbeda-beda dan unik. Mulai dari sate yang kaya akan rempah-rempah, bumbu-bumbu hingga ke cita rasa manis dan bersauskan kacang. Beberapa bulan yang lalu , saya sudah membagikan resep sate yang be rempah. Sekarang, saya Hana menggunakan kecap manis dan bumbu-bumbu yang tidak begitu tajam aromanya. Saus kacang memberikan cita rasa manis yang menyeimbangkan rasa asin daging sapi. Buat apa jajan sate sapi lagi di jalanan; enakan buat sate sapi sesuai selera kita dan tentunya kesegaran serta kebersihan terjaga. Selamat membuat sate sapi, para sobatku!

2 Orang
60 Menit
Sate Padang (Ayam)

Sate Padang (Ayam)

Minggu 26 Juli 2020.....hari minggu menikmati kebersamaan dengan keluarga, salah satunya makan bersama dengan makanan hasil olahan dapur sendiri adalah sesuatu sekali...baru pertama kali masak sate padang ayam, karena tugas agen rahasia ke daerah sumatra. Ternyata rasanya cukup unik...Alhamdulillah jadi tahu cara membuatnya, ingin juga bisa membuat rendang yang betul betul khas daerah padang, karena rendang termasuk makanan favoritku 😊 Source : Dee NADHA #BoyoFBI #AgenRahasiaKeSumatra #CookpadCommunity_Surabaya #GA_TheNextLevel #resepserunipuspaindah

Sate ayam kuah kacang simple dan enak

Sate ayam kuah kacang simple dan enak

Sate ayam ini enak banget ditambah dengan kuah kacang yang gurih bikin nya simple aja aku cukup dg memakai oven aja memanggang nya ..klu memanggangnya di khusus pemanggangan males banget bau asap nya πŸ˜„jadi uhuk uhuk πŸŒ¬πŸ’¨ rasa ny tetap enak dan yummyyuπŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹syuami jg doyan.. Klu untuk si kakak jg doyann🍑🍑🍑

5 porsi
60 menit
Pecel Ala Jabu (Jawa Bugis)

Pecel Ala Jabu (Jawa Bugis)

Menu sehat kesukaan Zawjaty kata y Zaujy ahahha .. simple ngk neko2 ..

236. Sate Bumbon khas Kendal

236. Sate Bumbon khas Kendal

Semarak Clover minggu ini dimenangkan mbak @dessy_solehyanti dengan tema Kulineran khas Kendal terima kasih atas temanya mbak πŸ₯°πŸ˜˜. Salah satu yang mau saya coba adalah Sate Bumbon yang ternyata rasanya mirip sate Maranggi 😁 enakk banget ditambah dengan bumbu kacangnya maksyusss 🀀🀀🀀 yukk dicoba,resep dibawah ini saya dapat dari berbagai sumber dengan penyesuaian. #KendalKhasMeni #Semarak_KendalKhasMeni #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi

Sate padang (padang punya)

Sate padang (padang punya)

resep ini saya dapat dari PMI I masakan perdana team 4.

10 porsi
45 menit
🍒Sate Padang(khas Sumatera Barat)

🍒Sate Padang(khas Sumatera Barat)

Bismillah.... Nurutin kemauan si bontot(adik) pengen makan sate padang yang dulu biasa di masak Almarhumah ibu mertua kakak katanya,(resep ibu mertua) Al-fatihah untuk beliau.saya padukan sedikit dengan resep dr bunda @cook_9885790 . jadilah pagi-pagi kepasar nyari lidah sapi dan ketupat(karena ciri khasnya pakai lidah sapi,makan ditemani ketupat),tapi sayangnya lidah dan ketupatnya g kebagian, akhirnya beli dagingnya saja,dan ketupatnya ganti pakai lontong daun pisang.yuukk capcuss kita eksekusi!!

Krupuk Kuah Sate Padang Simple

Krupuk Kuah Sate Padang Simple

Kemaren pas mudik ke rumah ortu aku sengaja beli krupuk ini, soalnya gag nemu ditempat tinggalku sekarang.. Ini kerupuk terbuay dari campuran kentang (persis caranya aku gag tau sih). Enak banget disanding dengan kuah sate alaΒ² penjual kaki lima itu...πŸ˜‹ #Basidoncek #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadIndonesia #OlahanSayurMamiFay

Sate Padang

Sate Padang

Niatnya si lengkuas mau sy blender sekalian. Tapi si lengkuas di temukan terpisah dari rombongan bumbu halus, jadi sy geprek aja. Source : Finari Kitchen #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #MasakanRumahan #SerbaSerbiSate #PekanInspirasi #Pekan_Sate #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Sidoarjo

Sate Padang

Sate Padang

Sate Padang percobaan pertama. Warna masih kurang kuning terang, bumbu juga kurang berani.. tapi enak juga kok, sebagai pemula..πŸ˜€ #PejuangGoldenApron3

3 porsi
Kerupuk kuah sate / Kerupuk leak padang

Kerupuk kuah sate / Kerupuk leak padang

Kebetulan dikirimin opak/kerupuk ubi sama mama. Mau eksekusi bikin kerupuk kuah sate atau karupuak leak khas padang. Akhirnya ketemu dan recook resep uni becksz's kitchen. Ada beberapa bahan resep asli yg diskip tetapi alhamdulillah sukses dan lidah berasa mudik ke kampuang halaman 'nan jauah di mato'.. Lamak bana! #PejuangGoldenApron3 #week5

Sate Padang

Sate Padang

aku bukan orang padang dan sebelumnya juga belum pernah merasakan sate padang tp ada yg request ..hayoooooooo di coba siapa takut berhubung susah dapet jerohan sapi aku make daging sapi aja :):):)

1 porsi
60 menit
Sate Padang

Sate Padang

Buatnya simple dan pastinya enak. Idul adha bosen klo daging cuma dibuat rendang atau di sate bumbu kecap sdh terlalu mainstream. Buat sate padang bolehlahh buat tambahan referensi masakan. Sebenarnya ini perpaduan dua resep yg sudah ada plus dimodifikasi sedikit..hehehe..eksperimen yg membawa nikmat jadinya.. Selamat berkreasi yaaa..

5-6 porsi
Sate Padang Pariaman

Sate Padang Pariaman

Pernah bikin sate Padang. Katanya suami bumbunya kok beda ya sama yang dijual di warung Padang. Suami bilang sate Padang yang dijual-jual itu pakai bumbu kacang. Sedang yang aku buat gak pakai bumbu kacang. Jadi mikir...πŸ€”πŸ€” Secara saya belum pernah makan yang namanya sate Padang...😁😁 Alhamdulillah ada beberapa bungkus daging sapi yang dititipkan di kulkas mertua. Pas banget sama tema #semarakclover kali ini. Berbahan daging. Dan pas juga sama tema buku Cookpad. Cus dah.... searching nyari resep sate Padang yang pakai bumbu kacang. Akhirnya ketemulah resepnya Bu Malka. Dan ternyata saya baru tahu kalau sate Padang itu ada 3 macam. Yaitu Sate Padang Pariaman,sate Padang panjang dan sate Padang Bukittinggi. Nah...jadi paham sekarang,ternyata sate Padang yang pernah dimakan suami dulu itu sate Padang Pariaman. Yang khas banget dengan bumbu kacangnya...Oke deh...cus bikin...πŸ˜„πŸ˜„ Thanks Bu Malka resepnya..πŸ€—πŸ€— Oh ya ada sedikit modifikasi diresep ya...😁😁 Source : Bu Malka #meatme #semarak_meatme #PekanInspirasi #Pekan_DagingDaerah #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove #clovercookinglover #semarakclover #cookpadcommunity_malang

Sate Ayam padang

Sate Ayam padang

Dl pernah tinggal di Pekanbaru,yg setiap sore ada abang2 keliling jual sate Padang dan selalu nunggui utk beli😁 pertama makan serasa aneh,Krn mmg gak seperti sate2 yg ada di Jawa pake saos kacang, tp ini pake kuah saosnya yg kental dan rasa yg khas dgn bumbu2 rempahnya jd ketagihan pengen bgt buat sdri di rmhπŸ€— Pas bgt malming kumpul keluarga smua akhirnya kita smua bakar2 sate di rmhπŸ‘

4 orang
45 menit
Sate padang homemade

Sate padang homemade

Bosen ngolah daging dengan cara rendang dendeng semur dan temantemannya, mari nyoba cara baru dengan alat baru

#22. Sate ayam teplon no ribet

#22. Sate ayam teplon no ribet

Pengen buat sate yang gak ribet Alhamdulillah ada stok bumbu di kulkas .jadi gak bnyak ngulek 😁 Bikin sate itu pasti di pikiran orang-orang ribet potong bikin bumbu dll . Krna aku suka dan dia suka jadi aku bertekad untuk buat sate dengan cara aku sendiri hehe . Di coba yah jangan cuma di lihatin . semua butuh proses hehe. Bumbu kacang nya cek aja di akun aku yah sdh di share . #PejuangGoldenBatikApron #kacang #emangenakdikacangin #kacangsate #lilis_lingling #penajampaserutara

3 orang
3 jam
Sate Padang

Sate Padang

#AhlinyaAyam Saya itu salah satu pengemar sate padang,nah...kebetulan sekali minggu ini ada semarak clover dan GA dari mbak @Sunny16teen dengan temanya sate padang,ini pertama kalinya saya buat sate padang dengan resep nya mbak @Sunny16teen dan alhamdulillah enak terasa sekali aroma rempah dari kua nya walaupun jitan nya saya skip tapi tidak menguragi rasa nya tetep enak kok πŸ˜‹ makasih ya mbak resep sate padang nya πŸ˜™πŸ˜™ Source:sunny16teen #AhlinyaAyam #endolitalalala #semarak_endolitalalala #semarakclover #cookingwithheareatingwithlove #clovercookinglover #tidaksekedarmemasak #bagikaninspirasimu #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_palembang

Sate daging sapi bumbu madura

Sate daging sapi bumbu madura

setiap ada acara keluarga selalu buat sate daging sapi dikarenakan makanan ini favorit keluarga besar saya, seneng jika masakan kita habis tak tersisa dan semuanya menyukainya. #PejuangGoldenBatikApron #minggu4 #SemangatParaPGBA