Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Biji Salak Ubi Ungu yang Menggugah Selera

Dipos pada September 9, 2018

Biji Salak Ubi Ungu

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Biji Salak Ubi Ungu yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Biji Salak Ubi Ungu yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Biji Salak Ubi Ungu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Biji Salak Ubi Ungu bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Biji Salak Ubi Ungu kira-kira 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Biji Salak Ubi Ungu diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Ubi Ungu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Ubi Ungu memakai 14 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Tidak ada ubi merah, ubi ungu pun jadilah 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Ubi Ungu:

  1. Bahan Candil
  2. 250 gr ubi ungu (kukus/rebus)
  3. 70 gr tepung tapioka
  4. 60 ml air/secukupnya
  5. 1/4 sdt garam
  6. Bahan kinca/kuah
  7. 600 ml air
  8. 2 lembar daun pandan
  9. 50 gr gula pasir
  10. 150 gr gula merah (disisir)
  11. 1/4 sdt garam
  12. Bahan pelengkap
  13. 3 sdm sagu mutiara (rebus & tiriskan)
  14. 65 ml santan cair instant

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Ubi Ungu

1
Untuk membuat kinca, rebus semua bahan hingga mendidih & semua gula larut, lalu saring kinca/kuah.
2
Untuk membuat candil, lumatkan ubi yg sudah dikukus/direbus lalu tambahkan garam & tepung tapioka campur hingga rata
3
Setelah tercampur rata, masukkan air sedikit demi sedikit hingga adonan dapat direkatkan untuk dipulung. Penambahan air disini krn biasanya tekstur ubi ungu lebih keras dr pd ubi merah, sehingga kita perlu air utk membuat adonan dapat merekat. Berbeda dgn ubi merah, utk membuat biji salak dr ubi merah biasanya tdk memerlukan tambahan air krn tekstur ubi merah yg lebih lunak & menyerap lebih banyak air ketika dikukus/direbus sebelumnya.
4
Setelah adonan sdh dpt merekat, pulung adonan menjadi bulatan kecil-kecil, lakukan sampai adonan habis
5
Masak air hingga mendidih, lalu masukkan adonan yg sudah dipulung tadi, rebus sampai adonan mengambang. Adonan candil yg sdh matang ditandai dengan mengapungnya adonan diatas air.
6
Angkat adonan yg sudah mengapung lalu tiriskan.
7
Untuk penyajian, tata candil didalam mangkok lalu siram dgn kinca/kuah, taburi atasnya dgn sagu mutiara yg sdh direbus masak sebelumnya, lalu siram dgn santan cair. Menu ini dapat disajikan dingin juga lhoo..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ayam + Kabocha + Kentang + EVOO (MPASI Baby Bellvanessa 6m+)

Bubur Ayam + Kabocha + Kentang + EVOO (MPASI Baby Bellvanessa 6m+)

Reaksi Baby Bellvanessa : karna Baby Bellvanessa lg batuk jadi Baby Bellvanessa hanya makan 1/2 porsi saja tp dia terlihat suka coz mulutnya minta terus tp agak lambat nelannya. Gpp yg penting Baby Bell mau makan yah... Get well very soon Baby Bell 😘

3 porsi
Kolak Biji Salak ala ala Anak rantau

Kolak Biji Salak ala ala Anak rantau

Kemaren dah coba buat kolak ubi dan pisang. Masih sisa ubi 1 buah alhasil dibuatlah kolak biji salak ini. Kebanyakan diem dirumah dimasa pandemi covid ini buat jenuh palagi sekarang puasa ya sudah lah buat kolak biji salak ala ala aja lah buat buka nanti.

4 orng
Bola-bola Biji Salak

Bola-bola Biji Salak

Baru sempat bikin, sdh ada bahannya,tinggal diolah.yu ikutin.....😊

Biji salak rainbow#kamis#BikinRomadhonBerkesan

Biji salak rainbow#kamis#BikinRomadhonBerkesan

Suka sm ubi tp kl di goreng dah bosen terbikir sm yg warna warni nyoba biji salak pas kl tuk romadhon

4porsi
Bubur hati ayam mpasi 7+

Bubur hati ayam mpasi 7+

Aku cuma ingin memberi yang terbaik buat anaku. Si kecil yang ceria.. nggak mau msg masuk terlalu dini ataupun bubur instan lainya... alhamdulillah sampai kibi dia besar belum pernah makan makan cepat saji. Jadilah ibu yang baik dan memberi yang terbaik untuk buah hati kita.

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

Ubi kuning dapat diolah menjadi berbagai olahan seperti kolak, cake, kue talam, kue lumpur, bingke dan sebagainya. Kali ini mamah ingin buat kolak biji salak yang manis legit, berpadu dengan kuah gurih dan creamy dari fibercreme membuat rasa menjadi seimbang dan tidak terlalu manis. Source: Mira_Jabir (Dengan modifikasi) #Cookpadcommunity_kalbar #Cookpadcommunity_Pontianak #EnakBisaSehat #RamadhanBisaSehat #Fibercreme #KrimerSerbaguna #FibercremeSemuaBisa #EnakTanpaSantan #TanpaSantan #ResepMamaEra #ResepAnekaBuburMamaEra

5 porsi
40 menit
Biji Salak Labu Kuning

Biji Salak Labu Kuning

Dapet oleh oleh Labu kuning dari kakak, buat Biji Salak Labu Kuning. Sumber Resep : mbak @Devi Lukito #FestivalRamadhanCookpad #SilaturahmiCookpad

Bubur Ayam dan Tahu (mpasi 7+)

Bubur Ayam dan Tahu (mpasi 7+)

Mumpung lagi demen tahu nih hehe

1 porsi
15 menit
Bubur ayam gurih

Bubur ayam gurih

Lagi pengen bubur ayam, tp ini bubur ayam ala sy yah, rasa nya enak, jagoan juga doyan.

Biji Salak

Biji Salak

Karena sukak sama kolak biji Salak ini.. Jadii bikin deh buat keluarga 😍 #masaksetiapbagian #SeptemberCeria #WeekendChallenge #JadiPejuangGA3Lagi_2 #CookpadCommunity #BerburuCelemekEmas #BerjuangBersamaTeman #GoldenApron3 #PejuangGoldenApron3 #JadiPejuangGA3Lagi #OnlineClass #CABEKU

"BIJI SALAK GULA AREN" Menu yang cocok hidangan berbuka puasa

"BIJI SALAK GULA AREN" Menu yang cocok hidangan berbuka puasa

Salam... Semoga sobat Cookpadku dimana pun kalian berada senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Tidak terasa puasanya sudah setengah perjalanan ya teman-teman. Masih bingung mau menu bukanya pakai apa nih nanti sore. Buat referensi kali ini kami akan share resep"BIJI SALAK GULA AREN". Emmmmbbb dijamin Endul dan nggak neg ya teman-teman. Boleh banget loh dipraktekkan. Yukkk simak😘

6 orang
1 jam
Bubur ayam magic com

Bubur ayam magic com

Pagi bunda syantikkk.....udah pada sarapan belooom? Td pg bikin buryam nih request si kakak. Ribet? Enggak tuh cos saya bikin buburnya pake magiccom. Jadi gak perlu ditungguin ato diaduk" dan juga gak takut gosong, hehe..bikin kuahnya juga gampang gak pake lama. Buryam sy ini pake nasi sisa semalam y bunda". Topping seadanya ajha tetepp enyakk lho coz masaknya kan penuh cinta. Wkwk..yuklah kepoin resepnya

Bubur ayam

Bubur ayam

Minggu pagi bangun tidur laper, Alhasil ubek2 dapur jadi deh. Alhamdulillah suami suka.😍