Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan yang Menggugah Selera

Dipos pada March 3, 2022

Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan kira-kira 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bumbu instan lebih enak bila kita tambahkan bumbu lagi. Bagi saya yang senang masak praktis dan baru bisa masak juga, menambahkan bumbu selain bumbu instan bikin masakan jadi lebih enak dan seperti masak sendiri. Oke, ini demi apa saya bikin sampai 10 porsi? Yak, ceritanya saya bikin makan siang untuk anak-anak pegawai suamiku di kantor.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan:

  1. 1 kg ayam (dipotong 10 potong, dicuci)
  2. 2 bks bumbu instan opor ayam (untuk 2 L air)
  3. 2 L Air (bisa di combine dengan kaldu ayam bila memungkinkan)
  4. 3 siung bawang putih (untuk rebusan ayam)
  5. Bumbu Halus
  6. 5 siung Bawang Merah
  7. 3 siung Bawang Putih
  8. Secukupnya Minyak
  9. Bahan Utuh
  10. 1 batang Sere (patahkan)
  11. 1 jempol Lengkuas (Laos) dipukul sedikit
  12. 2 lembar daun salam (yg lebar)
  13. 3 lembar daun jeruk
  14. 11 buah cabe kecil (Sesuai selera. Cabe saya hanya di tusuk tusuk saja, tidak diulek atau diiris)
  15. Bahan tambahan (bila bumbu instan dirasa kurang terasa)
  16. Secukupnya Garam
  17. Sedikit Gula
  18. Secukupnya Kaldu ayam bubuk
  19. Secukupnya santan bubuk / cair

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Upgrade Bumbu Instan

1
Siapkan air rebusan untuk ayam. Ukuran airnya, sampai ayam tenggelam. Masukkan 3 siung bawang putih yang telah digeprek dan dipotong. Rebus hingga setengah matang. Lemak-lemak yang mengambang diatas, diambil dengan sendok sayur sampai bersih.
2
Haluskan Bawang Merah dan Bawang Putih
3
Panaskan Minyak di wajan. Masukkan bumbu halus, bumbu opor instan, sere, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga harum.
4
Masukkan ayam ke wajan bolak balik sebentar, lalu masukkan air dan cabe. Masak hingga mendidih.
5
Setelah mendidih, masukkan garam, gula. Koreksi rasa sesuai yang diinginkan. Masak hingga matang. Masukkan santan dan kaldu bubuk. Aduk-aduk dan cek rasa. Opor siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

10 porsi
90 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Resep emak..πŸ˜ƒ, santannya sesuai selera ya...sy segitu sdh berasa bgt opornya...enak. Masak kyk gini ini pekerjaan mjd ringan...seharian maem ginian aja gak bolak balik masak utk menu pagi siang malem...ringkas, hanya mungkin di tambah masak sayur aja...spt sy yg tiada hari maem sayur2an..😊

Opor Ayam

Opor Ayam

ceritanya besok idul fitri, walaupun saya ga merayakan tapi saya mau buat makanan khas lebaran, spy ga ngiler liet orng2 makan,, hehe

Opor Ayam+Tahu

Opor Ayam+Tahu

Kuahnya gurih banget karena pake kelapa yang tua yang banyak santanya

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Hari ini kepengen makan opor.. ini resep dari mamah dan pasti jadi andalan setiap lebaran, teman lontong sayur

Opor ayam & kentang

Opor ayam & kentang

Mumpung ada sisa lontong banyak eksperiment yuk di dapur πŸ˜ƒπŸ‘

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Udah lamaaaaaa bgt ga pernah update cookpad, habis rasa rasanya aku kehilangan selera buat foto masakannya apalagi tiap step stepnya. Maafkann yaa. Ini sebagai pengobat rindu cookpad aku persembahkan opor ayam yang jadi makanan kesukaan aku dari kecil. Makan opor ga harus pas lebaran aja kan. Kalau masak ayam kampung pengennya di kuah kuah. Kata suamiku ini enak tapi kataku kok enakan buatan mamaku ya. Masakan mama ternikmat didunia πŸ’‹πŸ‘

Opor ayam Kuning

Opor ayam Kuning

pas idul adha kemaren pengen banget masak opor ayam, pas browsing nemu deh resep ini dan hasilnya not bad lah....

8 porsi
120 menit
Opor ayam resep my mom 😊

Opor ayam resep my mom 😊

Biasanya pake bumbu jadi, kali ini mau cb pake resep ibu πŸ˜€ eummm yammy dah πŸ˜‹

Terik Ati Tempe

Terik Ati Tempe

Makanan masa kecill... dulu sering dibikinin nenek ini, kalo udah makan pake ini bisa nambah berkali2 hihihi... Aku pake hati sapi, boleh ganti hati ayam, atau cuma pake tahu tempe aja enak kok... Kalo pake tahu, tahunya digoreng setengah mateng dulu ya..untuk tempenya nggak usah digoreng dulu. Langsung masukin aja.

Opor Ayam Tahu

Opor Ayam Tahu

Udah dari dulu kepikiran buat Cookpad, tapi baru kesampaian kesakarang. Daaaan ini resep pertama saya di Cookpad. Semoga bermanfaat πŸ˜€

5 porsi
30 menit
Terik Tahu dan Tempe

Terik Tahu dan Tempe

Bikinnya uda agak lama, tp baru share sekarang. Ayah suka sayur santen2, krn emg dr dulu sblm nikah dikeluarga masakin nya santan2an mulu. Kan kelapa di kampung mah murah😁. Sedang sy kurang suka sayur santen. Tapi demi menyenangkan perut suami😁 gpp ngalah. Kali ini sy bikin agak encer aja santan nya, bukan krn kelapa mahal, males marut, tp dimusim ujan dan dingin gini kalo makan yg kentel2 kok kurang segar😁. Kalo ibu2 mo ikutan masak, santan disesuaikan selera yahh?? (kaya ada yg mo ikutan masak aja qiqi...)

5 porsi
Opor ayam

Opor ayam

selmat mencobaaa πŸ™Œ

8 porsi
45 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

8 porsi
45 menit
Terik tahu khas yogya

Terik tahu khas yogya

Terik tahu ini punya rasa yang khas apa lagi setelah menginap semalam, rasanya makin medokπŸ˜‹ ini kayaknya mantap juga bila di santap bersama ketupat atau lontong ah...saya membayangkanya jadi pengen makan haisss......😊 lagi lagi ini dapet resep dari blognya mbak diah didiπŸ’‹

Ayam panggang bumbu opor ^postingrame2_ayam^

Ayam panggang bumbu opor ^postingrame2_ayam^

Td ada acara jd siang cm diungkep sj ayamnya..terus ditinggal pergi.. malamnya buat makmal.tinggl di panggang sj ayamnya..... fotonya jelek..hehehe..malam2 maklum yaaaπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚... riweh dg si kecil yg jg ga tidur2..haduhh... Ikutan PR perdana ini... meramaikan PR - ayam kali ini...