Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Soto sokaraja (resep ibu mertua) yang Anti Gagal

Dipos pada March 16, 2022

Soto sokaraja (resep ibu mertua)

Anda sedang mencari inspirasi resep Soto sokaraja (resep ibu mertua) yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Soto sokaraja (resep ibu mertua) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Soto sokaraja (resep ibu mertua), antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Soto sokaraja (resep ibu mertua) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Soto sokaraja (resep ibu mertua) kira-kira 3-4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto sokaraja (resep ibu mertua) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto sokaraja (resep ibu mertua) memakai 24 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kali makan, saat pertama menginjakkan kaki d purwokerto. Dan ini selalu jd menu andalan ibu mertua kl kt2 pd ngumpul, pulkam k purwokerto. Ibu paling tau kl cucu2nya pd suka. Ditambah gorengan mendoan yg masih anget pake sambel kecap...hhmm...ga pakai hitungan menit langsung ludes. Ni bikin sesuai persediaan daging yg ada...lumayan buat obat kangen udah lama g pulkam.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto sokaraja (resep ibu mertua):

  1. 300 gr daging (kl lbh enak ditambah jeroan / tetelan)
  2. 1250 ml air /sesuaikan bnyk dikitnya daging
  3. Bumbu halus :
  4. 6 siung bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1,5 ruas jari jahe
  7. 1 ruas jari kunyit
  8. 1 sdt ketumbar bubuk
  9. 1 sdt garam (kl kurang bs ditambah)
  10. Bumbu pelengkap :
  11. 1 btng sereh, cuci, potong jd 3 geprek
  12. 1 keping lengkuas
  13. 1 lbr daun salam
  14. 3 lbr daun jeruk
  15. 1 sdm kecap manis
  16. 3/4 sdt gula pasir
  17. Bahan pelengkap soto :
  18. Sckpny soun, rebus smp matang, tiriskan, siram air dingin matang
  19. Secukupnya bawang merah goreng
  20. Secukupnya daun bawang & sledri
  21. Secukupnya ketupat, potong2 (sy g pake)
  22. Secukupnya krupuk merah
  23. Sambal kacang (haluskan) :
  24. kacang goreng +cabegoreng +bawang putih goreng+sdkt garam+sdkt gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Soto sokaraja (resep ibu mertua)

1
Guyur daging dg air mengalir. Tusuk2 seluruh permukaan daging dg ujung pisau / garpu pd seluruh permukaan daging. Iris agak tipis.
2
Panaskan -/+ 3sdm minyak, tumis bumbu halus sampai wangi & kering (pakai api kecil). Tambahkan air 750 ml. Aduk rata, biarkan air mendidih. Tambahkan daging, aduk rata sampai daging berubah warna, tutup, sesekali diaduk sambil dicek keempukannya (tetap pakai api kecil ya). Masukkan daun jeruknya. Aduk rata, tutup lg biarkan sampai empuk.
Soto sokaraja (resep ibu mertua) - Step 2
3
Stlh empuk, tambahkan sisa air, lada, kaldu bubuk, pala bubuk, gula, kecap & garam jk masih kurang, aduk rata, cek rasa. Biarkan sampai mendidih. Matikan kompor.
Soto sokaraja (resep ibu mertua) - Step 3
4
Penyajian : tata ketupat(sy g pake) d mangkuk, tambah soun, daging, toge, daun bawang sledri & bawang merah goreng. Siram dg kuahnya. Sajikan bersama sambal kacang & krupuk. Sajikan selagi panas.
Soto sokaraja (resep ibu mertua) - Step 4
Soto sokaraja (resep ibu mertua) - Step 4
Soto sokaraja (resep ibu mertua) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Salah satu soto dari sekian banyak soto nusantara , kuahnya bening dan gurih dengan isiannya ayam atau bisa juga daging sapi, ciri khasnya disajikan bersama ketupat/lontong dan krupuk merah juga sambal kacangnya Source : @heshidayat #Cookpad10 #CookpadCommunity

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja

Assalamu’alaikum.. Entah udah brpa bln ngga mudik karena lagi pandemik. Jadi ngga bisa makan soto uenakk ini. biasanya klo mudik ke Purwokerto pasti makan Soto Sokaraja di Soto Sutri,,legend-nya soto sokaraja di Purwokerto tuh πŸ™ˆ soto dagingnyaa uenakpolll πŸ˜† Pas lagi pengin makan soto, ternyata mamah juga bilang minta dimasakin soto sokaraja. Pengin makan soto buatanku katanya πŸ™ˆ Sebenernya ngga pede mau masakin, soalnya mamah klo bikin soto kan top markotopppp πŸ˜… Bismillah, mumpung mamah lagi disini,,langsung masak soto, resep soto sokaraja dri mamah rasanya emang enak banget, suami klo dimasakin soto sokaraja bs makan berkali-kali 😁 aku bikin 2 macam soto ya, pakai daging sapi dan ayam. bikinnya banyakkk biar makan sepuasnyaa πŸ˜‚πŸ€€ #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_yogyakarta #SelaluIstimewa #mrsferdimenuayam

1 jam
75. Sayur Lodeh Tempe, Telur dan Ikan Panggang Pelengkap Ketupat

75. Sayur Lodeh Tempe, Telur dan Ikan Panggang Pelengkap Ketupat

Mari bunda berbuka puasa dgn yg segar dan anget #siapramadhan

Ketupat

Ketupat

πŸ˜€

Sayur ketupat maknyuss

Sayur ketupat maknyuss

Rasanya mantap πŸ˜†

60 menit
Soto Banjar ala BuMertua

Soto Banjar ala BuMertua

Soto Banjar ini kalau di keluarga suamiku dimasaknya setiap hari Raya Idul Fitri, nah biasanya Mama mertuaku yang masak. Nah dikarenakan masih ada pandemi ini, jadi tahun ini fix belum bisa makan Soto Banjar khas Mama mertuaku. Karena udah ngidam dan udah setahun artinya gak makan Soto Banjar ini, akhirnya ngumpulin niat buat bikin sendiri dan dipandu langsung sama Mama mertuaku. Alhamdulillah rasanya sudah mendekati Soto Banjar buatan Mama mertuaku. Karena menurutku setiap masakan itu rasanya tidak akan bisa sama persis, apalagi kalau dibuatnya plus bumbu cinta dan kasih sayang hehe. Selamat Mencoba ya cookpaders.

25 Porsi
120 Menit
Ketupat santan

Ketupat santan

Ketupat gurih

Rujak petis

Rujak petis

Sabtu, 30/05/2020. Minggu ke 35, #GoldenApron2: Biasanya klo masih ada sisa ketupat atau lontong dirumah, suami minta d bikinin rujak petis. Jdi tinggal beli bhn sayur dan petisnya aja.. Cocok utk maksi hari ini..makannya rame rame jdi satu di cobek besar... Mantap jiwa.. Hayukkk masak... #PejuangGoldenApron2 #cookpadcommunity_probolinggo

2 porsi
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi

71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi

Ini masakan favorit Ndi. Kalo udah bikin sate kuah, nggak bisa berhenti makan... Saiyah doyaaaaaannnnn...hahahahaha. Kalau saat pulkam ke Pontianak, kayaknya di setiap sudut kota bakal ketemu yang jualan sate kuah. Satenya bisa sate daging sapi atau ayam. Rasa manisnya kental. Disajikan dengan lontong atau ketupatnya lalu diberi bumbu kacang yg rasanya manisnya juga dominan. Lalu ada irisan timun segar, kemudian disiram dengan kuah kuning gurih yang ada irisan daging dan lemak. Bagian atasnya ditaburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri lalu peraskan sedikit jeruk nipis dan beri cabe sesuai selera...hmmmm juara. Ndi bikin pakai daging sapi.

Lodeh sayur #pelengkap ketupat sayur

Lodeh sayur #pelengkap ketupat sayur

Pagi2 pengen ketupat sayur, cma disini adanya ketupat sayur padang dan saya kurang suka 😷 jadinya bikin sayur lodeh sendiri, trus tinggal beli lontong/ketupatnya deh...

Soto Banjar

Soto Banjar

Soto banjar adalah makanan khas dari Banjarmasin Kalimantan selatan

5 porsi
Soto Banjar

Soto Banjar

Caution! Do not like, do not follow, and highly recommended to unfollow. Disclaimer: I'm not an expert. Baru turun dapur aja belum ada seumuran jagung. Jadi gak perlu repot2 melanjutkan baca resep ini. Secara aku bikinnya full teori & catatan semata. Resep ini diterbitkan hanya utk catatan pribadi & eksistensi/aktualisasi diri, bukan utk pameran. Hasilnya jauh dr cantik, foto pun seadanya. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Alhamdulillah sebagai pemburu gratisan yg dpt kelas online dr CP dgn tema Soto Banjar a la Opibun. Soto Banjar ini adalah makanan khas Kalimantan. Rasanya enak banget. Bikinan aku yg amatir aja udah telen-able, apalagi aslinya. Gak sempet lah poto2 cantik. Udah keburu diserbu sama penghuni rumah. Maklumin aja, sebagai amatir yg mulai masak jam 10 & baru kelar jam 11.30, sementara yg nungguin udah pada kelaperan. Untung gak lupa nyetekin magic com. #PejuangGoldenApron2 week 52 #BelajarBarengCookpad

6 orang
1 jam 15 menit
Laksa Bogor (387)

Laksa Bogor (387)

Perdana bikin laksa...setelah acara ngopi ngorek CM mba @opibun tema laksa jadi penasaran bikin deh...murmer pula bahannya..rasanya unik dan seger...makin ngeres kuahnya makin enak...krn ada oncom dan kelapa sangrai yg buat aromanya khas... Kutipan dari mba @opibun : Laksa adalah salah satu warisan kuliner khas Bogor yang masih terjaga keberadaannya hingga kini. Khas dari Laksa adalah kuah kuningnya yang berampas atau β€œngeres” dengan rasa gurih yang berasal dari kelapa parut. Ditambah semerbak aroma kemangi yang menambah kenikmatannya Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15178360-laksa-bogor?invite_token=j7bKTFo2Ci1bm1fTJL5ry3nS&shared_at=1625990607 #CocomtangPost_LaksaOpiBun #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #CocomtangPost #pekanposbar #laksabogor

5 porsi
1 jam 30 mnt
Soto Sokaraja Ayam khas Kab.Banyumas

Soto Sokaraja Ayam khas Kab.Banyumas

#Cabeku #ayaminlopwityu Lebaran kali ini jelas sekali berbeda. Dari yang tidak bisa mudik sampai tradisi silaturahim via online. Sajian lebaran pun diusahakan masak sendiri. Mengobati rasa rindu yang sudah lama tak pulang kampung, belajar masak makanan yang biasa dimasak ibu saat lebaran, soto sokaraja. Apapun keadaannya tetap disyukuri.

10 porsi
Coto Makasar

Coto Makasar

ceritanya dalam rangka lebaran ketupat kemarin..kita buat nya coto makasar aja biar beda dg lebaran idul fitri 😁 tp mak byan buat nya pake kacang mete sisa lebaran y..πŸ˜„

Doclang Khas Bogor

Doclang Khas Bogor

Sabtu, 16 Januari 2021/#298 Meski pernah merasakan tinggal di kota hujan saat lajang, tapi blum prnh tahu ada makanan khasnya yaitu doclang. Kirain doclang makanan khas Cirebon, krn temanku disini org Cirebon suka cerita kangen ini. Rupanya di Bogor pun ada, dan kabarnya sdh mulai langka. Searching dpt info dari acara OK Food Transtv di yutub, meliput doclang mang Odik. Kt mang Odik sebenarnya doclang itu mirip dg kupat tahu, tapi khasnya doclang itu dari lontongnya yg dibungkus daun patat, dan dari rasa bumbu kacangnya. Karena kacang tanahnya tdk digoreng tapi disangrai sehingga ada aroma panggangan, sedangkan bumbu lainnya cabe dan bawang ditumis dulu. Ciri khas lainnya ada potongan kentangnya. Dan utk posbar semarak clover minggu ini dg tema kreasi makanan khas Bogor, aku intip resep doclang nya Teh Opi Bun dari cocom Bogor. Dimodifikasi yaitu kacangnya disangrai ngikutin info dari mang Odik. Ketupat sy ganti dg lontong daun. Klo rasa jangan ditanya.. Alhamdulillah Enaaak pisan...krn kita emang pd doyan bumbu kacang. Semoga berkenan ya sahabat clover, mbak Netty Yulias yg memilih tema iniπŸ™ Source : Opi Bun - Bogor #KeBogorYuk #Semarak_KeBogorYuk #CookpadCommunity_Sumbar #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLovers #clover_mj

2 porsi
*ketupat lebaran (5.30.7)*

*ketupat lebaran (5.30.7)*

Rabu 05.06.19.. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H - 2019... Minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin... Saya buat ketupat ini untuk hidangan lebaran dan dilengkapi dengan sayur godog, ayam goreng bumbu kuning dan semur tahu telur dan gak ketinggalan juga kerupuk. #siaplebaran #hidanganlebaran #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok

38. Ketoprak Abang Abang

38. Ketoprak Abang Abang

Source: @yunita_guanni Resepnya simpel dan cocok di lidah saya dan sekeluarga...

8 porsi
1 jam
Kupat Bongkok Khas Tegal

Kupat Bongkok Khas Tegal

Makanan yang satu ini sederhana tapi ngangeni banget. Biasanya kalau wekend kami sekeluarga suka nongkrong di warung kupat bongkok langgananku dari kecil. Dulu pernah coba bikin tapi rasanya belum pas, nah sekarang coba bikin lagi Alhamdulillah... suami dan anak2ku bilang rasanya dah pas seperti di warung langgananku. #PejuangGoldenApron3 #DapurBundaSalsa #Kulinertegal

6 porsi
1jam