Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi yang Menggugah Selera

Dipos pada March 19, 2022

71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi yang praktis Cara membuatnya sedikit repot. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi memakai 45 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini masakan favorit Ndi. Kalo udah bikin sate kuah, nggak bisa berhenti makan... Saiyah doyaaaaaannnnn...hahahahaha. Kalau saat pulkam ke Pontianak, kayaknya di setiap sudut kota bakal ketemu yang jualan sate kuah. Satenya bisa sate daging sapi atau ayam. Rasa manisnya kental. Disajikan dengan lontong atau ketupatnya lalu diberi bumbu kacang yg rasanya manisnya juga dominan. Lalu ada irisan timun segar, kemudian disiram dengan kuah kuning gurih yang ada irisan daging dan lemak. Bagian atasnya ditaburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri lalu peraskan sedikit jeruk nipis dan beri cabe sesuai selera...hmmmm juara. Ndi bikin pakai daging sapi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi:

  1. Daging sapi:
  2. 750 gr daging sapi - potong kotak sedang
  3. Tusuk sate
  4. 4-5 sdm kecap manis
  5. 4 sdm bawang putih bubuk
  6. 1.5 sdm kunyit bubuk
  7. 1/4 sdt jintan bubuk
  8. 1/4 sdt fennel seed bubuk
  9. 1 sdt merica bubuk
  10. 2 sdt kaldu sapi bubuk
  11. secukupnya Garam
  12. Bumbu kacang:
  13. 300 gr kacang tanah goreng di blender halus
  14. Kecap manis (secukupnya)
  15. 4 sdm bubuk bawang merah
  16. 2 sdm bubuk bawang putih
  17. 6 sdm gula merah (sesuai selera)
  18. 2 sdt kaldu bubuk
  19. 6 sdm air asam
  20. secukupnya Air
  21. secukupnya Garam
  22. Kuah sate:
  23. secukupnya Air
  24. Daging tetelan & lemak iris kecil dan tipis
  25. 2 sdm bubuk bawang putih
  26. 2 sdt bubuk jahe
  27. 2 sdt bubuk kunyit
  28. Secubit bubuk pala
  29. 1 batang sereh - geprek
  30. 1 cm lengkuas - geprek
  31. 3 lbr daun jeruk
  32. 2 lbr daun salam
  33. Garam, merica, kaldu bubuk
  34. Olesan sate daging:
  35. 3 sdm kecap manis
  36. 3 sdm bumbu kacang
  37. 2 sdm kuah sate
  38. Tambahan lainnya:
  39. Lontong atau ketupat
  40. Timun segar - iris tipis tidak beraturan
  41. Bawang goreng
  42. Irisan daun bawang dan seledri
  43. Cabe (ndi: cabe/sambal bakso)
  44. Jeruk nipis
  45. Kecap manis

Langkah-langkah untuk membuat 71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi

1
Daging sapi: potong daging sapi kotak sedang. Campur dengan bumbu daging: kecap manis, baput, kunyit, jintan, fennel seed, merica bubuk, garam, kaldu. Sisihkan. Ndi inapkan semaleman sebelum ditusuk-tusukin.
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 1
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 1
2
Bumbu kacang: masak dengan api kecil. Masukkan kacang, bubuk baput, bubuk bamer, beri air asam, garam, kaldu bubuk, gula merah, beri air secukupnya, kecap manis sesuai selera. Masak sampai mendidih. Tekstur bumbu kacang mesti kental. Bumbu kacang siap.
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 2
3
Kuah sate: didihkan air dalam panci. Tumis daging tetelan dan lemak dgn bubuk baput, jahe, kunyit sampai warna daging berubah. Tuangkan tumisan daging ke dalam air. Didihkan. Tambah pala, serai, daun salam, daun jeruk, garam, merica, kaldu bubuk setelah mendidih, kecilkan api. Masukkan daun bawang utuh. Matikan api. Kuah sate siap.
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 3
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 3
4
Olesan sate: gunakan piring ceper, aduk bumbu kacang, kecap manis dan kuah sate sampai rata, oleskan ke sate, panggang sate hingga matang. Sate sapi siap.
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 4
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 4
5
Penyajian: tata lontong dan sate dalam mangkuk, beri bumbu kacang, iriskan sedikit timun, siram dengan kuah sate. Taburi bawang goreng, daun bawang & daun seledri dan kecap manis. Cabe & jeruk nipis sesuai selera. Selamat menikmati.
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 5
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 5
71. Sate Kuah Pontianak Gaya Ndi - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat teri mbah nawati

Ketupat teri mbah nawati

Resep turun temurun keluarga. Kita ngany ketupatnya sendiri bukan beli yang sudah jadi dipasaran, karena kadang yang dipasaran anyamannya kurang bagus dan ga terik anyamannya.

Ketupat Sayur Sehat TANPA Santan

Ketupat Sayur Sehat TANPA Santan

Udah lama banget cari-cari bahan masakan yang bisa gantiin fungsi santan juga susu. Sampe akhirnya nemu lah Fiber Cream, yang awalnya liat di youtube channelnya Chef Yuda Bustara/Kokitvku. Suami yang pecinta masakan bersantan, tapi dilarang makan santan berlebih langsung excited pas istrinya cerita ini. Kemudian, mintalah pak suami dibuatin ketupat sayur. Pake Labu. Bukan Pepaya. Dan, rasanya enak loh. Meski gak terlalu gurih kayak pakai santan.

4 porsi
Kupat Rice Cooker

Kupat Rice Cooker

Cara buatnya super gampang dan anti gagal ^^

Ketoprak Jakarta

Ketoprak Jakarta

Ini adalah tugas rumah belajar boga di komunitas Ibu Profesional, regional Yogyakarta. Baru pembukaan rumbel, sudah disuguhi challenge buat makanan tradisional favorit. Akhirnya cari resep yang mudah gampang lezaat. Nemu lah ini ketoprak.

4 porsi
1 jam 15 menit
Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Rabu, 1 Desember 2021/#551 Source recipe : eyang Puji Winarni @eyangbima Pas lagi milih sayuran di kedai sayur, liat ada toge pendek.. Ingatan langsung pingin bikin sroto. Sroto itu sejenis soto yg berasal dari kecamatan Sokaraja yg berada di wilayah kab. Banyumas, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 8 km dari kota Purwokerto, ibukotanya Banyumas. Bbrp wkt yg lalu, sosok inspiratif bagi para cookpaders, eyang Puji memberikan sharing cara pembuatan sroto..kata eyang ciri khas sroto itu terletak pd sambel kacangnya. Adapun bumbu kuah sotonya lebih simpel. Dan pelengkapnya selain ketupat, soun, ada toge pendek serta krupuk gonjreng warna merah yg memberi cita rasa juga saat disantap. Krupuk ini terbuat dari singkong. Saya bikin setengah resep. Kerupuk gonjreng sy ganti dg kerupuk kanji khas daerah minang yg banyak ditemui di sumatera. Modifikasi sedikit pd langkah. Seperti menaburkan bawang daun kedlm kuah. Beneran deh makan soto kali ini serasa beda krn kuahnya jadi terasa gurih creamy setelah bercampur dg sambel kacang.. Mau bikin juga? Intip resepnya.. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek

6 porsi
1 jam
Ketupat metode 5.30.7

Ketupat metode 5.30.7

mau lebaran iedul adha pengen bikin ketupat yang irit gas dan waktu..cuss kita pake metode ini.. source : dapoer bia #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bogor #BertumbuhBersamaCookpad #week9 #UmisCooking #dapoernya_umi

10 porsi
Jangan Bung/rebung/sayur kupat

Jangan Bung/rebung/sayur kupat

sayur rebung yg jatang sudah di temui dengan bumbu warisan dr keluarga did esa memgobati rindu di tanah rantau

Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Moment lebaran selalu identik dengan ketupat sayur

Gado-gado Enak Eco

Gado-gado Enak Eco

anti ribet2 club mana suaranya 😋🙋 pas ke supermarket sy coba beli bumbu gado gado yg sudah jadi. tinggal beli sayuran dan kita cuci bersih semuanya.

2 porsi
Ketupat metode 5.30.07

Ketupat metode 5.30.07

Sebelum ngasih resep untuk ikutan golden apron season 3, Aku ucapkan selamat hari raya idul fitri buat seluruh cookpaders yang merayakan ya.. mumpung masih suasana lebaran nih.. aku mau setor resep ketupat yang hemat gas untuk para #PejuangGoldenApron3 yuuk simak resepnya ya

10 buah
1 jam
Soto Banjar ala BuMertua

Soto Banjar ala BuMertua

Soto Banjar ini kalau di keluarga suamiku dimasaknya setiap hari Raya Idul Fitri, nah biasanya Mama mertuaku yang masak. Nah dikarenakan masih ada pandemi ini, jadi tahun ini fix belum bisa makan Soto Banjar khas Mama mertuaku. Karena udah ngidam dan udah setahun artinya gak makan Soto Banjar ini, akhirnya ngumpulin niat buat bikin sendiri dan dipandu langsung sama Mama mertuaku. Alhamdulillah rasanya sudah mendekati Soto Banjar buatan Mama mertuaku. Karena menurutku setiap masakan itu rasanya tidak akan bisa sama persis, apalagi kalau dibuatnya plus bumbu cinta dan kasih sayang hehe. Selamat Mencoba ya cookpaders.

25 Porsi
120 Menit
Sayur ketupat lebaran

Sayur ketupat lebaran

Edisi sayur ketupat lebaran..alhamdulilah enak dan tidak eneg😁kental dan berasa..😊😊

Tahu guling

Tahu guling

Setiap mudik, malam takbiran selalu bikin tahu guling, karena kuletupat sdh mateng, dan seger bangett. Rasa bawangnya, manis gula jawa dan kecap, pedasnya cabe, seger nya sem, kresnya kol mentah, tahu, tempe tauge menyatu, wangi daun jeruk. Enak deh pokokknya. #PejuangGoldenApron3

1 porsi
Ketupat (daun kelapa)

Ketupat (daun kelapa)

Kalau bikin lontong jgn pke plastik ya bu ibu , bahayanya itu lo yg mengerikan 🙈 , lebih baik pke daun pisang , daun kelapa atw daun pandan 😊

Ketupat

Ketupat

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa (janur) yang masih muda. Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Idul Fitri (Lebaran), ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa. Ketupat pastinya menjadi salah satu menu makanan yang selalu ada setiap kali lebaran. Ketupat atau kupat kependekkan dari ngaku lepat (mengaku salah), yang disimbolkan dengan anyaman janur kuning yang berisi beras lalu dimasak. Ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga kepada masyarakat Jawa, beliau membudayakan sebuah tradisi, yaitu setelah Lebaran, masyarakat setempat menganyam ketupat dengan daun kelapa muda lalu disii dengan beras. Namun masyarakat Jawa sebelum kedatangan islam, jauh sebelumnya nusantara sudah akrab dengan hidangan yang bernama ketupat atau tipat atau apapun nama sebutannya, bahkan bukan tidak mungkin ketupat sudah ada sebelum asimilasi agama Hindu. Di pulau Bali, tipat juga sering dipersembahkan sebagai sesajian upacara, mereka menggabungkan antara agama Hindu dan budaya Jawa, daun kulit kelapa yang masih muda di bentuk beraneka ragam yang melambangkan simbol ritual acara sembahyangan yang memiliki makna filosofis mendalam untuk jagad mikrokosmik dan makrokosmik.

Ketupat dan Opor Ayam

Ketupat dan Opor Ayam

Kumpul-kumpul keluarga besar di Bandung. Kakak dan adik mampir sebelum pergi liburan bersama keluarga masing-masing. Kakak yang pinter masak bikin opor ayam terus ketupatnya saya beli jadi aja. Saya catet resepnya biar ntar mudah kalau bikin sendiri. Enak. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

6 porsi
60 menit
Ketupat metode 5-30-7 +tips awet tanpa bahan tambahan kimia

Ketupat metode 5-30-7 +tips awet tanpa bahan tambahan kimia

Bismillah, Setor resep ke 405 Source resep bu Atie Dewantie Edisi lebaran Idul Fitri dan Idul Adha tahun ini, suami request bikin sendiri menu hidangan Lebaran ini. Akhirnya saya coba bikin ketupat ini, saya modifikasi dari resep asli dan tambahkan sedikit cara dari tetangga sekaligus guru belajar masak sejak kecil. Tips membuat ketupat yang awet dan tidak cepat basi adalah ✓ gunakan beras baru yang sudah dicuci bersih ✓tambahkan perasan air jeruk nipis di air rebusan ✓ tambahkan daun salam untuk menambah aromatik khas sekaligus pengawet alami ✓ tambahkan beberapa siung bawang putih sebagai pengawet alami ✓ tambahkan beberapa daun serai digeprek sebagai aromatik khas dan pengawet alami ✓gantung ketupat setelah matang, agar diangin-anginkan supaya tiris air sisa rebusannya ✓sisa ketupat yang tidak habis bisa disimpan di kulkas atau freezer #CookpadCommunity_Depok #GA_TheNextLevel #BancakanOnlineBarengCookpad #eBook

Lontong lebaran

Lontong lebaran

Masakan ala2 keluarga muda perantauan🤭

Ketupat 5 30 7

Ketupat 5 30 7

Awalnya pengen bikin ketupat tapi g mw lama,,🤭..cara ini bikin aku terpukau sangking senengnya baru pertama nyoba trnyata bisa jd bagus😁