Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Kuning yang Sempurna

Dipos pada January 21, 2022

Opor Ayam Kuning

Sore-sore begini enaknya membuat Opor Ayam Kuning yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor Ayam Kuning yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Kuning bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Kuning adalah 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Kuning diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuning memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep by Mamahku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuning:

  1. 1 Ekor Ayam
  2. 1500 Lt Santan (1 buah kelapa)
  3. 2 Lembar Daun Salam
  4. 2 Batang Sereh (digeprek)
  5. Jinten (sedikit saja)
  6. Gula (secukupnya)
  7. Garam (secukupnya)
  8. Penyedap Rasa (Royko Ayam) boleh di skip
  9. Bahan yang dihaluskan :
  10. 5 Buah kemiri
  11. 10 Siung Bawang Merah
  12. 4 Siung Bawang Putih
  13. Lengkuas (3cm)
  14. Kunyit (3cm)
  15. secukupnya Jahe

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuning

1
Potong ayam menjadi beberapa bagian (sesuai selera)
2
Rebus / Kukus ayam terlebih dahulu supaya empuk kurang lebih 15mnt,angkat lalu tiriskan
3
Tumis bumbu halus hingga beraroma masukan sereh,daun salam, jinten lalu masukan santan dan juga ayam yang sudah dikukus / rebus
4
Masak hingga mendidih,lalu masukan Gula, Garam, Penyedap Rasa (koreksi rasa)
Opor Ayam Kuning - Step 4
5
Selamat Mencoba ☺️

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Ikut menikmati moment idul fitri. Krn msh dirmh saja,jd pesan ditukang sayur yg biasa lewat depan rumah,ayam kampung.maunya bikin soto ehhh malah jadi opor ayam🙂.

Opor ayam

Opor ayam

Resep andalan dan favorit anak-anak. Gampang banget bikinnya. Bisa juga ditambahkan telor rebus dan tahu. Selamat mencoba buibu

Opor Ayam bumbu kuning

Opor Ayam bumbu kuning

Untuk menemani sohun gorengnya sy membuat opor ayam dr resep mba fitrisas di cookpad.. udh lama simpan tp br skrg terlaksana membuatnya.. sy suka opor yg kuahnya kental dan sedikit berkuah.. menurut sy lebih gurih dan nikmat dimakan dgn nasi hangat 😀.. makasih mba fitri resepnya.. resep asli ayamnya 1kg tp sy cm 1/2kg dgn takaran bumbu yg sama..

7 porsi
60 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Sebelum lebaran udah kepengen bgt makan opor, cek kulkas cm ada 1/2 kg ayam nya yasudah di eksekusi seada nya aja, biar gak penasaran kan, saya suka ayam nya di goreng setengah matang ya sampai berkulit biar gak terlalu amis dan gak gampang hancur saat di masak.

Opor ayam

Opor ayam

Ga usah ribet kalo masak beginian mah, beli bumbu jadi aja, cusss

Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Tiba-tiba kebayang makan opor ayam. Latihan persiapan masak opor buat idul fitri hehe. Silakan dicoba resep simpelnya, Bunda :)

3 - 4 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

2 porsi
30 menit
Terik Ati Ayam

Terik Ati Ayam

Mumpung ada mama jadi minta diajarin masak ini, ternyata simple banget. Makanan ini gurih agak manis gitu rasanya tapi enak banget kalau buat makan sama nasi panas 🥰 karena menu ini ga pedes sama sekali, jadi cocok buat makan anak2 ya mom #PejuangGoldenApron3 #GoldenApron3 #TheNextLevel #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #Cookpad

8 porsi
30 menit
Opor tulang ayam

Opor tulang ayam

di kasih tulang ayam bingung mau d masak apa. Jadi d masak opor aja dech

Opor kuning

Opor kuning

Bebikin opor bukan lebaran aja..hari lain pun bolehh...jom makan...hehehe

Opor Ayam mantul

Opor Ayam mantul

Senang nya ada di ruang CookPad

Opor Ayam Kuning + Tahu

Opor Ayam Kuning + Tahu

6-8 porsi
30 mnt
Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuah Kuning

Menu masakan wajib saat lebaran... dipadu dengan ketupat, daging rendang, sambal goreng kentang ati, bubuk kedelai dan kerupuk... 🤤

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Kali ini menggunakan ayam🐓 kpg, kaldunya terasa beda lho. Cobain deh👍

Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

23/05/2020 Masih dengan menu wajib lebaran. Jodohnya ketupat atau lontong ya jelas opor ayam dong. Kl di rumah mama pakai ayam kampung hasil ternak sendiri. Pas lebaran gini biasanya potong 7-9 ekor ayam. Masyallah banyak bgt tapi ya alhamdulillah habis. Sementara saya pakai ayam boiler biasa aja. Trus krn udah lelah masak dg backsound bayi ngek ngek, biar cepet kelar jadinya pakai bumbu instant siap pakai. Santannya juga pakai yg instant. Hanya disiasati dg pakai ekstra santan agar lebih kental dan gurih. Gampang dan praktis bikinnya. Kayaknya tahun depan bisa nih training cah lanang masak opor kl pake bumbu instant gini 😆😆😆 #OporAyamPraktis #MenuLebaran #MudikOnline #DirumahAja #IdulFitri1441H #TimGaPulangKampung #FestivalRamadhanCookpad #RamadhanPenuhIdeMasakan #CookpadCommunity_Borneo

Opor ayam kampung resep keluarga

Opor ayam kampung resep keluarga

Menu favorit keluarga besar alm. Arif Cilegon, acara apapun yang penting menu nya opor ummi Adiba🥰 jadi biar gampang save di cookpad. Kalo ada yang nanya resep tinggal share aja. Ga usah lama-lama ngetik.