Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor kuning yang Menggugah Selera

Dipos pada January 23, 2022

Opor kuning

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor kuning yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor kuning memakai 16 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bebikin opor bukan lebaran aja..hari lain pun bolehh...jom makan...hehehe

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor kuning:

  1. 8 ons ayam
  2. 1 kotak santan kara 250ml
  3. secukupnya Garam
  4. 1/2 sdt kaldu bubuk (no gula)
  5. secukupnya Air
  6. Taburan bawang goreng
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. 1 ruas jari jahe digeprek
  9. 2 buah serai digeprek
  10. 1 ruas jari lengkuas digeprek
  11. Bumbu halus:
  12. 8 buah bawang merah
  13. 4 buah bawang putih
  14. 5 buah kemiri
  15. 1 sdt munjung kunyit bubuk
  16. 1/2 sdt lada bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor kuning

1
Siapkan semua bahanya.
Opor kuning - Step 1
2
Cuci ayam hingga bersih, lalu beri garam kunyit dan bawang serta sedikit ketumbar bubuk. Beri air secukupnya ato rata dengan daging ayamnya.
Opor kuning - Step 2
3
Rebus ayamnya jangan terlalu lama. Tapi kira2 ud setengah matang dan buang sisa airnya.
Opor kuning - Step 3
4
Tumbuk bumbu halusnya. Dan geprek semua bumbu yg ada.
Opor kuning - Step 4
5
Tumis bumbu semuanua hingga matamh.
Opor kuning - Step 5
6
Setelah ditumis lalu beri daging tadi dan beri air secukupnya.
Opor kuning - Step 6
7
Masak hingga benar mendidih dan matang dagingnya.lalu bri santan
Opor kuning - Step 7
8
Aduk rata dan tunggu mendidih lalu angkat.
Opor kuning - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam simple gak pake ribet

Opor ayam simple gak pake ribet

Ceritanya kan lg suasana lebaran nih . Berhubung aku gk lebaran dan jauh dari ortu akhirnya pengen aja tradisi opor ayam lebaran ini ada dirumah hehe ..

isi 15 potong
-+ 40 menit
Opor Ayam Mantul

Opor Ayam Mantul

Resep ini dari mamaku dan selalu jadi andalan saya krn anak ku yang sulung doyan banget opor putih ini yg dia bilang rendang putih 😁. Ceritany klo yg coklat itu rendang daging sapi kalo yg putih ayam dia bilang rendang putih begitulah ceritanya mommyΒ² sekalian the end...yuk now kita masak πŸ”πŸ²

Opor Sayap Ayam Bumbu Kuning

Opor Sayap Ayam Bumbu Kuning

بِسْمِ اللّٰهِ Ψ§Ω„Ψ±Ω‘ΩŽΨ­Ω’Ω…Ω°Ω†Ω Ψ§Ω„Ψ±Ω‘ΩŽΨ­ΩΩŠΩ’Ω… Kelar masak untuk makan siang nanti. Kali ini masak kesukaan paksu, krn dia suka bnget sama opor ayam. Tapi berhubung kita ber2 ngga suka daging ayam yang banyak dagingnya jdi aku pake sayap ayam. Alhamdulillah πŸ˜ŠπŸ˜‹πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ™ πŸ“† 18 Maret 2020 #wk25 #DapurSelvi2020 #MasakItuSaya #AhlinyaAyam #PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #CookpadId #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Bogor

2porsi
20menit
Menu sahur opor ayam mantap

Menu sahur opor ayam mantap

Perdana, permintaan suami😊

untuk 5 porsi
Opor Ayam Tanpa Bumbu Uleg

Opor Ayam Tanpa Bumbu Uleg

Lagi pengen buat opor tp males buat bumbu halusnya.. akhirnya eksekusi cuma dg bumbu iris🀭

Opor ayam

Opor ayam

2 porsi
45 menit
Opor gule ayam

Opor gule ayam

Kangen ngumpul sama ortu&mertua,terhambat jarak karena virus corona -19 di hari raya lebaran tahun ini2020.akhirnya membuatku bergerak membuat hidangan yg slalu hadir ditengah2 meja t4 berkumpulnya kelgku setiap lebaran ditahun2 lalu,menu "Opor gule ayam dan Ketupat"(tahun ini tanpa ketupat/lontong,cukup oporne ae)krn kondisiku yg harusnya bedrest total. #PekanPosbar #PekanPosbarSayurLebaran #KampoengRamadhan

1panci sedang
45menit
22. Opor Ayam

22. Opor Ayam

Mudik mudik dan mudik , Pemerintah hanya menganjurkan tidak mudik nyata, untuk itu mari kita #mudikonline πŸ˜‚πŸ˜‚ Belum lebaran tpi dah pingin bikin opor aja nih gara2 mamahπŸ˜…. Ref : Citra Haries #DiRumahAja #RamadanPenuhBerkah #FestivalRamadanCookpad #ramadhankareem #kedapuraja #mamakiyamasak #Cookpadcommunity_Bekasi #Cookpad_Indonesia #TiketMasukGoldenApron3 #Kartulebaranku_Bekasi πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—

Opor Ayam Lebaran

Opor Ayam Lebaran

I wanna be feels like home... 😊

Telor, tahu masak bumbu kuning (terik tahu)

Telor, tahu masak bumbu kuning (terik tahu)

#semuatentangibu #makananfavoritibu Ini makanan fav alhmh ibu, tahu sama kol dimasak bumbu kuning rasanya seperti opor tp bumbunya lebih simple dibandingkan opor kalo didaerahku biasa disebut terik tahu, makannya pake krupuk sama sambel tomat,, awalnya ragu waktu dikenalin makanan begini kok makan pake sambel ternyata enak jg krn kuahnya gak pedes jadi makan ditambahin sambel ada sensasi pedes pedes gt,,

Terik Tahu, Tempe, Telur ala Tiger Kitchen

Terik Tahu, Tempe, Telur ala Tiger Kitchen

Masakan ala Jawa Tengah ini hampir mirip sama opor sebetulnya, tapi disini saya tidak menggunakan daging ayam. Bahan2nya juga gampang dibikin, ayo cobain moms...:)

Opor Ayam Suwir Fiber Creme Ala Anak Kost

Opor Ayam Suwir Fiber Creme Ala Anak Kost

#TiketMasukGoldenApron3 Lebaran tahun ini bakal berkesan banget, yang biasanya rame jadi bener2 sendirian di kamar kost, yang biasanya shalat Eid sama2 di lapangan, jadi shalat Eid sendirian di kamar..huhuu semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir ya mantemin.. Aamiin Biar suasana lebaran berasa di kosan, sabtu kemaren sy nyoba bikin opor ayam suwir, simpel anti ribet dg bahan seadanya karena dr kamis abang sayur keliling udah ga ada yg jualan. Maaf telat banget ya postingnya, tapi gpp semoga bermanfaat :)

2 porsi
Opor Ayam Endolita

Opor Ayam Endolita

Untuk teman makan lontong atau ketupat

Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuah Kuning

Hari ini masak opor ayam, buat nemenin lontong biar ga kesepian πŸ˜„. Ini masih pake resepnya mba Inggrid, tp udh saya modif sana sini, klw versi aslinya ada di resep opor ayam bumbu kuning di postingan saya terdahulu. Alhamdulillah bokap nambah opornya ampe 3 kali dlm sekali makan 😍, senengnya pake banget klw liat bokap maemnya lahap. Semenjak mama ga ada, kami hanya tinggal berdua aja di rumah, jd masaknya porsi dikit 😁, ehh dikit apa ngirit yaa πŸ™ŠπŸ™ˆ. Selamat idul adha manteman, salam Opor Kuning dari Dapoer Mama πŸ™πŸ™.

Opor kuning ayam kampung ala mom's nduts😘

Opor kuning ayam kampung ala mom's nduts😘

Menu yg juga tdk ketinggalan disaat lebaranπŸ™‚πŸ˜‰