Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Lontong Banjar yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada April 1, 2022

Lontong Banjar

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Lontong Banjar yang unik? Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Lontong Banjar yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Lontong Banjar, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Lontong Banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Lontong Banjar sekitar 12 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Banjar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Banjar memakai 26 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini saya catat sebagai pengingat saya kalo ingin masak lontong lagi dikemudian hari, karena kemaren saya sudah mencoba membuat resep ini hasil modifikasi beberapa resep dan tanya2 dengan orang tua sendiri, ternyata hasilnya sangat enak..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Banjar:

  1. Bahan Kuah:
  2. Sayuran:
  3. 1/4 kg nangka muda di potong sesuai selera
  4. 2 buah ubi jalar warna orange dipotong dadu 1x1cm
  5. 1 ikat kacang panjang dipotong serong 2-3cm
  6. Bumbu:
  7. 2 biji kelapa ambil santannya
  8. 4 liter air
  9. 1 batang sereh geprek
  10. 3 cm lengkuas geprek
  11. 2 lembar daun salam
  12. 1 sdm gula merah
  13. secukupnya Garam dan penyedap
  14. 1/4 kg ceker pengganti kaldu
  15. Haluskan:
  16. 6 siung bawang merah
  17. 4 siung bawang putih
  18. 5 buah kemiri
  19. 3 cm kunyit
  20. 1 cm kencur
  21. 2 sdm ketumbar (sesuai selera, saya suka banyak ketumbar wangi)
  22. 1/2 sdt terasi
  23. Pelengkap:
  24. Lontong/ ketupat beli jadi
  25. Ikan gabus/telur masak habang bisa dilihat di resep saya lainnya
  26. Bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Banjar

1
Rebus potongan nangka muda sampai mendidih, setelah matang angkat dan tiriskan
2
Rebus air yg sudah menyatu dgn santan bersama ceker ayam
3
Haluskan bumbu kemudian tumis dengan 3 sdm minyak goreng, setelah agak wangi masukan lengkuas, daun salam, dan sereh
4
Campur bumbu dengan rebusan santan dan ceker, tambahkan ubi, garam secukupnya, tunggu sampai mendidih (jangan lupa untuk sering mengaduk kuah agar santan tidak pecah) kemudian masukan nangka yg sudah masak dan kacang panjang.
5
Setelah matang, matikan api kompor dan tambahkan penyedap secukupnya, tuangkan diatas sajian lontong/ ketupat yg sdh dipotong-potong, tambahkan ikan haruan/ telur masak habang dan jangan lupa taburi bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Laksa Bogor (tanpa oncom)

Laksa Bogor (tanpa oncom)

Menu Indonesia minggu ini di rumah... Instagram: @miss_across_the_kitchen Blog: https://www.missacrossthesea.com/2018/10/resep-indonesia-laksa-bogor.html YouTube: https://youtu.be/Fp0-9Pal7Bo

2-4 porsi
+/- 30 menit
Ketupat Tahu (Kupat Tahu)

Ketupat Tahu (Kupat Tahu)

Lagi pengen masakan di kampung halaman, biasanya beli dengan nama kupat tahu atau tahu kecap hehe itu nama di masing masing daerah. Ketupatnya asli saya bikin sendiri.. Hehe hasil coba coba.

Gadogadotahu

Gadogadotahu

πŸ’œ

Soto Ayam Medan

Soto Ayam Medan

#PekanInspirasi #Pekan_Medan #SiapRamadan

Kupat Tahu Bandung

Kupat Tahu Bandung

Kupat adalah bahasa sunda dari ketupat. Sarapan pagi ini sy bikin kupat tahu,entah udah berapa tahun ga makan ini..tiba2 inget jadi bikin dech hhaaahhaa 😁. Seperti biasa sy mah kalo bumbu kacang pake kentang rebus untuk mengentalkan karna kentalnya bagus daripada pake maizena kalo udah dingin terus di aduk pasti jadi encer πŸ˜₯ Silakan di coba tips mengentalkan bumbu kacang ala saya πŸ˜†πŸ˜†

2.MENDOAN SAMBAL KECAP KHAS CILACAP!

2.MENDOAN SAMBAL KECAP KHAS CILACAP!

Lagi kangen sama mendoan kampungku, walaupun diternate ngga ada TEMPE MENDOAN (Tempe khusus untuk membuat mendoan bentuknya tipis panjang bentuk persegi panjang) tapi tetep ngga menghalangi aku buat mendoan, jadi aku pake tempe yang dijual dipasar ternate seadanya. Rasanya enak kok apa lagi pake ketupat, kalian wajib coba!🌈

4 porsi
20 menit
Ketoprak

Ketoprak

Kadang pas buka puasa kita bingung dan pengen menu yg berbeda utk kita santap. Pengennya menu yg ganti dan menggugah selera. Menu ini bisa dicoba lho dan simple untuk membuatnya. #menubukapuasa #siapramadhan

4 - 5 porsi
Lontong Sayur Simple

Lontong Sayur Simple

kenapa aku bilang Lontong Sayur Simple,,??! kan biasanya makan lontong sayur itu terdiri dr sayur godog labunya, opor, dll.. nah ini kujadiin satu,, alias ga cukup waktu.. hihi.. jadinya sat set disatuin, blekkk.. voillaaaa... jadi deh.. cocok utk pemula kyk sy nih... btw ini porsinya bs untuk satu keluarga besar yaa.. selamat mencoba!

Kupat tahu ala ala

Kupat tahu ala ala

Adaa tahu dikulkas dibikin apaa bingung.. Kupat tahu ajaa lahh yah

Soto Medan (Best Soto I Ever made)

Soto Medan (Best Soto I Ever made)

Hai hai everyoneπŸ– Kali ini aku masak soto medan. Resepnya dari tanteku yg masakannya selalu enak hihi. Ini rasanya seriously mirip banget sama soto medan yg biasa aku makan deket sekolahan di Bukittinggi dulu, yg mana sotonya dibikin sama orang medan asli dan beneran enak bgt. Naah disini kuncinya adalah udang rebon sama tauco. Kalo gaada 2 ini, makan sotonya blm kerasa lagi di medan hehe

Tahu gimbal semarang

Tahu gimbal semarang

rasanya persis loh sama yg dijual di semarang.

Tahu Telur Surabaya

Tahu Telur Surabaya

Makanan favorit pacar dan coba bikin sendiri ternyata yaa hampir sama enaknya di tempat biasa dia beliπŸ’•

1 porsi
Soto Banjar

Soto Banjar

Soto lezat in merupakan salah satu makanan yg sering kami sajikan di meja makan...mudah buatnya... wk...wkkkπŸ˜‹ #pekan_banjar#cookpadcommunity_jakarta

Lontong sayur padang spesial

Lontong sayur padang spesial

Ceritanya suami pengen makan lontong sayur padang. Tpi yang cari yang enak dimana ya...? Pas suami berangkat kerja, saya niatin tuh masak lontong perdana, dan hasilnya....taraaa, suami kira ini dibeli loh, hampir tidak percaya, saya yg masakin, lebih enak dari yg dulu pernah dia beli katanya😍.

Soto kuah bening

Soto kuah bening

Nafsu makan selalu meningkat dikala hari libur πŸ˜ƒ

Kupat Tahu ala mamaku

Kupat Tahu ala mamaku

#9 #BikinRamadanBerkesan seharusnya masak begini nanti ya pas lebaran karna ada ketupat, berhubung udh kepengen bgt jadi pake lontong aja..oiya lontongnya beli jadi karna ga sempet bikin,prosesnya lumayan lama dan my baby ga bs ditinggal lama didapur. πŸ˜‚. Ini resep ala mamaku ya.

Soto ayam ala Mbu yuli

Soto ayam ala Mbu yuli

Dibisikin sama suami suruh bikin soto ayam karena besok (jumat 18 september) teman2 kerja nya pada mau main ke rumah. (ada 9 orang). Yo wis langsung ke pasar beli bahan bahan. Kebetulan setiap ada acara saya juga sering buat soto ayam ini karena semua anggota keluarga doyan banget sama soto ayam. Oiya karena pas penyajian nyiapin sendiri jadi sampe lupa ngga fotoin. Maaf, tapi hasilnya Alhamdulillah habis tiap porsi penyajian nya. Yang mau coba resepnya monggo, walaupun bahasanya belepotan semoga bisa dipahami semua ya 😊. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Cilacap