Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir yang Enak

Dipos pada January 20, 2022

Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir yang simple Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir memakai 29 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Meski merangkak naik, harga ayam saat ini masih terbilang murah menjelang lebaran. Di 10 Ramadhan terakhir tepatnya 23 Ramadhan, saya hadirkan Opor Ayam dan Sambel Goreng Krecek di meja makan kami. Bersiap menyambut hari kemenangan yang sudah di depan mata.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir:

  1. Opor Ayam :
  2. 1 ekor ayam kampung
  3. 500 ml dari 1/2 butir kelapa
  4. 750 ml air
  5. Bumbu :
  6. 10 siung bawang putih
  7. 8 siung bawang merah
  8. 8 butir kemiri
  9. 1/2 sdm ketumbar bubuk (saya pakai Desaku)
  10. 1/2 sdm merica bubuk (saya pakai Ladaku)
  11. 1 ruas kunyit
  12. 1 ruas jahe
  13. Lengkuas secukupnya digeprek
  14. 2 batang sereh simpulkan dan digeprek
  15. 5 lbr daun salam
  16. 6 lbr daun jeruk
  17. 1 bungkus Bumbu Instan Opor Ayam (saya pakai Indofood)
  18. Garam, gula dan penyedap
  19. Bahan Sambel Goreng :
  20. 250 gr krecek kulit sapi
  21. 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  22. Ebi secukupnya (jika tak menyukainya boleh tidak digunakan)
  23. Bumbu Sambel Goreng :
  24. 10 siung bawang putih rajang halus
  25. 8 siung bawang merah rajang halus
  26. 20 bh cabe merah keriting (jika suka pedas tambahkan cabe rawit)
  27. Lengkuas secukupnya dan digeprek
  28. 5 lbr daun salam
  29. Garam, gula dan penyedap

Langkah-langkah untuk membuat Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir

1
Haluskan (blender) semua bumbu opor kecuali lengkuas, daun salam dan sereh.
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 1
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 1
2
Tumis bumbu hingga harum, tambahkan 1 bungkus bumbu opor instan. Masukkan ayam lalu ungkep dengan 750 ml air hingga ayam empuk.
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 2
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 2
3
Setelah ayam empuk dan air kaldu berkurang masukkan santan aduk pelan-pelan agar santan tidak pecah hingga mendidih. Cek rasa.
4
Beralih ke Sambel Goreng. Siapkan minyak untuk menumis lalu tumis bumbu dan cabe yang telah diblender termasuk ebi. Masukkan krecek yang telah dicuci bersih dan masukkan 300 ml air. Masak hingga mendidih. Masukkan santan dan aduk pelan-pelan hingga matang. Cek rasa.
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 4
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 4
5
Saya hidangkan dengan ketupat.
Opor Sambel Goreng 10 Ramadhan Terakhir - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam

Opor ayam

Baru pertama kali bikin sendiri, itung-itung latihan masak buat lebaran nanti

Opor Ayam

Opor Ayam

suami minta opor ayam di salah satu menu makan siang

Opor Ayam

Opor Ayam

Lebaran sebentar lagi, Tapi sajian Lebaran sudah tersaji. Pokoe Nikmeh bangetss πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

8 porsi
1 jam
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Nah uda lama nih ga makan lauk opor ayam.. Biasanya ciri khas opor ayam saat lebaran ya bund.. Tapi tadi kebetulan tetangga depan rumah nawarin mau beli ayam kampung di pasar yauda nitip budhe aja deh aku nunggu #DiRumahAja.. Hehe Eit tp budhe kepasarnya lengkap dengan masker dan sarung tangan biar aman dan sampai rumah tidak lupa langsung bersihΒ² seluruh badan dong pastinya biar sehat #DiRumahAja #WeekendChallange #MamahCookpad

Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Lebaran di rumah saja...πŸ˜‡ Menu kali ini bikin opor ayam telur...πŸ—πŸ₯š Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H...πŸ’š #PejuangGoldenApronSeason3

Opor ayam (bumbu opor instan)

Opor ayam (bumbu opor instan)

Lebaran tahun ini tanpa mudik. Biar dapet feel lebaran di rumah jadi bikin opor ayam sederhana pakai bumbu instant. Cocok buat anak kos dan rantau.

Opor ayam

Opor ayam

4 porsi
Terik telur ceplok

Terik telur ceplok

Masakan ini mirip kayak rendang tapi ini warnanya kuning #dirumahaja

6 orang
30 menit
Opor ayam telur nostalgia

Opor ayam telur nostalgia

Ingat sekali kenangan pertama kali bisa masak opor ini sekitar 10 tahun lalu. Saat malam takbiran, H-1 lebaran, saya diajari langsung oleh almh ibu saya. Beliau yang sudah mulai sakit dan kesulitan beraktifitas sendiri, mendikte saya semua bumbunya dengan detail, mengarahkan saya bagaimana mengolahnya, teliti sekali. Beliau hanya duduk mengawasi, membiarkan saya sepenuhnya memasak sendiri. Beliau bilang, saya harus ingat baik-baik semua resep ini, karena mungkin saja lebaran tahun depan saya yg harus menyiapkan sendiri semua masakan untuk lebaran, tanpa beliau :') Selain opor, malam itu beliau juga mengajari saya memasak ketupat dan sambal goreng ati. Saya ingat, dulu baru selesai masak semuanya jam 3 dini hari. Capek sekali. Saya minta ibu istirahat, tapi beliau berkeras menemani saya sampai semua selesai. Besok paginya, saat keluarga dan tamu yg datang ke rumah mencicipi menu buatan saya, mereka kira itu masakan ibu. Enak sekali kata mereka, saya bahagiaaaaa sekali. Sungguh membekas di ingatan :') Ini adalah salah satu resep favorit saya. Semoga yg recook juga suka yah 😊❀️

Opor ayam warna warni

Opor ayam warna warni

Kenapa ada kata warna warni ? Karena di campur dengan sayuran wortel & daun bawang

8 porsi
Opor ayam simple

Opor ayam simple

Hari minggu itu waktunya masak besar ya...#TeamTrees

⁷⁸ Opor Telur πŸ₯˜

⁷⁸ Opor Telur πŸ₯˜

Hari lebaran #DiRumahAja tidak lengkap rasanya kalau tidak ada yang bersantan-santan. Kebetulan kelapa udah ada tidak perlu beli, jadi cuman beli telurnya aja beserta teman-temannya, karena lagi niat banget pas hari raya harus buat opor telur, akhirnya jadi dech buat sehari sebelum hari H. Bahannya simple, cepat, mudah di dapat, ada di mana-mana, dan pastinya ekonomis. Cus mari kita buatnya yuk say!😘 #Berburucelemekemas #GoldenApron3 #3 #masakitusaya #IbuHebat #GengGadoGado #CookpadId #CookpadIndonesia #opor

6 porsi
30 menit
138. Opor Kuah Kuning Isi Telur, Tahu & Ayam #CABEKU #Telur3in1

138. Opor Kuah Kuning Isi Telur, Tahu & Ayam #CABEKU #Telur3in1

#CABEKU #Telur3in1 #CookpadCommunity_Bogor Minggu 66 Walaupun #DiRumahAja, weekend kali ini masih bisa tetep seru sama anak-anak. Apalagi memasak lauk kesukaan mereka, si telur πŸ€—. Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, saya akan berbagi resep opor ayam kuning turun temurun dari Ibu saya dan trah sebelum-sebelumnya. Karena kami selalu kumpul Keluarga besar, biasanya kami masak porsi banyak sekalian. Dan isian opornya ga cuma ayam, tapi bisa telur, tahu bahkan tempe πŸ˜…. Tapi tenang takaran resep kali ini hanya untuk satu potong ayam, setengah kilo telur dan tahu. yg biasa dimasak sehari-hari. Tips : β€’ Saya lebih suka telur dikukus. Karena telur tidak pecah kulitny. Lalu setelah dikukus selama 20menit, telur di rendam di air dingin. Sehingga mudah mengupas kulit telurnya. β€’ Tahu juga dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan pengawet pada tahu.

10 orang
60 menit
Ayam opor kuning

Ayam opor kuning

Ada drama dengan ibu balada ayam ibu gak suka lemak dikira gak bersih. Kulialt semua lemak habis dibuang wkwkwk

Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Suami suka makanan bersantan apalagi opor makanan favorit nya jadi pertama kali nyoba buatnya tidak mengecewakan karna enak katanya

2-3 orang
1jam
Opor daun singkong

Opor daun singkong

Daun Singkong, banyak sekali manfaatnya,, slaah satunya yaitu bisa menambah sistem imun dalam tubuh, sebagai antioksidan, dan masih banyak lgi manfaatnya, Karena saat ini baru musim corona, maka qt harus selalu meningkatkan imun dalam tubuh, salah satunya dengan cara mengkonsumsi sayuran, seperti daun singkong... Karena bosan dengan menu yag itu2 aja, saya mengkreasikan daun singkongmasak opor,,, coba simak langkah2 berikut ini,,

Opor Ayam Kuah Kuning

Opor Ayam Kuah Kuning

Menu masakan wajib saat lebaran... dipadu dengan ketupat, daging rendang, sambal goreng kentang ati, bubuk kedelai dan kerupuk... 🀀

Opor ayam

Opor ayam

Pertama kali belajar masak sama ibu ini #semuatentangibu #makananfavoritibu

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

kmrin sy search resep opor, baca2, tp akhirnya tetep berkiblat pd resep dr ibu. hihi... tambahannya cuma kasi jintan aja sedikit, n utk bawang merah dirajang/iris aja, g usah d uleg. lelaahh klo nguleg bwang merah. hihi...endolitaa sesuai harapan, kyk masakan ibu..

7-8 orang
1 jam