Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ketoprak home made yang Enak

Dipos pada April 1, 2022

Ketoprak home made

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Ketoprak home made yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Ketoprak home made yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Ketoprak home made, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketoprak home made ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Ketoprak home made yaitu Ketoprak untuk satu porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketoprak home made sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketoprak home made memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketoprak home made:

  1. Bahan utama
  2. Bihun satu keping (bihun jagung kalau aku pakai nya)
  3. Toge (satu genggam tangan)
  4. Timun
  5. Ketupat (sebelumnya sudah aku buat)
  6. Tahu putih
  7. Kerupuk
  8. Bawang goreng
  9. Kecap
  10. Bahan untuk bumbunya
  11. 3 sdm Kacang tanah (yang sudah di goreng dan sudah dihaluskan)
  12. 1/2 bawang putih
  13. 2 sdm air asam jawa
  14. 1/2 sdt garam
  15. Cabe rawit orange (yang sudah di rebus)
  16. 1/4 gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Ketoprak home made

1
Goreng kacang tanah dengan minyak dan api kecil agar tidak gosong dan meletup" mengenai kulit. Setelah matang angkat, dan mulai haluskan kacang menggunakan blender/cobek.
2
Rebus toge sebentar saja hingga layu, dan rendam bihun dengan air panas menggunkan wadah. Setelah tage layu dan bihun lembur angkat serta tiriskan. Selanjutnya rebus cabe rawit orange hingga empuk, jika telah empuk angkat.
3
Kemudian letakan kacang tanah yang sudah di haluskan, bawah putih, cabe, garam, air asam jawa, dan gula merah pada piring kemudian ulek hingga semua bahan" halus, serta tercampur rata. (Koreksi rasa)
4
Setelah bumbu telah siap dan pas sesuai rasa di lidah masukkan potongan ketupat, bihun, toge, timun. Beri kerupuk di pinggir piring, beri kecap manis di atasnya dan taburi bawang goreng.
5
Ketoprak home made siap di santap
Ketoprak home made - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto Banjar (Kalimantan) 🥣🐥🥔

Soto Banjar (Kalimantan) 🥣🐥🥔

Dulu inget kalau makan soto ini pas hari raya lebaran dirumah tante. Dan itu udah lama banget, tiba-tiba kangen pengen makan soto ini. Rasanya berempah tapi light 🤤😃 cuma soto banjar yang aku buat ga pakai susu, melainkan gurihnya aku ganti pakai telur.

4 porsi
60 menit
Sate Padang 'danguang danguang'

Sate Padang 'danguang danguang'

Bismillah.. Biasanya beli di Ajo2 Sate, kali ini coba bikin sendiri. Hmmm, enakkk bangett!! 😍😍 Source : Amriandaa

Kupat Tahu Purworejo

Kupat Tahu Purworejo

jadi, lebaran Idul Adha kemarin dapat ketupat dari tetangga, daripada bingung mau dimakan sama apa, jadi dibikin kupat tahu saja. Makanan khas kota kelahiranku. Harusnya menu kupat tahu ini ada togenya, berhubung tidak punya, jadi bahannya seadanya yang mamak punya.

4 porsi
Kupat Tahu Blabak Magelang

Kupat Tahu Blabak Magelang

Tips menggoreng kacang tanah : Goreng dengan api kecil sampai suara percikannya cukup kecil. Warnanya tidak coklat tua seperti yg sering kita lihat. Setelah diangkat, warnanya akan semakin mencoklat karena proses penggorengan sebenarnya masih berjalan.

1 porsi
60 menit
Ketoprak

Ketoprak

1 porsi
Tahu kupat (tapi pake lontong)

Tahu kupat (tapi pake lontong)

Pengen aja tahu kupat solo,tp kurang suka sama yang rasanya manis banget..akhirnya bikin deh yang pedes,gurih,plus manis.jadi ga dominan manis aja. Karena suami lagi dinas masaknya dikit aja #BikinRamadanBerkesan

042》Soto Banyumas

042》Soto Banyumas

Ahad, 03052020 Ifthor puasa Ramadhan ke 11 Menu kali ini kita membuat soto Banyumas. Ini edit foto yang ke3 di hari Ahad,31052020. Foto ke3 ini bener2 sudah Soto Komplit khas ala Banyumas / Purwekerto, komplit plus ketupat dan kerupuk juga kacang tanah tumbuk kasar sebagai ciri khas utama lainnya...🥰 Soto yang paling aku sukai soto Banyumas/ Purwokerto karena rasanya yang khas, khas yang utama dari rasa kacangnya secara kacang memang menambah cita rasa masakan. Setiap kali kangen dengan soto ini, mesti kudu bikin sendiri, karena tempat tinggalku sekarang beda daerah, khas soto di sini beda bangeeet.. Oke happy cooking...🥰🤗 #soto #sotobanyumas #sotopurwokerto #sotosukaraja #festivalramadancookpad #ramadanpenuhidemasakan #beranicooking #homemade #cookpad #Cookpadcommunity_solo #wihdahjunaeti

Toge Goreng bumbu miso

Toge Goreng bumbu miso

Kalo jajan toge goreng biasanya tahu dan bumbu oncomnya sdikit banyakan togenya kalo di abang2 ,kalo di mal harganya mahal padahal isi sdikit suka mikir berarti untungnya banyak ya yg jual toge goreng..he..he..iya akhirnya source youtube coba masak sendiri tapi tauco di ganti miso jepang karena ga punya tauco dan rasanya mirip tauco indonesia..alhamdulillah puas banget karena isi sesuai selera banyaknya

Lontong

Lontong

12 porsi
2 jam 30 menit
Coto Makasar Simple

Coto Makasar Simple

coto ini pokoknya #antiribet & #antigagal

Soto Banjar enak dan mudah

Soto Banjar enak dan mudah

Soto ini merupakan salah satu masakan favorit mama. Rasanya dijamin bakalan nagih lagi dan lagi.

4-5 porsi
45 menit
Coto makassar

Coto makassar

Coto makassar adalah makanan tradisional sulawesi selatan , Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. ( saya pakekan susu bubuk , santan kara ) kuahnya kental dan enak bangett 😍

Toge goreng

Toge goreng

Udah lama ga makan toge goreng...biasanya klo ke rumah mama, malem ada yg jualan lewat depan rumah. Yg jual bapak2 tua, toge gorengnya enak banget...tapi sayang, udah ga pernah lewat lagi 😔. Untuk ngobatin rasa kangen, bikin sendiri aja sekaligus setor #WeekendChallenge dengan budget ga lebih dari 15rb. Bisa buat makan 3 orang loh...lebih hemat kan😉 Rincian belanja : toge + daun bawang, seledri - 2000 1 papan oncom - 1000 3 bh ketupat - 5000 1 bks tauco - 1500 (setara 3sdm) Bawang merah, bawang putih, cabai - 3000 Bumbu2 lainnya - 1000 Total = 13.500 #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #WeekendChallenge #Cookpadcommunity_tangerang #cookpadcommunity_id #cookpadindonesia

3 porsi
Laksa bogor

Laksa bogor

Ketemu lagi di hari selasa.. waktunya postar bersama #cookpadcommunity_bogor drngan tema #ComBoNgabibita_AnekaLaksa 😊

❤️ Soto Banjar Kuah Bening ❤️

❤️ Soto Banjar Kuah Bening ❤️

Soto Banjar merupakan Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Dengan berbahan utama berupa ayam kampung, Dan kuahnya beraromakan rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Adapun kuah soto banjar ada 2 variasi yakni kuah bening dan kuah keruh. Untuk menghasilkan kuah keruh biasanya dalam pembuatan kuahnya di campurkan dengan menambahkan susu cair/evaporasi sehingga menghasilkan kuah yang berwarna keruh keputihan, tetapi kuah bening juga tidak kalah enaknya dengan kuah yang di campur susu. Bahan campuran yang di sajikan di dalam kuah soto biasanya seperti so'un, perkedel, telor tebus dan suwiran ayam serta campuran potongan sayuran seperti wortel/kentang juga ketupat. Soto banjar semakin nikmat dan segar di santap dengan penambahan kucuran jeruk nipis dan sambel sotonya 😋😍. Pagi ini aku bikin Soto Banjar kuah bening saja, kebetulan terakhir bikin kemarin udah lumayan lama, jadi kangen kepengen bikin lagi. Apalagi sekarang, gak bisa lihat postingan yang seger-seger, jadi ngilerrr terusss 😅😊. Untuk resep kuahnya aku pakai resep dari Channelnya Lestari Putri dengan sedikit modifikasi. #SOTOBANJAR #wanilahmeolah #Cookpadcommunity_Banjarmasin #Cookpadcommunity_id_kalsel

Sekitar 12 porsi
Gazebo daging khas pontianak

Gazebo daging khas pontianak

Ceritanya meramaikan pekan inspirasi cookpad..sayangggg sy kelewatan posting..gak sempet rampungkan nulis resep

306. Laksa Kuah Kecombrang

306. Laksa Kuah Kecombrang

Ini first time aku ngolah bunga kecombrang atau honje.. Pas banget minggu ini tema postbar #Cookpadcommunity_Bogor adalah #ComboNgabibita_AnekaLaksa ide dari mba herti @tie novia .. Karena di galeri ku sudah ada 2 resep laksa.. Kali ini aku mau bikin laksa dengan sensasi yg berbeda.. Yaitu ku beri irisan bunga kecombrang di kuahnya.. Awalnya sempat ragu.. Tapi Alhamdulillah.. Ini laksa enak banget.. Wangi dan segar.. Bener2 bakal jadi resep laksa favorite keluarga nih 🤗