Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Ketoprak yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 22, 2022

Ketoprak

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Ketoprak yang simple Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Ketoprak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Ketoprak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Ketoprak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Ketoprak biasanya untuk 4-6 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Ketoprak diperkirakan sekitar 30 Menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketoprak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketoprak memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketoprak:

  1. 1 bh Tahu Putih
  2. 50 gr Bihun
  3. 200 gr Touge
  4. Secukupnya Lontong/Ketupat
  5. Secukupnya Kerupuk Bawang
  6. Secukupnya Kecap Manis
  7. Bumbu Kacang:
  8. 100 gr Kacang Tanah Goreng
  9. 5 siung Bawang Putih, rebus
  10. 8 bh Cabe Rawit Merah, rebus
  11. 4 sdm Kecap Manis
  12. 200 ml Air Panas
  13. Secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Ketoprak

1
Rebus sebentar touge lalu angkat dan tiriskan. Rendam bihun dengan air panas hingga lembut, angkat dan tiriskan.
Ketoprak - Step 1
2
Potong-potong tahu dan goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
Ketoprak - Step 2
3
Haluskan kacang tanah goreng, cabe rawit merah dan bawang putih. Tambahkan kecap manis, air panas dan garam. Aduk rata.
Ketoprak - Step 3
4
Cara menyajikan: Potong2 lontong/ketupat, letakkan di piring. Potong-potong tahu, letakkan di atas lontong. Ambil sedikit bihun, letakkan di atas tahu. Ambil sedikit touge, letakkan di atas bihun. Siram dengan bumbu kacang dan beri sedikit kecap manis. (Lontong, tahu, bihun, touge, bumbu kacang, kecap manis).
Ketoprak - Step 4
5
Sajikan dengan kerupuk bawang secukupnya.
Ketoprak - Step 5
6
Note: Jika ingin lebih istimewa saat disajikan bisa ditambahkan telur rebus.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Gecot

Tahu Gecot

Tahu Gecot ini makanan khas banyumas, sebetulnya dimakan pakai ketupat, tapi lagi males bikinnya :-) hihihi... resep asli dari ibu, lebih enak pakai kerupuk mie tapi lagi nggak ada ya seadanya....

Kupat Tahu Jogja

Kupat Tahu Jogja

Jadi beberapa waktu lalu ada tetangga yang tebang pohon kelapa.Janurnya tak buat ketupat dan diisi. Jadilah dibuat kupat tahu #cookpadcommunity_yogyakarta #khasjogja #kupattahu

1 porsi
Coto Makassar

Coto Makassar

Tiap minggu harus makan coto, mumpung minggu ini dapat banyak daging qurban yaa bikin sendiri lah. Dapet banyak, irit pulak (sstt.. di Makassar saja harga coto yg enak 20rb-an, daerah lain 40rb seporsi mangkok kecil πŸ˜“)

10 porsi
60 menit
Tahu Kupat Asli Solo

Tahu Kupat Asli Solo

Saya dan suami adalah perantau tapi pecinta kuliner daerah asli (Solo) jadi membuat saya tertantang untuk membuat makanan2 yg tidak ditemukan di jawa barat. Resep ini kiriman dari ibu dgn sedikit penyesuaian.

3 porsi
1.5 jam
Kupat Tahu Magelang *modif

Kupat Tahu Magelang *modif

Jadi ceritanya ada yang pengen mudik tapi gak bisa lalu kirim foto kupat tahu yang biasa dimakan di kampung. Kemudian ada yang merasa tertantang buat bikin kupat tahu, tapi ngga punya tahu jadilah kupat tahu pakai tahu sutra sisa bikin sapo tahu kemarin. Kupatnya pun pakai kupat mini (beli di online ada) yang tinggal direbus aja.

3 porsi
1 jam 15 menit
Sate Piaman

Sate Piaman

Mengenang bapak (Rahimahullah), sate ini berasal dari padang pariaman kampung bapak. Sate Piaman atau sate pariaman beda dengan sate padang yang lain, saya paling suka kuahnya yang berlaku langsung dengan kacang hem yummyyy.

50tusuk
Soto Taoto Pekalongan

Soto Taoto Pekalongan

5 porsi
60 menit
Soto Banjar Ayam Kampung

Soto Banjar Ayam Kampung

Soto Banjar Ayam Kampung ini menu favorit keluarga saya, tak pernah bosan memakannya. Menu ini juga hampir selalu hadir saat acara keluarga πŸ‘

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Suka banget ama salah satu masakan padang ini , enak bumbunya kaya rasa rempah Source : Shirley Wijaya

Ketoprak Spesial Superior

Ketoprak Spesial Superior

Ketoprak ini saya buat dengan bahan Bihun Jagung Superior yang baik untuk diabetes. Saya sendiri adalah penderita Diabetes, saya buat dengan campuran kacang tanah, tempe orek dan juga kerupuk dari sisa pempek yang dijemur. Cara membuatnya sederhana, namun sangat lezat disajikan ditengah keluarga, jadilah Ketoprak Spesial Superior #BihunJagungSuperior

1 porsi
10 menit
Kupat tahu syawal ala"kampung halaman

Kupat tahu syawal ala"kampung halaman

7 syawal.. biasa dikampung pasti masak ini. Untuk mengobati rasa kangen..buat jugak.semoga suatu saat bisa lebaran di kampung halaman.amin Nama pun "ala" jadi gak sama persis yg dikampung.

2/3 orang makan
Kupat tahu

Kupat tahu

Kepingin kupat tahu dan ini ceritanya resolusi 2019 untuk masak sendiri, hidup sehat dan bersih menjadi anak kost πŸ˜„πŸ˜

-+3porsi
Sate padang

Sate padang

Bahan bahannya ga ingat takarannya 😝 hahaha

Coto Makassar

Coto Makassar

Masih edisi lebaran idul adha,banyak rempah jg daging,yukkk kt eksekusi.

Sroto #rabubaru #BikinRamadanBerkesan

Sroto #rabubaru #BikinRamadanBerkesan

day 22 #BikinRamadanBerkesan hari ini mari kita 'bakulan' sroto dulu.sebage wong asli banyumas sroto ini ngangenin banget.sodara2ku banyak juga yang jualan si sroto ini,ada yg buka warung sroto ada juga yang jualan musiman kalo lagi acara2 tertentu didesa.waktu ujian tata boga kelas 6 SD dulu juga bikin sroto😊😊tapi yang aku bikin ini ala2 aku yang penting suami syuka hihihi.lebih mantep pake sambel kacang tapi karna lagi kehabisan bahan jadi aku cuma pake kacang tumbuk.didaerah aku ada juga yang pake kacang tumbuk terus sambelnya cabe sama bawang aja

4 porsi
Lodeh Tahu, Tempe, Cecek

Lodeh Tahu, Tempe, Cecek

Semarak Clover kali ini bertemakan kreasi menu lebaran ide dari bu Yeni. Bu Yeni mengajak kita untuk berkreasi menu lebaran andalan di keluarga kita. Lebaran sih menu sayur lodeh tahu, tempe, cecek pasti ada di rumah ibu. Ini saya bikinnya sebelum lebaran, maklum kalau pas lebaran ibu sendiri yang masak porsi besar dan lodeh ini pasti ada, sayangnya yang bikinan saya tidak ada petenya karena pas lagi kosong di pasar dekat rumah. Selain lodeh yang ada ya pasti opor ayam sama lontong / ketupat. Ini saya bikin versi tidak begitu pedas biar si kecil bisa makan, dia bisa makan pedas tapi bukan pedas yang ekstra pedas πŸ˜€ #GADimulaiDariNol #Semarak_GADimulaiDariNol #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Surabaya #PejuangGoldenApron3 minggu ke 50 resep ke 2

Kupat tahu

Kupat tahu

Resep mamertua.. Sedap bagi yg suka pedes tinggal d tambah ulasan syambal

Lotek khas Jogja

Lotek khas Jogja

Ceritanya kangen makanan kampung halaman πŸ˜‹

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor Ayam Tahu Telur Istimewa

Opor ini enak banget & dijamin sehat karena NO MSG ya.. Apalagi suami bilang ini enak & rasanya pas, syukurlahh.. Secara suami ini rada kritis kalo soal rasa. Kl suami blg enak, berarti memang mantapp, hahahaha.. Mama saya yg udah biasa bikin opor pun bilang kl opor buatan saya enak & bahkan minta resepnya. Bangga deh rasanya, wkwkwkwk.. Memang resep hasil recook dari mbak Ribka Arini ini the best banget, sampe bikin suami & mama saya makannya nambah-nambah.. Apalagi saya yg doyan makan, nasi sepiring gk cukup.. xixixixi.. Baby saya yg umur 1 tahun 2 bulan jg bisa makan lho.. Udah deh, langsung cuss aja resepnya yukk..