Cara Gampang Membuat Gulai kepala kakap yang Enak

Dipos pada May 15, 2022

Gulai kepala kakap

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai kepala kakap yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Gulai kepala kakap yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Gulai kepala kakap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Gulai kepala kakap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai kepala kakap sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Mommy bisa menyajikan Gulai kepala kakap memakai 17 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

#berburucelemekemas#resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai kepala kakap:

  1. 1 ekor kepala kakap (sekitar 750 gram)
  2. Kacang panjang (sekitar 7 panjang)
  3. Bumbu halus
  4. 10 cabe merah keriting
  5. 7 cabe rawit merah
  6. 8 bawah merah
  7. 4 bawang putih
  8. 1 cm jahe
  9. 1 cm kunyit
  10. 1 sdt lada bulat
  11. 1/2 sdt ketumbar bubuk
  12. 2 lembar daun jeruk (buang batang tengahnya)
  13. Pelengkap
  14. 1 batang sere
  15. Asam kandis
  16. 750 cc santan
  17. Cabe rawit utuh (sesuai selera)

Langkah-langkah untuk membuat Gulai kepala kakap

1
Potong kepala ikan sesuai selera. Cuci bersih. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis.
Gulai kepala kakap - Step 1
2
Potong potong kacang panjang
Gulai kepala kakap - Step 2
3
Haluskan cabe merah keriting. Rawit merah. Bawang merah. Bawang putih. Jahe. Kunyit. Ketumbar. Merica dan daun jeruk.
Gulai kepala kakap - Step 3
Gulai kepala kakap - Step 3
4
Tumis bumbu halus sampai harum tambahkan sereh. Tumis terus sampai bumbu tanek. Masukkan santen. Tambahkan asam kandis.
5
Setelah santan mendidih masukkan kepala ikan dan kacang panjang. Aduk aduk sebentar. Beri garam. Gula dan kaldu bubuk. Mssak terus sampai bumbu meresap dan santan tinggal setengah. Sesaat sebelum di angkat tambahkan cabe rawit utuh. Tes rasa. Setelah rasa pas kepala kakap siap di sajikan.
Gulai kepala kakap - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai kepala kakap

Gulai kepala kakap

Ceritanya ada sisa 1 ikan kakap merah, dagingnya dah di goreng crispy td pagi.. Lhah kepalanya di apain nih.. Cari cari lah resep gulai di cookpad.

Gulai ikan kembung

Gulai ikan kembung

Resep ini kesukaan keluarga..

5 porsi
30menit
Gulai tauco putih ikan serai campur

Gulai tauco putih ikan serai campur

Edisi Buka Catring ala Bunda Linda

keluarga besar
Gulai Ikan Merah

Gulai Ikan Merah

Di daerah saya namanya Ikan Merah,,,,,,di daerah lain Ikan Kakap Merah (kalau tidak salah :D ) sengaja gulainya tidak saya tambah sayuran karna lagi pengen sayur rebusan.

Lele gulai pedas

Lele gulai pedas

Pas gk ada kerjaan drmah, mikir buat apa ehhhh tau ny dpt ide masak lele gulai pedas

Gulai Kepala Ikan Manyung

Gulai Kepala Ikan Manyung

Rejeki anak solehhh...kemaren siang dapet kiriman 2 buah kepala ikan manyung. Saya sendiri awalnya belum pernah mengolah kepala ikan, tapi pernah nyicip makan di salah satu warung makan gulai ikan di Tegal. Rasanya maknyusss banget. Cuzz ke dapur diolah jadi gulai lezatozzz...kata ibuku mantap. Bumbu meresappp sampe ke tulang. Yeay!

Gulai ikan mujair plus kacang panjang

Gulai ikan mujair plus kacang panjang

Entah kenapa,,tiba2 pengen makan ikan air tawar,, Liat dipasar, ikan mujair seger2 banget, jd ga tahan pengen diolah,,hehee,

Gulai ikan salai/ikan asap

Gulai ikan salai/ikan asap

Ikan salai biasa disebut juga ikan asap. Masing2 daerah di Sumatra punya cara sendiri untuk mengolahnya dalam bentuk gulai dan punya rasa khas yg berbeda2. Saya masak ini berdasar resep ibu saya yg asli orang Medan.

4 porsi
30 menit
Tongkol Gulai Aceh (Keumamah)

Tongkol Gulai Aceh (Keumamah)

Source: @dhilasina Sebenarnya daun kari & asam sunti tidak dapat diganti kalau mau rasa yang otentik, karena masakan aceh itu khas banget wangi & rasa bumbunya. Tapi tidak ada rotan, akarpun jadi 😅,,, asam sunti saya ganti belimbing wuluh segar (atau bisa juga 2 sdm air asam jawa kental) , cabai hijau keriting saya ganti cabai rawit hijau, sedangkan daun kari saya skip karena tidak ada. Sumber: Wikipedia Asam sunti adalah bumbu dapur dari Aceh yang dibuat dari belimbing wuluh yang dikeringkan dan diberi garam, lalu dijemur di terik matahari berkali-kali sehingga kering dan dapat disimpan lama. Biasanya, asam sunti digunakan untuk memasak makanan khas Aceh seperti masam keu'eueng, kari, dan juga untuk asam atau sambal. Sumber: Wikipedia Salam koja (Murraya koenigii syn. Chalcas koenigi) atau daun kari adalah tumbuhan yang daunnya (dinamakan sama) dipakai sebagai penyedap kari. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai curry leaves. Daun ini dipakai sebagai bumbu di Aceh. Bentuk daun ini agak sama dengan daun salam, cuma ukurannya lebih kecil dan baunya lebih tajam dari daun salam. Bunga dari tumbuhan ini berbau harum dengan buah berbentuk bulir berwarna ungu. Asal tumbuhan ini adalah India dan Srilanka. Tumbuhan ini tidak ditanam secara massal, tetapi merupakan tumbuhan yang biasa terdapat pada kebun di bagian selatan India dan Malaysia. #Pekan_Aceh #3weekschallenge #PesenanOjol #BikinSendiri #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #CookpadCommunity_Bogor

Gulai Ikan Toge

Gulai Ikan Toge

Udah lama ga makan gulai Ikan yang diatasnya pake topping toge (apa sih hehehe...) eh pas tadi ke pasar ada ikan kembung yang masih segar, jadi aja deh bikin gulai ikan ini. Eh ada yang udah pernah coba belum? Selamat mencoba ya 😁

6 porsi
Gulai ikan salai

Gulai ikan salai

Ikan salai atau ikan asap ini enaknya di gulai pedas, mantaaap

Gulai Ikan Limbat Sale Khas RM. Tapsel (Batak Mandailing)

Gulai Ikan Limbat Sale Khas RM. Tapsel (Batak Mandailing)

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita tlah menemukan teknik pengasapan sebagai salah satu cara untuk mengawetkan ikan. Ikan yang tlh melalui proses pengasapan atau yg disebut ikan sale, selain tahan lama jg memiliki cita rasa yg unik. Apalagi kalo diolah menjadi gulai ikan sale yg selalu menjadi menu utama yg sgt laris manis di RM. Tapsel (Batak Mandailing). Hanya saja, baru2 ini ada hsl penelitian yg menyebutkan bhw kandungan senyawa fenol dlm asap dpt membahayakan kesehatan tbh bahkan dpt menjadi zat carsenogenic (zat yg dpt menyebabkan kanker). But, don't worry bun... bagi bunda2 yg sgt mencintai olahan ikan sale sama seperti sy ini, ada cara kok bun untuk meminimalisir resiko bagi kesehatan yg diakibatkan oleh konsumsi ikan ini. Yuk, simak caranya, bun...

Gule ikan salmon

Gule ikan salmon

Karena suka bikin mpasi 4 bintang, jd suka makan salmon..nah untuk menu orang dewasa sengaja buat yg pedass

4 porsi
Gulai telur,pucuk ubi dan ikan teri

Gulai telur,pucuk ubi dan ikan teri

8 januari 2019 Paksu suka banget sama gulai daun pucuk ubi ini, apalagi kalo pucuk ubinya yg masih mudaa.. Kalo kami sekeluarga suka gulai yg ga terlalu kental, soalnya suka enek klo makan sama kuahnya yg kental gitu...hehehe Kalo aku sih daun ubinya direbus bntar biar agak kurang warna ijonya.. Hihi #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

Gulai Padang Ikan Kakap

Gulai Padang Ikan Kakap

#BikinRamadhanBerkesan 26