Cara Gampang Membuat Gulai ikan patin yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada May 6, 2022

Gulai ikan patin

Anda sedang mencari inspirasi resep Gulai ikan patin yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Gulai ikan patin yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai ikan patin, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai ikan patin enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Gulai ikan patin kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai ikan patin sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai ikan patin memakai 17 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Begini cara pembuatannya.

Punya cooking cream di kulkas yg udah lama banget. Saatnya di oleh lah ini ceritanya. Akhirnya keingetan punya ikan patin di freezer, cusss deh masak gulai ikan patin pakai resepnya ci jun @xanderskitchen. Saya share disini ya resepnya. Resep sudah sy sesuaikan dengan kebutuhan saya ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan patin:

  1. 1 ekor ikan patin, bersihkan, lalu potong jadi 6
  2. 250 ml cooking cream
  3. 100 ml air
  4. 3 lembar daun salam
  5. 3 lembar daun jeruk
  6. 6 pcs belimbing wuluh
  7. Air asam jawa
  8. 2 batang serai
  9. Bumbu halus
  10. 10 siung bawang merah
  11. 4 siung bawang putih
  12. 3 buah cabai merah
  13. 3 burir kemiri
  14. Seruas kunyit
  15. Seruas jahe
  16. Minyak untuk menumis
  17. secukupnya Gula, garam

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan patin

1
Haluskan bumbu, dan tumis bersama daun salam, daun jeruk, serai sampai harum.
2
Masukkan belimbing wuluh, air asam, air, dan cooking cream. Masak sampai mendidih
3
Masukkan ikan, tambah gula garam. Tunggu sampai matang dan tes rasa. Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Pangek Masin Tongkol Tahu

Gulai Pangek Masin Tongkol Tahu

Dah lama bgt kpengin buat ini biasany mamaku yg bkinin tp skrng mah hrz bisa smua sndri krna dah nikah n rumah jauhan dr mama...ini sxan untuk meramaikan #AndaiKuTahu #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019.. Resep ini dari tanya2 lwat phone dgn mamaku... trimakasie ya ma #AndaiKuTahu #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadcommunity_bogor #Kookpaderjabodetabek #mingguke-1

2-3 porsi
45 menit
Gulai patin tempe

Gulai patin tempe

Karena bosen masak patin dibikin pindang.

Gulai ikan salai/ikan asap

Gulai ikan salai/ikan asap

Ikan salai biasa disebut juga ikan asap. Masing2 daerah di Sumatra punya cara sendiri untuk mengolahnya dalam bentuk gulai dan punya rasa khas yg berbeda2. Saya masak ini berdasar resep ibu saya yg asli orang Medan.

4 porsi
30 menit
Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Kemarin gak sengaja beli ikan patin di supermarket.. Suami pengen dimasakin kayak resto2 padang gitu.. Laahh ya sudahlah browsing2 n modif2 dapet resep ini..

Gulai ikan patin

Gulai ikan patin

Niatnya sih pingin pake ayam berhub abang sayur yg lewat dpn rmh adane cuma ikan patin...boleh lah...maknyus jg...

Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap

Bosen digoreng terus, akhirnya dikuah dengan sisa santan kara yang begitu sedikit πŸ˜†

Gulai Ikan Pedas

Gulai Ikan Pedas

Di Tanah Rantau jadi Suka Banget Makan Ikan...Selain Memang harus Mengurangi Ayam...Mantap lah Masakan Pertama Gulai2n...

43. Gulai ikan nila

43. Gulai ikan nila

Pagi ini beli ikan nila 4, pengen dimasak dgn menu yg beda tapi ga harus belanja bumbu lagi. Pakai bumbu seadanya yg di rmh. Akhirnya kepikiran bikin gulai ikan nila , tapi saya masaknya dgn sedikit santan ya bunda, saya akalin dgn ditambah kemiri. #Pekan_Padang #cookpadcommunity_jaksel

Gulai Jengkol Pucuk Ubi Plus Ikan Tri

Gulai Jengkol Pucuk Ubi Plus Ikan Tri

Cerita nya lagii libur kerja dan hari hujan, keingat pngen buat nih gulai😁

Gulai Tongkol Asap TeTE

Gulai Tongkol Asap TeTE

Kemarin habis makan Kare Rajungan di RM Pandan Wangi Tuban. Kepikiran bikin resep yg sama tapi di rumah ada Tongkol Asap dapet dari Sumenep. Alhasil dibikin gulai aja.. πŸ˜‹πŸ‘„ Dinamakan TeTE karena ada Tahu sama TElurnya yaa πŸ™ˆ

>10 porsi
35 menit
Gulai ikan mas(no pedes)

Gulai ikan mas(no pedes)

sbnrnya pngn msk yng versi pedes tpi berhubung ada ank yng g doyan pedes jdilah pke rawit utuh aja jdi semua bsa mkn.klw mau pedes,dibumbu halus masukan sja cabe rawit dan merah ya..