Cara Gampang Membuat Gulai ikan lele yang Enak

Dipos pada May 7, 2022

Gulai ikan lele

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai ikan lele yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Gulai ikan lele yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai ikan lele, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai ikan lele di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai ikan lele sendiri di rumah. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, kreasi masakan ini cukup enak dan bisa menyenangkan lidah dan hati. Mommy bisa menyajikan Gulai ikan lele memakai 15 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Gulai tidak hanya dari daging sapi, daging kambing lo gays.. Tapi juga bisa dari ikan laut maupun darat. Yuks kepoin cara buat gulai ikan lele.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan lele:

  1. 1/2 kg ikan lele
  2. 2 sdm air jeruk nipis
  3. secukupnya garam
  4. 5 lembar daun salam dan 3 daun jeruk nipis
  5. 1 batang serai, iris tipis
  6. 1 ruas ibu jari jahe, iris tipis
  7. 2 ruas ibu jari lengkuas, iris tipis
  8. 3 buah tomat yang dipotong kecil
  9. 1,5 liter air
  10. Bumbu Halus
  11. 12 butir bawang merah
  12. 4 siung bawang putih
  13. 6 butir kemiri sangria
  14. 1 ruas jari kunyit, bakar
  15. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan lele

1
Cuci bersih ikan lele, buang isi perutnya kemudian lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 30 menit hingga meresap
2
Siapkan wajan/panci anti lengket. Letakkandaun salam, daun jeruk ikan lele (yang sudah digoreng sebelumnya), taburi irisan serai, jahe, lengkuas, tomat kemudian masukkan bumbu halus dan tuangi air
3
Tutup wajan atau panci. Masak diatas api sedang hingga menddih. Kemudian kecilkan api, teruskan memasak hingga ikan matang dan kuah agak mengental.
4
Hidangkan hangat. Taburi bawang goreng
5
Ikan bisa anda campur dengan tahu yg dipotong dadu dan digoreng ataupun kentang sesuai selera Anda. Bisa anda gunakan santan untuk menambah gurihnya gulai anda.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan ala-ala Padang, pedas gurih mantap!

untuk 4 porsi
30 menit
Gulai ikan

Gulai ikan

Hari ini masaknya mau yang gampang aja...semua di masak campur Ya ada ikan ada juga sayurnya pokoknya komplit nga dua kali masak #berburucelemekemas #resolusi2019

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Gulai Patin Buncis (Sumatera Barat)

Klo ngomongin masakan khas padang, pasti ga jauh2 sama gulai.. Krn ak asli sumatera jg, ga asing bagi lidahku untuk masakan2 padang.. Dengan keterbatasan bahan di kulkas, hr ini aku coba buat Gulai Ikan Patin dan Buncis. Apalagi pas banget lg ada kontes #ikanjanganditawar dan #pekan_padang.. #pekaninspirasi #berburucelemekemas #resolusi2019 #pekan_padang #cookpadcommunity_balikpapan #ikanjanganditawar Note : *untuk bumbu ak pake paprika jg. biar kuah ttp merah tp ga pedas..

Ikan Mas Gule Kencur ala Oznon

Ikan Mas Gule Kencur ala Oznon

*11.11.17* Jujur weh resep ini muncul dr rasa malas....Niat mau bikin pepes...sewaktu lg siapin bumbu2, tetiba malas mo bungkus2in ikannya pakai daun pisang. Trus inget pecak bikinan alm. Ibu mertua, tp krn sayang dgn daun kemangi yg sudah terlanjur disiangin (dan biasanya kalo dah masuk kulkas suka kebuang krn lupa 🙈) jd kepikir mo bikin gulai juga..beloklah masaknya.... Alhasil, jadilah gulai galau..hahahaa....gulai pakai kencur 😄😄 Tp jangan salah, rasanya mah wokeeee pisaaaan....😄😄 Tp krn sy tau yg bakal makan sy aja, jd dr 3 ekor ikan mas, 1 ekor saja sy gulai, yg 2 lagi sy goreng...😊😊

2 porsi
Gulai Ikan Kakap

Gulai Ikan Kakap

Salah satu alternatif olahan ikan kakap..

4 porsi
45 menit
Gulai ikan patin palembang

Gulai ikan patin palembang

Gulai ikan patin palembang

Gulai masin kepala ikan

Gulai masin kepala ikan

Request dari pak suami pengen dimasakin ini 😊 Smoga bermanfaat juga buat yg lain ...😊😊 #pekan_padang #cookpadcommunity_padang

Gulai pakis ikan teri

Gulai pakis ikan teri

dulu gak suka makan sayur ni setelah dapat resep dari nenek cantik jadi ketagihan 😅😅😅

15 menit
Gulai Ikan Tongkol

Gulai Ikan Tongkol

Just coocking~

4 porsi
20 menit
Gulai cakalang daun singkong

Gulai cakalang daun singkong

Suka sekali memasak sesuatu yang praktis, lauk dan sayur dimasak sekaligus

Gulai ikan salmon

Gulai ikan salmon

Kata akang tukang sayur ini ikan salmon, saia mah percaya aja, lah wong ga tau.. Ikan ini d masak makin padat sm kyk tongkol tp lebih lembut & gurih, dagingnya ga merah hitam kek tongkol ya mam..

Gulai Ikan Gurame

Gulai Ikan Gurame

Ini salah satu dari 5Favorite masakan rumah yg disukai Suami dan Anak-Anak. Klo sdh masak ini pada nambah kalo makan. Apalagi bila dipadukan sama tempe Goreng Tepung hangat dan juga kerupuk pastinya tamvah sambel andalan di rumah. Selamat Mencoba yaa bagi para pengunjung Cookpad :)

5 porsi
45 menit
Gulai ikan

Gulai ikan

Masakan terfavorit di keluarga saya🥘

6-8 porsi
Gulai Kuning Kepala Ikan

Gulai Kuning Kepala Ikan

Menu siang ini pedas, gurih dan segarnya kuah dari potongan asam belimbing wuluh 😍