Cara Gampang Membuat Gulai Ikan mujaer yang Lezat

Dipos pada May 12, 2022

Gulai Ikan mujaer

Bagaimana membuat Gulai Ikan mujaer yang lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Gulai Ikan mujaer yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai Ikan mujaer, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan mujaer ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Mumpung masih ingat nih, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Gulai Ikan mujaer diperkirakan sekitar 45menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Ikan mujaer sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda mungkin bisa mengidangkan Gulai Ikan mujaer memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan mujaer:

  1. Bahan utama
  2. 3 ekor ikan mujaer
  3. Jeruk nipis (untuk menghilangkan amis dari ikan)
  4. Bahan pelengkap
  5. 1/4 kg Kacang panjang
  6. secukupnya Kemangi
  7. Tahu
  8. Bahan bumbu dihaluskan
  9. 6 siung Bawang merah
  10. 5 siung Bawang putih
  11. 1 ons Cabe merah
  12. Kemiri
  13. Kunyit
  14. Jahe
  15. Bahan lain
  16. Daun jeruk
  17. Daun salam
  18. Serei di geprek
  19. Santan
  20. Air
  21. secukupnya Garam
  22. secukupnya Gula

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan mujaer

1
Siapkan ikan yang sudah di bersihkan, lumuri dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Diamkan 10menit, lalu goreng setengah matang. Setelah itu angkat, sisikan. Lalu goreng tahu setengah matang dan sisikan.
2
Haluskan bumbu halus, kemudian tumis bumbu. Masukan daun jeruk, daun salam, serei, berikan garam dan gula secukupnya. Masukan air. Tunggu mendidih.
3
Setelah mendidih masukan ikan mujaer dan tahu yang sudah di goreng. tunggu 10 menit. Masukan kacang panjang aduk rata, tunggu sebentar. Setelah itu masukan santan. Lalu kemangi bagian terakhir.
4
Gulai ikan siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Kakap Merah

Gulai Kakap Merah

Resep gulai paling gempil dan cepet menurut saya hehehe ๐Ÿ˜‹ #3weekschallenge

3 porsi
30 menit
Gulai ikan kakap merah pedas

Gulai ikan kakap merah pedas

Krn lg hamil harus dibanyakin makan ikan ๐Ÿ˜‹

Ikan tongkol gulai Aceh

Ikan tongkol gulai Aceh

Kalo di Aceh daerah saya namanya eungkot tumeh. Hihihi...paling enak dimakan sama nasi panas n tumis toge tahu atau cah kangkung. Memasak nya pun ga ribet.

Gulai Kepala Kakap Kemangi

Gulai Kepala Kakap Kemangi

Ini Resep dari alm ibu ku, kebetulan bulan ini 2 thn beliau meninggalkan kami ( duh jdi curhat ๐Ÿ˜ฌ) sooo.. Mari kita masak ๐Ÿ˜…

Gulai ikan baung salai Riau

Gulai ikan baung salai Riau

Ikan gabus adalah salah stu ikan sungai yg sangat nikmat. Nah saya jumpa dengan ikan baung yang sudah di salai basah oleh penjual.

2 porsi
Gulai Ikan resep Minang

Gulai Ikan resep Minang

Dulu ibu saya sering masak gulai ikan ini. Biasanya gulai ikan di minangkabau dicampur dengan kacang panjang. Tapi disini tidak ada kacang panjang, jadi saya pakai buncis. resep ini mudah untuk diikuti bunda. oia kalau punya asam kandis boleh dimasukkan bersamaan dgn daun2an ya. selamat mencoba.

5 porsi
30 menit
Gulai ikan nila

Gulai ikan nila

suami awalnya g suka dngan masakan ikan yg di kasih kuah sukanya ikanya di goreng mulu kan aq jg bosen... lalu aq nyoba bikin gulai ikan buat buka puasa nti sore.. stelah matang dan pas mau buka aqunya harap2 cemas takut suami g suka... eeeh ternyata yg aq khawatirin ternyata salah... justru suamiku doyan banget aqunya lega yg mulanya suami g suka hidangan ikan berkuah sekarang jd suka anak2pun suka lega rasanya๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

3 orang
30menit
Gulai ikan salai khas Melayu

Gulai ikan salai khas Melayu

Edisi ghindu kampong halaman. Telpon mama, masak sambil mendengarkan instruksi masternya๐Ÿ˜‹

Gulai Tenggiri

Gulai Tenggiri

Masakan favorite suami serba ikan. Klo dimasak ikan di gulai seperti ini beliau suka sekali khususnya bagian kepala. Semoga bermanfaat.

5porsi
Gulai Aceh Pedas Ikan Tongkol

Gulai Aceh Pedas Ikan Tongkol

Awalnya pengen banget asam padeh tp entah knpa berubah haluan jd buat gulai aceh.. Seger gt menurut saya.. Apalagi cuaca lg hujan.. Makan ini pakek nasi hangat bareng suami dan anak itu kok ya komplit gt kayaknya.. hihi.. Selamat mencoba buk ibuk..

Ikan patin gulai kuning

Ikan patin gulai kuning

Coba resep nya si mba. Untungnya berhasil. Heheheh

Gulai ikan gembung plus labu siam

Gulai ikan gembung plus labu siam

Suami pengen makan ikan yg berkuah. Jadilah gulai ikan gembung. Biar agak praktis, saya tambahin labu siam. Lauk plus sayur sekali masak hehhehe... Tinggal masak sambal deh...

๐Ÿ  Gulai ikan

๐Ÿ  Gulai ikan

First time masak gulai ikan, kata suami rasanya endes... Alias mantap!

Gulai Kari Kepala Ikan

Gulai Kari Kepala Ikan

Salahsatu menu favorit suami. Hari ini beliau sengaja ke pasar, spesial request minta dibikinin ini buat buka puasa.