Cara Gampang Menyiapkan Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning yang Enak

Dipos pada May 12, 2022

Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Pernah makan ikan patin ? ... Tentunya pernah dong y ? ... Tapi paling sering ikan patin dimasak asam pedas atau di buat sambal lado, bukan ? 😁😁😁 Nach kali ini saya menyajikan ikan patin yang dibakar n berhubung saya kurang fit, jadi pengerjaannya dikerjakan oleh adik ipar saya yang no. 5 ( asli orang kampar-riau ) Ada yang mo nyoba ?

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning:

  1. 2 ekor ikan patin Β± 1,6 kg, bersihkan, fillet jadi 2 bagian
  2. 300 ml pati santan/santan kental
  3. 1 buah jeruk nipis/lemon, ambil airnya
  4. 1 batang serai, memarkan
  5. secukupnya Bubuk kaldu
  6. Bumbu dihaluskan (adik saya asli giling tangan alias manual) :
  7. 3 cm jahe
  8. 1 1/2 cm kunyit
  9. 6 butir bawang merah
  10. 3 siung bawang putih
  11. 3 butir kemiri
  12. Garam secukupnya (yang ada di dapur cuma garam kasar)
  13. Pelengkap :
  14. Daun Singkong or daun Pepaya (saya campur jadi satu)
  15. Sambal mentah mangga kueni

Langkah-langkah untuk membuat Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning

1
Iris/sayat2 daging ikan jangan sampai terputus, lumuri dengan air jeruk, diamkan Β± 5 - 7 menit
2
Masak santan bersama bumbu yang telah dihaluskan dan serai hingga mendidih dan kuah mulai meresap (periksa rasa) sambil diaduk-aduk (usahakan jangan sampai pecah santan dan kuah tidak kering meresap)
3
Siapkan bara api dari kayu bakar/tempurung kelapa, masukkan kedalam angklo/tempat khusus pembakar atau bisa pula dengan tungku yang direndahkan ketinggian batunya ( adik saya mempergunakan kuali/wajan yang sudah tak terpakai lagi buat peletak bara.
4
Bakar ikan hingga setengah matang, lalu olesi bolak balik dengan kuah santan, bakar kembali. Bila sudah hampir matang, oles kembali dengan santan berbumbu, biarkan hingga ikan matang, angkat (pengolesan cukup 2X y). Lakukan kembali dengan hal yang sama hingga ikan mentah habis.
Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning - Step 4
5
Bila dah selesai semua letak dalam piring saji
Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning - Step 5
6
Sajikan bersama pelengkap dan siap santap bersama keluarga tercinta
Patin Bakar Bumbu Gulai Kuning - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Ikan Talang

Gulai Ikan Talang

Ini resep cm utk 2 potong ikan talang, krn nyobain blm pernah tau sebelumnya, trnyata enak

Gulai kepala ikan gabus

Gulai kepala ikan gabus

#ikanjanganditawar #pekan_padang Requestan suami. "Masak kayak mamak yaa yang" #kangenkampunghalaman Ikan dr hasil mancing sendiri. πŸ˜‚πŸ˜Ž

Gulai Ikan Gurame

Gulai Ikan Gurame

#ikangurame #fish #gurame #gulai

5 porsi
30 menit
Gulai Baby TongkoL asem segarr

Gulai Baby TongkoL asem segarr

Seger, pedas dan gurih dari santan nya bikin nagih kata mama mertua πŸ˜„, ini makanan melayu di icip lidah jawa πŸ‘©πŸ»β€πŸ³πŸ‘©πŸ»β€πŸ³πŸ‘©πŸ»β€πŸ³

Gulai kepala ikan tongkol

Gulai kepala ikan tongkol

Masboy udah lama pengen gulai beginian. Alhamdulillah ketemu dipasar ikan seger. Jadi maknyus mkannyaπŸ˜‚

2 porsi
Gulai kepala kakap merah

Gulai kepala kakap merah

Pada dasarnya saya kurang suka sama yang namanya ikan. Tapi untuk yang satu ini suka banget karena sensasi ketika mensantapnya..bisa diseruput2 sampai tetesan bumbu terakhir. Selain itu cara memasaknya pun sangat simple. Berhubung sudah beberapa hari makan makanan yang manis2, akhirnya menetralisir lidah ini dengan yang asam dan sedikit pedas

2 porsi
1 jam
Gulai kepala ikan kue

Gulai kepala ikan kue

Kebetulan di tukang ikan ada kepala ikan Kue, bingung mau dimasak apa, kata tukang ikannya enak di masak gulai. Good idea....cus dimasak gulai jadinya ☺

Gulai Tongkol

Gulai Tongkol

Gunakan ikan tongkol yg siripnya panjang, dan ikan berwarna keabu-abuan, bukan yg bergaris2 abu. Karena bisa bikin gatal dan rasa ikannya kurang sedap.

Gulai santan ikan asap

Gulai santan ikan asap

Kangen rumah bengkulu, akhirnya nyoba masak yang biasa mama masak. Lumayan daripada harus pulang 😁

4-5 porsi
Gulai Lemak Labu Kuning

Gulai Lemak Labu Kuning

gulai favorit ku.....

Ikan Gulai Kuning Simpel

Ikan Gulai Kuning Simpel

Penyajian untuk 6 orang

Gulai Tenggiri

Gulai Tenggiri

Masakan favorite suami serba ikan. Klo dimasak ikan di gulai seperti ini beliau suka sekali khususnya bagian kepala. Semoga bermanfaat.

5porsi
Gulai jantung pisang + ikan asin

Gulai jantung pisang + ikan asin

Orang tua pernah masak ini waktu datang kerumah dan suami doyan. Tnya2 gmna cara buat nya. Langsung eksekusi deh. Kebetulan jg kemaren suami panen jantung pisang dibelakang rumah Langsung aja yuk cus #5resepterbaruku

Gulai Kepala Ikan Manyung

Gulai Kepala Ikan Manyung

Rejeki anak solehhh...kemaren siang dapet kiriman 2 buah kepala ikan manyung. Saya sendiri awalnya belum pernah mengolah kepala ikan, tapi pernah nyicip makan di salah satu warung makan gulai ikan di Tegal. Rasanya maknyusss banget. Cuzz ke dapur diolah jadi gulai lezatozzz...kata ibuku mantap. Bumbu meresappp sampe ke tulang. Yeay!

15. Gulai Tongkol Asam Pedas

15. Gulai Tongkol Asam Pedas

Saya dan keluarga suka dengan berbagai macam olahan ikan tongkol. Kali ini saya mau share lagi resep terbaru saya. Kenapa rawitnya gak ikutan diulek? Karena ga semua anggota keluarga tahan pedesnya rawit jadi kalo ada yang doyan pedes bisa deh tuh langsung kunyah rawitnya hehe πŸ˜‰ Cusss moms ini resepnya... yuhuuuu...^^ #Berburucelemekemas minggu ke-6 #Resolusi2019 #cookpadcommunity_binjai #Resep_Almi

3 porsi
Gulai Ikan Gabus

Gulai Ikan Gabus

Dapat ikan gabus dari temen suami yg mancing. Yg namanya ikan gabus yg aslinya saya baru tahu . Selama ini taunya cuma ikan gabus asin yg sdh dipotong2. Aku bikin saja gulai ikan gabus dilengkapi dg tahu biar jd banyak hehe.. yuk dicoba.