Bagaimana Membuat Gulai Paku (Pakis) yang Enak Banget

Dipos pada May 25, 2019

Gulai Paku (Pakis)

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Gulai Paku (Pakis) yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Gulai Paku (Pakis) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gulai Paku (Pakis), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Paku (Pakis) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Gulai Paku (Pakis) adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Gulai Paku (Pakis) diperkirakan sekitar 60 menit.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Gulai Paku (Pakis) sendiri di rumah. Cukup dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gulai Paku (Pakis) memakai 13 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Kangen dengan masakan yang 1 ini udah beli tapi masi kurang puas,akhirnya pagi ini di iringi rintik hujan nyari bahan kepasar, Alhamdulillah nemu.. Yeye Mari masak bunda panda... Gulai ini harus pedas bund,kalo kurang pedas rasanya kurang nendang..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Paku (Pakis):

  1. 2 ikat besar pakis
  2. secukupnya udang basah atau udang kering
  3. 15 biji cabe merah medan kampung
  4. 40 cabe rawit hijau
  5. 10 siung bawang merah
  6. 3 siung kecil bawang putih
  7. 1 cm kunyit
  8. 1 cm jahe
  9. 1 batang serai memarkan
  10. sehelai daun kunyit, daun salam,daun jeruk
  11. secukupnya garam
  12. 1/2 kg santan kental
  13. 500 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Paku (Pakis)

1
Bersihkan pakis,perhatikan jika ada yg menempel, lalu rendam dalam air yang telah di beri garam 1 sdm
2
Setelah di rendam kurang lebih 15 menit,lalu cuci, giling cabe,bawang merah 3 siung(sisanya untuk di iris ya bun),bawang putih,kunyit, jahe hingga halus
3
Setelah itu tuang santan dan tambahkan air,beri bumbu halus dan bawang iris 2 siung,daun kunyit, serai,daun salam dan daun jeruk.aduk hingga mendidih
4
Tambahkan udang, lalu masukkan pakis, masak hingga matang,setelah itu tambahkan bawang iris 5 siung. Aduk rata, icip rasa jika kurang garam beri garam kmbali, Gulai pakis siap dinikmati Happy cooking all..

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Pakis

Gulai Pakis

Si adek memang paling susah makan sayur,tapi untuk sayur satu ini..Hmmmm telap telep kata orang Jawa...Sayangnya sayur pakis atau paku kurang familiar di daerah Jawa.

Gulai buncis tauco medan

Gulai buncis tauco medan

Ngga ada ceritanya sih, tp silahkan d coba yah......

Gulai Ikan Ekor Kuning

Gulai Ikan Ekor Kuning

Menyongsong malam final piala dunia, enak kali yaa nonton Perancis vs Kroasia sambil menyeruput gulai ikan... πŸ˜„

3-4 porsi
15 menit
Gulai ayam hijau

Gulai ayam hijau

Lg pengen yg pedes n berkuah..tp cepet bikinya .. Liat isi kulkas ada ayam n cabe ijo..langsung deh bikin gulai ayam cabe ijo.. Done n lariiiis..kiddos n hubby suka pake bgt :)

45 menit
Ayam Goreng Bumbu Gulai Pedas#BikinRamadanBerkesan

Ayam Goreng Bumbu Gulai Pedas#BikinRamadanBerkesan

Cocok untuk berbuka dan sahur.. #BikinRamadanBerkesan

5 porsi
Ketupat gulai tokcer(tauco ceker) laziiz

Ketupat gulai tokcer(tauco ceker) laziiz

Raya ni ndk pulang kampung,jd mesti la masak Sorang Sorang,pikir2 opor dah bosan dah,gulai nangka pa lagi,akhirnya dpt idea nak buat gulai tauco,awal nak gaduhkan hati ayam,tp habis awak ndk kebagian akhirnya berlabuh di ceker je,tak apa lah,rupanya tak terkira sedapnya...orang pd betambuh 2 x,

Gulai Ikan Mujair Bumbu Tomat

Gulai Ikan Mujair Bumbu Tomat

Rasanya campuran antara taste of padang and java.

2 porsi
Mpasi 10 bulan Nasi Tim dengan Gulai Hati Ayam

Mpasi 10 bulan Nasi Tim dengan Gulai Hati Ayam

Si bayi lagi gtm efek tumbuh gigi. Emaknya galau. Mulai variasikan biar anak lahap makannya. Menu anti gtm ya.

Gulai ikan Patin

Gulai ikan Patin

Bapak ku waktu itu belanja ikan patin, trus minta aku bikinin pepes ikan patin, tp tiba2 berubah fikiran...jdnya mita dibikinin gulai aja deh..

Mpasi 10 bulan Nasi Tim dengan Gulai Hati Ayam

Mpasi 10 bulan Nasi Tim dengan Gulai Hati Ayam

Si bayi lagi gtm efek tumbuh gigi. Emaknya galau. Mulai variasikan biar anak lahap makannya. Menu anti gtm ya.

Gulai Ikan

Gulai Ikan

Gulai ikan ini adalah masakan kesukaan suami. Bermula dari coba-coba resep gulai ikan nya ci Xanderkitchen, eh... ternyata suami suka & jadi resep andalan tiap kali buat gulai ikan. Resep udah saya modifikasi sesuai bahan2 yang ada dirumah.

Gulai nenas kepala ikan

Gulai nenas kepala ikan

4 porsi
50 menit
Gulai Padang Ikan Kakap

Gulai Padang Ikan Kakap

#BikinRamadhanBerkesan 26

Gulai Hati Lidah Sapi Padang

Gulai Hati Lidah Sapi Padang

Gw banyak stok jeroan sapi di freezer soalnya ga tiap hari ke toko daging, sekali beli daging belinya banyak, spy bisa disimpan di freezer dan klo lg pengen tgl ambil. Klo bicara soal hati sapi, gw bosen klo resepnya itu2 mulu : sambal goreng ati. Trus klo mw dijadiin coto makassar, gw kehabisan stok kacang tanah. Akhirnya stlh mikir semalaman knp gak gw bikin gulai aja ? Aplg udah lama gw ga bikin msakan yg berlemak, plus gw jg penggemar kuliner Padang. Akhirnya tanpa basa basi gw lgsung turun dapur dan sejam kemudian jadi lah gulai hati lidah sapi padang ini. Bahan utamanya sih hati sapi tp gw udah terlanjur keluarin plastik yg isinya hati-lidah dr freezer. Tp ga masalah malah lbih bervariasi πŸ’

4 porsi
60 menit
182. Gulai Hati Sapi Khas Minang

182. Gulai Hati Sapi Khas Minang

maafkan saya yang keseringan masak menu masakan padang terus yaa yeorobun 😘😘 ini favorit nya pak suami banget. dia sukaaa banget sama gulai hati ala RM.Padang yang suka dia beli waktu masih jadi anak kost ketika masih menimba ilmu di padang 😁 request pak suami gulai hati nya harus di campur sama baby potato. sebenernya kalo saya masak baby potato pasti sama kulit nya sekalian. kemaren nyari di pasar ga nemu baby potato yg masih berkulit. udh di kupasin sama kang sayur nya.. yasudah daripada ga ada kentang kan yaaa.. tinggal bikin cabe ijo sama rebusan daun singkong nya aja lagi nih yeorobun. biar serasa lagi makan di RM.Padang beneran. 😁 naaaahh... pas banget kan menu ini ikut event #CABEKU soalnyaaa ada santannya.. #bamasakjosantan hahaahaha.. kalau udah masakan pake santan pasti ku ketawa jahat 😝😝😝 soalnya tiap hari masak masakan padang moeelooeee ga bingung deh jadi nya si santan mau di bikinin apa 😝 🀣 semoga menginspirasi ya yeorobun.. 😘 Salam Nasi Padang.. #PejuangGoldenApron3 #Minggu_ke10 #CookpadCommunity_Malang

Gulai kikil cabe ijo

Gulai kikil cabe ijo

Pas hari minggu kemaren' di masakain ini sma mertua, rasa'nya enaak bnget.. Jdi tanya resep'nya langsung di coba deeh,, rasa'nya sih gk bsa ngalahin masakan mertua yg emang jago masak tpi lumayan laahπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

2 porsi