Bagaimana Menyiapkan Gulai ikan Patin yang Enak Banget

Dipos pada May 20, 2022

Gulai ikan Patin

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Gulai ikan Patin yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Gulai ikan Patin yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Gulai ikan Patin, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Gulai ikan Patin ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Gulai ikan Patin bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Dengan bahan-bahan yang simpel, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Gulai ikan Patin memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bapak ku waktu itu belanja ikan patin, trus minta aku bikinin pepes ikan patin, tp tiba2 berubah fikiran...jdnya mita dibikinin gulai aja deh..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan Patin:

  1. 1/2 kg ikan patin (pilih dagingnya saja)
  2. 5 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 2 buah cabe merah besar
  5. 6 buah rawit hijau
  6. 1 bh tomat
  7. secukupnya asem kandis/ asem jawa
  8. 3 lbr daun jeruk purut
  9. 1 lembar daun salam
  10. 1 cm jahe dan lengkuas an geprak
  11. 1 btg sereh digeprak
  12. 65 ml klo suka berkuah santan, tambahkan saja santan kental
  13. secukupnya garam+penyedap
  14. sedikit gula merah saja
  15. secukupnya air
  16. secukupnya minyak utk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan Patin

1
Cuci terlebih dahulu ikan patin,baluri dengan jeruk nipis biar hilang amisnya, diamkan beberapa saat
2
Siapkan bumbunya.. ulek bawang,merah,putih, cabe,sampai halus,stelah halus tumis bumbu tersebut hingga harum, masukan garam,penyedap, daun jeruk,salam, jahe lengkuas sereh yg sudah di geprak. jgn lupa air asem nya/ bila memakai asem kandis cukup 2 saja
3
Stlh bumbu benar2 matang,masukan ikan patin yg sdh dicuci ulang,aduk rata dengan bumbu.masukan gula merah
4
Beri air sampai ikan patinnya terendam..biarkan mendidih, ikannya jgn dibolak balik ya, agar tdk hancur,terakhir masukan tomat dan rawit utuh, klo airnya sdh surut prtanda ikan sdh matang.. dan siap disajikan..
Gulai ikan Patin - Step 4
5
Smoga bermanfAat

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai ikan nila with kacang panjang

Gulai ikan nila with kacang panjang

#5resepterbaruku #berburucelemekemas #resolusi2019

Gulai Ikan Manyung

Gulai Ikan Manyung

Hari itu saya ke pasar mau beli Barakuda. Eeh ternyata kesiangan dan ikannya sdh habis (︶︿︶). Tp mbak2 penjual ikan tiba2 menawarkan seekor ikan yg bentuknya seperti ikan lele apa patin ya?, hahaa sama aja.. Yasudah saya beli, daaaaaan tadaaaaa jadilah gulai ikan ini. Kata si mas sih enak hahaa..

Gulai ikan mas(no pedes)

Gulai ikan mas(no pedes)

sbnrnya pngn msk yng versi pedes tpi berhubung ada ank yng g doyan pedes jdilah pke rawit utuh aja jdi semua bsa mkn.klw mau pedes,dibumbu halus masukan sja cabe rawit dan merah ya..

Gulai kepala kakap

Gulai kepala kakap

Ceritanya ada kepala kakap dkulkas dr kmren blm smpet dieksekusi semoga aja endesss rasanya

5 porsi
40 menit
Gulai Ikan Mujaer

Gulai Ikan Mujaer

source : Nurul Ismayanti

Gulai Ikan Merah

Gulai Ikan Merah

Di daerah saya namanya Ikan Merah,,,,,,di daerah lain Ikan Kakap Merah (kalau tidak salah :D ) sengaja gulainya tidak saya tambah sayuran karna lagi pengen sayur rebusan.

Gulai kepala kakap ala"masakan padang"

Gulai kepala kakap ala"masakan padang"

Request suami dihari minggu , lgsg cuss makanan favorite kluarga kalo lg beli di warung padang, jd pengen nyoba pertama kalinya menu ini . Alhamdulillah berhasiilll , dgn bumbu2 yg simple. Suami bilang lebih enakan buat istri dr pd yang biasa beli 😁👌. Selamat mencoba yaa moms 😉

4 porsi
Gulai kepala kakap 🐟

Gulai kepala kakap 🐟

ini cabai merah keritingnya sengaja aku skip,krn biar anak2ku bs ikt mkn jg,jd aku banyakin cabai rawit utuhnya aja biar adil 😁 gpp lah warnanya pucet yg ptg endees 😋😋 ga pake plating2an,masak,matang,sikaaaat 😆

30 menit
Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan

Gulai kepala ikan ala-ala Padang, pedas gurih mantap!

untuk 4 porsi
30 menit
Gulai ikan tuna pedas

Gulai ikan tuna pedas

#pekaninspirasi

Gulai Tempoyak Ikan Patin

Gulai Tempoyak Ikan Patin

Ga ada cerita Ini makanan kesyuukaankuh sedari balita yg biasa'y dibikin pedeeeeesss bgt sm ibu krn kuh syuka pedes...hehee Tp ini kuh bikin ga pedeees bwt anak kuh yg msh balita..tp kasih rawit utuh biar emak'y ttp mrasakan pedes saat kegigit rawit hihii (Lah ini ttp masih mo cerita dah😁😊😚) #IbukuPelindungSetia #WarisanIbu

Gulai Cabai Tongkol Asap

Gulai Cabai Tongkol Asap

Kalau ada ikan panggang sisa pasti dimasak seperti ini dan bakalan laku keras di meja makan, karena kami penyuka pedas jadi penggunaan cabai hijaunya agak banyak dan biasanya cabai hijau itu akan kami santap bersama ikan sbg kawan nasi, rasanya pedas² gimana gitu. Ini rasanya acehnese ya. #TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru #cookpadcommunity_aceh #cookpadcommunity_langsa